Sukses


Keistimewaan Putu Panji dan Raihan Apriansyah di Timnas Indonesia U-16: Dua Tower di Lini Belakang, Masa Depan Garuda Terjamin

Bola.com, Jakarta - Dua jempol buat Timnas Indonesia U-16. Kemenangan tiga gol tanpa balas atas Timnas Singapura U-16 seakan memberi sinyal kalau Garuda-Garuda Muda siap terbang tinggi di pentas Piala AFF U-16 2024.

Di hadapan ribuan pendukung setianya yang memadati Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/6/2024) malam WIB, anak-anak asuh Nova Arianto bermain spartan dan trengginas.

Trigol tuan rumah masing-masing diceploskan oleh Mierza Firjatulah, Evandra Florasta, serta Alberto Hengga.

Kemenangan ini sekaligus menempatkan Indonesia memuncaki klasemen Grup A dengan torehan tiga poin.

Kemenangan fantastis ini juga jangan sampai membuat Mierza Firjatulah dan kawan-kawan larut dalam kemenangan, mengingat perjalanan ke singgasana juara masih panjang dan berliku. Selain Singapura, Indonesia akan ditantang dua rival lainnya Laos dan Filipina.

Sensasi yang tersaji Stadion Manahan, Solo, tentunya tak lepas dari kerja keras semua pemain, termasuk duo bek tengah yang diturunkan Nova Arianto yakni Putu Panji dan Raihan Apriansyah.

Bagaimana sepak terjang dan performa keduanya yang membuat para suporter dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang juga hadir di stadion sampai terkesima, berikut ulasan singkatnya:

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Putu Panji

Dulu, Timnas Indonesia punya bek-bek tangguh seperti Robby Darwis, Bejo Sugiantoro, Charis Yulianto, dan Hamka Hamzah.

Kini, sosok bek masa depan penerus estafet para legenda itu muncul dalam diri Putu Panji.

Tenang setenang karang, bocah ajaib jebolan akademi Bali United dan Arema Youth tipal bek tengah yang sangat percaya diri meski berada dalam tekanan serbuan lawan.

Si pendiam ini menjadi pilar beton yang tak bisa ditembus oleh penyerang-penyerang Timnas Singapura U-16. Taktis, tanpa kompromi, plus umpan-umpan terukur membuat pemilik nama lengkap I Putu Panji Apriawan sangat pantas didapuk sebagai kapten tim.

Nova Arianto sepertinya paham betul, ia butuh seorang leader yang tak hanya bermain dengan sepenuh hati tapi juga punya jiwa kepemimpinan dan Putu Panji merupakan orang yang tepat mengemban tugas mulia tersebut.

Secara postur, Putu Panji juga sangat ideal. Ia tampak menjulang dengan tinggi badan 178 cm. Mengingat usianya yang masih muda, postur pengagum Rizky Ridho pastinya bakal terus mengangkasa.

 

3 dari 3 halaman

Raihan Apriansyah

Bermain bersama timnas kini tak lagi menjadi mimpi malam Raihan Apriansyah. Kerja kerasnya akhirnya mengantarkan wonderkid Dewa United FC Youth itu masuk skuad Timnas Indonesia U-16 yang kini berlaga di Piala AFF U-16 2024.

Melakoni laga perdana Grup A kontra Singapura, Raihan Apriansyah tampil cemerlang di lini belakang. Duetnya bersama Putu Panji di tengah pertahanan membuat barisan tukang gedor Timnas Singapura U-16 frustrasi.

Kemenangan tiga gol tanpa balas di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/6/2024) malam WIB tak lepas dari kontribusi kelahiran Sumedang, 17 April 2008.

Raihan Apriansyah paham betul apa yang harus ia lakukan, sesuai instruksi pelatih. Raksasa muda dengan tinggi badan 189 cm ini bukan hanya gladiator di lini terakhir, tapi kerap pula menyerbu ke depan terlebih saat bola-bola mati.

Ya! Dalam beberapa laga di level klub dan uji coba timnas, Raihan Apriansyah beberapa kali sukses mencetak gol lewat duel-duel bola udara di kotak penalti lawan.

Rakyat Indonesia berharap, performa Putu Panji dan Raihan Apriansyah terus melambung sampai ke Timnas Senior, karena keduanya memang tipe bek yang diinginkan oleh Shin Tae-yong. Amin!

Video Populer

Foto Populer