Sukses


Persib Jawara BRI Liga 1, Erick Thohir Singgung Liga Indonesia Ranking ke-28 Asia dan ke-6 ASEAN: Tertinggal dari Malaysia, Filipina

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung keluar sebagai juara BRI Liga 1 2023/2024. Ketua PSSI, Erick Thohir, menyinggung Liga Indonesia yang tertinggal dari Liga Malaysia dan Liga Filipina.

Berdasarkan AFC Club Competitions Ranking 2023/2024 yang tertera di situs Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Liga Indonesia berada di posisi ke-28 dengan 14,816 poin di bawah Liga Suriah hingga Liga Bangladesh.

Sementara, Liga Arab Saudi menempati urutan pertama dengan nilai 103,148 disusul Liga Jepang dengan 96,999 poin, Liga Korea Selatan dengan 93,600 angka, dan Liga Uni Emirat Arab (UEA) dengan 74,873 poin.

Liga Thailand menjadi kompetisi terbaik di Asia Tenggara (ASEAN) merujuk AFC Club Competitions Ranking 2023/2024 dengan menempati tangga ketujuh lewat 49,546 poin, diikuti Liga Malaysia di ranking ke-12 dengan 31,331 angka, dan Liga Vietnam di posisi ke-12 dengan 28,657 poin.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Belum Bisa Berpuas

Adapun, Liga Singapura di peringkat ke-23 dengan 17,350 poin dan Liga Filipina di urutan ke-25 dengan 16,320 angka. Artinya secara kalkulasi, Liga Indonesia hanya kompetisi nomor enam di ASEAN.

"BRI Liga 1 musim 2023/24 sudah berakhir. Selamat untuk klub maupun individu yang berhasil meraih prestasi musim ini," ujar Erick Thohir lewat akun Instagramnya, @erickthohir, Minggu (2/6/2024).

"Terima kasih untuk semua tim yang sudah berkompetisi. Kami belum bisa berpuas diri karena ranking Liga Indonesia masih berada di peringkat ke-28 di level Asia," jelasnya.

3 dari 4 halaman

PT LIB Harus Bikin Terobosan

"Bahkan di Asia Tenggara, kami berada di peringkat ke-6, tertinggal dari negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, dan Singapura," tutur Erick Thohir, yang juga Menteri BUMN itu.

Erick Thohir memerintahkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk melakukan terobosan supaya Liga Indonesia bisa makin kompetitif dan klub-klub bisa bersaing di ASEAN hingga ASIA.

"PSSI akan terus mendorong transformasi PT LIB untuk melakukan terobosan dan perbaikan agar Liga Indonesia semakin kompetitif untuk melahirkan klub-klub yang kuat untuk bersaing di level Asia Tenggara dan Asia dan kompetisi yang bersih dari pengaturan skor," ungkap Erick Thohir.

4 dari 4 halaman

Target Nomor 1 di ASEAN dan 15 di Asia

"PSSI juga meminta PT LIB dan klub memastikan suporter bisa pulang ke rumah dengan selamat setelah pertandingan berakhir dan memberikan rasa aman untuk masyarakat sekitar," tuturnya.

Erick Thohir juga membebankan target berat kepada PT LIB. Liga Indonesia harus bisa menjadi kompetisi nomor satu di ASEAN dan menembus 15 besar Asia.

"PSSI menargetkan kepada PT LIB agar Liga Indonesia bisa menjadi kompetisi terbaik di Asia Tenggara dan masuk jajaran 15 besar di Asia," kata Erick Thohir.

Video Populer

Foto Populer