Sukses


Netizen Dukung Aturan 8 Pemain Asing Liga 1 dan Sehati dengan Diego Michiels terkait Gerakan Ini Sepak Bola Indonesia

Bola.com, Jakarta - Mayoritas netizen di media sosial, terutama Instagram dan X, mendukung penerapan delapan pemain asing untuk Liga 1 2023/2024 menyusul gerakan yang dilakukan banyak pesepak bola lokal.

Banyak pemain lokal Liga 1 mengkampanyekan "Ini Sepak Bola Indonesia, Apakah Ini Sepak Bola Indonesia?" pada Jumat (7/6/2024) malam WIB.

Gerakan itu diyakini sebagai bentuk protes dari pemain Liga 1 setelah PSSI dan PT LIB berencana untuk menambah jumlah pemain asing dari enam menjadi delapan buat musim depan.

"Sepertinya iya," ujar CEO APPI, Hardika Aji, kepada Bola.com, Jumat (7/6/2024) malam WIB, ketika ditanya mengenai kampanye pemain Liga 1 itu berhubungan dengan aturan delapan pemain asing.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Sikap Berbanding 180 Derajat Diego Michiels

Warganet menyinggung mental pemain lokal yang keberatan dengan aturan delapan pemain asing di Liga 1 musim depan itu. Selain itu, pemain lokal juga disebut sudah telanjur terjebak di zona nyaman.

Sementara itu, sikap kapten Borneo FC Samarinda, Diego Michiels, justru berseberangan dengan pemain Liga 1 yang masif melakukan gerakan itu.

"Mohon maaf kawan-kawan di Liga 1 semua. Tapi saya setuju kalau ditambah kuota pemain asing," tulis Diego Michiels dalam akun Instagramnya, @diegomichiels24, Jumat (7/6/2024) malam WIB.

"Demi kualitas kompetisi naik, kualitas di latihan naik, kualitas kita naik, dan mental naik FC. Maaf, maaf," kata pemain naturalisasi kelahiran Deventer, Belanda, tersebut.

3 dari 4 halaman

8 Pemain Asing

Kebanyakan netizen sehati alias setuju dengan pemikiran Diego Michiels. "Terbaik kapten," tulis akun Instagram @aglarr. Beda dari yang lain capt," ungkap akun @suksesbola.

Sebelumnya, pada akhir Mei 2024, PT LIB telah memfinalisasi kick-off sekaligus kuota pemain asing untuk Liga 1 2023/2024.

Liga 1 musim depan akan digelar pada 2 Agustus 2024. Setiap klub diperbolehkan mengontrak delapan pemain asing, dengan perincian enam pemain asing bebas dan dua dari Asia.

Dari delapan pemain asing itu, yang bisa bermain atau berada di lapangan adalah lima pemain asing bebas dan satu pemain Asia. Sisanya, dua pemain asing boleh berada di bangku cadangan.

4 dari 4 halaman

Pemain Lokal Kemahalan

Dua pemain asing di bangku cadangan dapat bermain asalkan menggantikan pemain asing lainnya.

Kuota ini bertambah dari musim-musim sebelumnya yang memberlakukan enam pemain asing yang terdiri dari lima pemain asing bebas dan satu pemain Asia, dan keenamnya boleh bermain bareng.

Penambahan jumlah pemain asing ini diyakini dipicu dari mahalnya nilai kontrak pemain lokal Liga 1, apalagi yang telah berlabel Timnas Indonesia.

Klub-klub kemungkinan akan lebih memilih untuk merekrut pemain asing pendatang baru di Liga 1 yang gajinya di bawah pemain lokal.

Video Populer

Foto Populer