Sukses


Roberto Firmino, Harapan Baru Liverpool Kembalikan Kejayaan

Bola.com, Liverpool - Liverpool resmi mendapatkan bintang timnas Brasil, Roberto Firmino pada bursa transfer musim ini. Lalu siapakah Firmino yang digadang-gadang sebagai bintang terang timnas Selecao?

Firmino merupakan pemain kelahiran Marceio Brasil 23 tahun yang lalu. Namanya kian mencuat ketika berhasil menembus skuat utama Brasil pada gelaran Copa America 2015, Cile.

Firmino juga merupakan pemain yang unik. Ia bisa bermain di beberapa posisi seperti penyerang dan gelandang serang. Namun, jika dilihat lagi posisi gelandang serang merupakan posisi yang tepat untuk Firmino. Pasalnya pada musim lalu ketika masih berseragam Hoffenheim, Firmino sukses mengoleksi 10 assist selama satu musim.

Meski tampil ciamik saat ditempatkan di gelandang serang, Firmino juga sangat piawai memainkan peran sebagai juru gedor. Terbukti saat berseragam Timnas Brasil, Firmino mampu mengemas tiga gol dari sembilan caps, sejak melakukan debut pada 12 November 2014.

Hal ini yang membuat Liverpol bakal mendapatkan untung berlipat. Meski didatangkan dengan harga cukup mahal yakni sebesar 29 juta poundsterling atau sekitar Rp 605 miliar, kontribusi yang diberikan Firmino diyakini bakal setimpal.

 

Roberto Firmino (LiverpoolFC)

"Bagi Liverpool memiliki Philippe Coutinho dan Firmino adalah sebuah keuntungan yang besar. Kreatif, cerdas, dan gol akan diberikan oleh mereka berdua untuk Liverpool. Memiliki lini tengah yang diisi keduanya bisa membuat Liverpool menembus Liga Champions musim depan," kata eks gelandang timnas Brasil, Ronaldinho, seperti dikutip Mirror.

Firmino memulai karier bersama tim lokal Toninho dan baru melakukan debut profesional pada 24 Oktober 2009 sebagai pemain pengganti. Pada saat itu, pemain bertinggi tubuh 181 cm ini mampu menciptakan delapan gol dari 36 penampilan dalam satu musim.

Melihat bakat hebat Firmino, tim Bundesliga Hoffenheim pun mendatangkannya pada Desember 2010 dengan harga 4 juta poundsterling (Rp 83 milliar) dengan durasi kontrak lima tahun.

SELEBRASI - Roberto Firmino melakukan selebrasi usai cetak gol untuk Hoffenheim. (PATRIK STOLLARZ / AFP)

Meski gagal mempersembahkan satu trofi pun untuk Hoffenheim, Firmino mampu meningkatkan derajat klubnya hingga mampu bercokol di peringkat kesembilan Bundesliga musim 2014/15.

Jika kembali menengok ke belakang, tepatnya pada Maret 2015, Firmino yang masuk sebagai pemain pengganti mampu mencetak gol untuk Timnas Brasil kontra Cile di Emirates Stadium.

Gelandang Serang Brasil Roberto Firmino (REUTERS/Ivan Alvarado)

Kala itu, ia berhasil menunjukkan ketenangan dalam mengeksekusi bola usai menerima umpan matang Danilo. Kelebihan yang bisa membuat The Reds sangat beruntung mendapatkan jasanya. Apalagi, lini kedua Liverpool pada musim lalu bisa dibilang kurang berkontribusi dalam hal gol.

Tak hanya piawai dalam menciptakan peluang dan gol, Firmino juga memiliki kelebihan lain yakni tidak mudah cedera. Catatan cedera terakhir yang didapatkan Firmino terjadi pada 2013. Kala itu, Firmino harus beristirahat selama sembilan hari dan absen dalam dua pertandingan bersama Hoffenheim.

Fakta ini jelas kembali menguntungkan Liverpool yang kerap ditinggal pemain intinya karena faktor cedera.

Apakah Roberto Firmino mampu mengembalikan kejayaan Liverpool pasca ditinggal Steven Gerrard musim depan? Kita nantikan bersama.

Baca Juga:

Liverpool Setujui Harga Rp. 606 Miliar Roberto Firmino

Bursa Transfer : 5 Gol Terbaik Roberto Firmino Striker Baru Liverpool

Ini Koleksi Gerrard Yang Akan Dipamerkan di Museum Liverpool

Video Populer

Foto Populer