Sukses


7 Pemain Top yang Gagal Diboyong Alex Ferguson ke MU

Bola.com, Jakarta - Mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, bercerita tentang banyak hal di buku barunya "Leading". Termasuk pemain yang hampir dan gagal dibeli selama 26 tahun kiprahnya menukangi The Red Devils.

Berikut tujuh pesepak bola paling menonjol yang tidak berhasil diboyong oleh Ferguson dan alasan transfer pemain yang bersangkutan gagal terealisasi:

7. Petr Cech

Kiper tangguh yang sejak awal musim ini berkostum Arsenal itu rupanya pernah diminati oleh Ferguson. Ketertarikan itu terjadi pada 2003 silam saat Cech masih berkiprah di Ligue 1 bersama Rennes.

Pada akhirnya, Fergie batal memboyong Cech, dan kiper asal Ceko itu akhirnya hengkang ke Chelsea. Bersama The Blues, Cech meraih empat gelar Premier League dan satu gelar Liga Champions.

"Saya pergi menemuinya pada 2003 saat bersama Rennes. Kami merasa Petr agak terlalu muda untuk bertarung di Premier League," kata Ferguson.


6. Lucas Moura

Pemain sayap berusia 23 tahun ini serius diminati oleh Ferguson. Kala itu, Lucas masih berkostum Sao Paulo sebelum akhirnya hijrah ke klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain.

Kali ini, Ferguson hanya bisa pasrah karena tawaran yang diajukan PSG kepada Sao Paulo untuk memboyong Lucas, lebih menggiurkan ketimbang nilai transfer yang disodorkan MU.

"Kami menawarinya transfer 35 juta poundsterling, tapi Paris Saint-Germain mendapatkan dengan transfer beli 45 juta pounds," ucap Fergie.

5. Raphael Varane

Bek jangkung berusia 22 tahun benar-benar diminati oleh Ferguson. Namun, mirip dengan kasus Lucas Moura, MU harus menerima kenyataan kalah bersaing dengan Real Madrid untuk mendapatkan tanda tangan pemuda kelahiran Lille, 15 April 1993 ini.

"Pada 2011 saya bergerak dengan cepat ke Lille. Zinedine Zidane mendapatkan momennya dan entah bagaimana bisa mendapatkannya untuk Real Madrid," ucap Fergie.

4. Didier Drogba

Striker legendaris Pantai Gading ini rupanya juga masuk daftar pemain yang gagal didatangkan oleh Ferguson. Kali ini, pelatih asal Skotlandia itu kalah cepat dengan Chelsea, yang sukses mengamankan tanda tangan Drogba.

Striker yang sejak awal musim ini memperkuat klub MLS, Montreal Impact itu, menjadi pembelian sukses Chelsea. Pada periode pertama kariernya di The Blues, Drogba mencetak 100 gol dari 226 penampilan. Ia mengantarkan Chelsea empat kali juara Premier League dan Piala FA plus satu gelar Liga Champions.

"Kami pergi untuk mengetahui nilai transfernya (saat dia bermain untuk Marseille), tapi pihak klub menginginkan transfer 25 juta poundsterling. Chelsea bergerak dan menutup peluang sebelum kami sempat mengubah pikiran," tutur pelatih yang kini berusia 73 tahun itu.

3. Thomas Mueller

Alex Ferguson termasuk pelatih yang mengagumi bakat besar Thomas Mueller. Ia mengakui sudah memantau kemampuan bintang Bayern Munchen dan Jerman itu sejak masih bocah.

Namun, MU urung mendapatkan Mueller karena pemain yang musim panas lalu ramai diberitakan akan mengikuti jejak Louis van Gaal bergabung ke Old Trafford itu lebih memilih berkostum Munchen.

"Ia masih berusia 10 tahun saat kami mendengarkan banyak hal tentang dirinya. Kami sudah menyaksikan dirinya dan di hari berikutnya ia berkomitmen untuk Bayern Munchen," ungkap Fergie.

2. Sergio Aguero

Ferguson mengungkapkan bahwa ia melewatkan peluang untuk mendapatkan tanda tangan Sergio Aguero sebelum sang pemain hijrah ke Manchester City tahun 2011.

Ketika itu, MU menolak untuk menebus Aguero dengan transfer 35 juta poundsterling seperti yang diminta oleh Atletico Madrid. "Agennya meminta sejumlah uang transfer dan kami tidak siap membayar uang sebesar itu (sebelum ia memutuskan bergabung ke Manchester City dengan transfer 38 juta poundsterling)," ucap Fergie.

1. Ronaldo Luis Nazario de Lima

Nama Il Phenomenon, Ronaldo de lima, pernah masuk daftar buruan Ferguson. Hal itu terjadi pada 1994 silam saat The Red Devils berusaha mendatangkan Ronaldo dari Cruzeiro.

Tetapi, upaya MU itu harus terbentur persoalan izin kerja. MU harus gigit jari karena setelah itu Ronaldo menjelma sebagai salah satu bomber fenomenal di dunia. Peraih tiga gelar pemain terbaik dunia itu kini dikenang sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah ada di planet bumi.

"Kami ingin mendapatkan tanda tangan striker asal Brasil itu dari Cruzeiro tahun 1994. Namun, kami tidak bisa mendapatkan izin kerja untuknya dan ia pergi ke PSV Eindhoven," Ferguson menuturkan.

Sumber : eurosport.co.uk

Baca juga :

Ferguson : Cuma Ada 4 Pemain Kelas Dunia di MU

Ferguson Ceritakan Kejadian Unik Rekrut Cantona

Ferguson Tebar Pujian Indah untuk Martial

 

Video Populer

Foto Populer