Sukses


Resmi! VAR Akan Dipakai Sepanjang Musim Liga 1 2024 / 2025

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) untuk kompetisi Liga 1 2024/2025. Sebelumnya, VAR sudah dipakai pada babak Championship Series BRI Liga 1 2023/2024.

Rencana pemakaian VAR untuk Liga 1 2024/2024 sudah dikonfirmasi oleh Direktur Utama LIB, Ferry Paulus, pada pertandingan final Championship Series BRI Liga 1 2023/24 di Stadion Gelora Bangkalan Madura. Perkembangan VAR juga disampaikan oleh Direktur Operasional LIB, Asep Saputra.

“Penggunaan VAR pada Championship Series BRI Liga 1 2023/24 yang terdiri dari 8 pertandingan telah menjadi titik awal dan menjadi momen bersejarah pada laga sepak bola Indonesia,” sebut Asep Saputra yang lebih akrab disapa Kang Asep itu, seperti dikutip dari rilis PT LIB, Senin (10/6/2024). 

Ia mengatakan komitmen penggunaan VAR pada pertandingan Liga 1 2024/2025 akan dilaksanakan sepanjang musim. Menurutnya, perlu persiapan khusus untuk dapat mengakomodasi seluruh stadion sepak bola supaya bisa memakai VAR. Sejauh ini, dana hampir Rp100 miliar telah digelontorkan untuk investasi tersebut.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Demi Kemajuan Sepak Bola Indonesia

“Angka tersebut tidak kecil, namun ini semua demi meningkatkan kemajuan sepak bola Indonesia untuk dapat terus berprestasi dan berkancah di dunia internasional," ujar Asep. 

"Kita membutuhkan berbagai inovasi termasuk penggunaan teknologi VAR,” ungkap Asep.

Terlepas dari segi biaya, soal SDM dan edukasi juga menjadi faktor wajib yang tidak dapat dikesampingkan. Menurut Asep, VAR bukan hanya tentang teknologi, namun juga terdapat di dalamnya pelatihan wasit, pembangunan infrastruktur, persetujuan resmi dari FIFA yang dibangun dari berbagai komunikasi, serta edukasi bagi pelaku sepak bola secara keseluruhan.

 

3 dari 3 halaman

Harapan Besar

“Hal ini menjadi sangat penting, kami juga merasa terbantu dengan adanya momen penggunaan VAR pada laga Timnas Indonesia di pertandingan Piala Asia U-23 Qatar beberapa waktu lalu. Alhasil, awareness atau pengetahuan masyarakat terkait VAR menjadi lebih meningkat,” tambah Asep.

Selain itu, Asep menyampirkan harapan besar atas implementasi teknologi VAR pada musim depan untuk dapat meningkatkan value pertandingan dan industri sepak bola secara menyeluruh.

Video Populer

Foto Populer