Sukses


Jalan Terjal Maarten Paes Menuju Jadi Andalan Timnas Indonesia: Bisa Contoh Kasus Andalan Albania di Euro 2024

Bola.com, Jakarta - Maarten Paes sudah melakukan sumpah janji setia untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada akhir April lalu. Paes saat itu menjalani sumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Namun, Maarten Paes masih belum juga bisa membela Timnas Indonesia. Ada satu aturan yang masih menjadi ganjalan bagi Paes.

Maarten Paes diketahui pernah memperkuat Timnas Belanda U-21 pada usia 22 tahun. Menurut aturan FIFA, jika pemain sudah melakukan itu tidak bisa pindah federasi.

PSSI belakangan ini menyatakan terus berusaha memperjuangkan Maarten Paes. Mereka bahkan akan menuju Pengadilan Arbitrase Internasional (CAS).

"Maarten Paes, perkembangan kita masih coba terus, di FIFA masih ada peluang. Nanti kalau di CAS juga ada peluang, pokoknya berbarengan semuanya," ucap anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga belum lama ini.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Berkaca Kasus Nedim Bajrami

Maarten Paes bukan satu-satunya pemain yang mengalami kasus seperti itu. Beberapa pemain lain juga mengalami kasus serupa.

Misalnya yang dialami Nedim Bajrami. Pemain Sassuolo berusia 25 tahun itu pernah menjadi langganan Timnas Swiss kelompok umur hingga level U-21.

Nedim Bajrami memang memiliki keturunan Albania. Namun, ia lahir dan besar di Swiss. Bahkan, ia juga pernah memperkuat Timnas Swiss U-21 ketika usianya sudah melewati 21 tahun.

3 dari 4 halaman

Dibawa ke CAS

Nedim Bajrami kemudian mendapatkan tawaran membela Timnas Albania di level senior. Bajrami pun menerima tawaran itu.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu kemudian membawa kasusnya ke CAS. Setelah menjalani proses persidangan selama kurang lebih dua bulan, pengadilan tersebut mengabulkan permintaan Bajrami.

"Bajrami membawa kasus ini ke CAS. CAS setuju mereka memenangkan Nedim Bajrami dan Albania," tulis laporan The Athletic belum lama ini.

4 dari 4 halaman

Andalan di Euro 2024

Nedim Bajrami kemudian mendapatkan debut bersama Timnas Albania pada 5 September 2021. Saat itu Edoardo Reja yang memberinya debut.

Perlahan tapi pasti, Nedim Bajrami menjadi andalan di lini depan Timnas Albania. Sejauh ini ia sudah mencetak lima gol dari 25 laga.

Nedim Bajrami pun menjadi andalan Timnas Albania di Euro 2024. Sejauh ini Bajrami sudah mencetak satu gol dalam ajang yang digelar di Jerman itu. 

 

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer