Sukses


Daftar Lengkap Cedera Daniel Sturridge sejak Berseragam Liverpool

Bola.com — Daniel Sturridge merupakan salah satu pilar penting bagi Liverpool. Namun, sama seperti pesepak bola pada umumnya, penyerang timnas Inggris ini juga tak lepas dari masalah cedera.

Sturridge ditebus The Reds dari Chelsea pada 2 Januari 2013 dengan banderol yang mencapai 12 juta poundsterling atau setara dengan Rp 253 miliar. Sejak saat itu, pemain 26 tahun tersebut mampu menjadi salah satu sosok penting di lini depan Liverpool.

Sejauh ini, Sturridge telah mendulang 44 gol dari 72 penampilan di seluruh ajang. Sayang, performa impresif pemain yang pernah menimba ilmu di akademi sepak bola Manchester City itu kerap diganggu cedera.

Bahkan akibat cedera, Daniel Sturridge sampai harus absen cukup lama dan melewatkan beberapa pertandingan penting yang dijalani Liverpool ataupun tim nasional Inggris. Teranyar, Sturridge dibekap cedera hamstring dan diprediksi bakal menepi hingga awal 2016.

Selain hamstring, Daniel Sturridge juga pernah mengalami sejumlah cedera lain. Berikut ini adalah daftar cedera pernah mendera pemain bernomor punggung 15 tersebut.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 9 halaman

1.

Cedera pangkal paha dan memar ringan — Februari hingga Maret 2013 (Absen tiga laga)

Sturridge mengawali kiprah di Liverpool dengan positif. Dia mampu mencetak empat gol dari enam laga perdananya bersama The Reds. Akan tetapi, cedera pangkal paha ketika Liverpool bermain imbang 2-2 kontra Manchester City, 3 Februari 2013, membuatnya harus absen dalam laga kontra West Bromwich Albion dan Zenit St Petersburg.

Dia baru kembali membela The Reds saat Liverpool menang 5-0 melawan Swansea City, 17 Februari 2013. Sayang, Sturridge yang mampu mencetak satu gol ke gawang Swansea pada menit ke-71 kembali mengalami cedera. Alhasil, dia lagi-lagi absen ketika The Reds menang 4-0 melawan Wigan.

3 dari 9 halaman

2.

Cedera engkel — Mei 2013 (Tidak absen)

Daniel Sturridge hanya bermain selama 33 menit saat Inggris bermain imbang 1-1 kontra Republik Irlandia dalam laga persahabatan yang berlangsung di Stadion Wembley, 29 Mei 2013. Namun, Sturridge terpaksa digantikan Jermain Defoe karena mengalami cedera engkel.

Beruntung, cedera tersebut tak membuat Sturridge absen membela Liverpool. Bahkan, dia bisa memperkuat The Reds dalam laga pramusim.

4 dari 9 halaman

3.

Cedera paha — September 2013 (Tidak absen)

Daniel Sturridge berhasil mencetak lima gol dari empat penampilan perdana bersama Liverpool pada Premier League musim 2013-14. Akan tetapi, akibat mengalami cedera paha, Sturridge harus absen membela Inggris dalam laga kualifikasi Piala Eropa 2016 kontra Moldova pada 6 September 2013, dan Ukraina (10 September 2013).

Namun, pemain 26 tahun ini bisa pulih tepat waktu dan dapat tampil ketika Liverpool bersua Swansea City, di Liberty Stadium, 16 September 2013. Sayang, Sturridge yang menyumbangkan satu gol gagal membawa The Reds menang dalam pertandingan yang berakhir 2-2 itu. 

5 dari 9 halaman

4.

Cedera ligamen engkel — November 2013 hingga Januari 2014 (Absen sembilan laga)

Daniel Sturridge mengalami cedera paha saat memperkuat timnas Inggris. Alhasil, dia baru masuk ke lapangan saat Liverpool ditahan 3-3 Everton di Goodison Park pada 23 November 2013.

Selepas laga, Sturridge mengeluhkan sakit pada engkelnya. Setelah menjalani pemeriksaan, mantan pemain Chelsea itu dihantam cedera ligamen pada engkelnya. Akibat cedera itu, Sturridge harus absen selama dua bulan dan melewatkan sembilan laga, termasuk saat The Reds kalah 1-2 dari Manchester City dan Chelsea.

6 dari 9 halaman

5.

Cedera hamstring — April 2014 (Absen dalam satu laga)

Pasca-pulih dari cedera engkel, Sturridge mampu kembali ke performa terbaiknya. Dia berhasil mencetak 11 gol dari 14 pertandingan di Premier League. Namun lagi-lagi, Sturridge dibekap cedera hamstring saat Liverpool menang 3-2 atas Manchester City pada 13 April 2014.

Karena cedera itu, Sturridge tidak dapat tampil ketika Liverpool menang 3-2 saat melawat ke markas Norwich City di Carrow Road, 20 April 2014. Dia kembali tampil ketika The Reds menghadapi Chelsea, di Stadion Anfield pada 27 April 2014. Namun, Sturridge yang bermain pada menit ke-58 menggantikan Lucas Leiva gagal menghindarkan The Reds dari kekalahan 0-2.

Cedera hamstring — Juli 2014 (Tidak absen)

Pemain yang pernah berseragam Bolton Wanderers ini mengalami cedera hamstring ketika Liverpool menjalani tur pramusim di Amerika Serikat pada Juli 2014. Karena cedera itu, Sturridge terpaksa dipulangkan ke Liverpool untuk menjalani pengobatan. Proses pemulihan yang berjalan baik membuat Sturridge sembuh tepat waktu dan dapat membela The Reds pada laga pembuka musim 2014-15.

7 dari 9 halaman

6.

Cedera paha dan betis — September 2014 hingga Januari 2015 (Absen 32 laga)

Setelah menjalani tiga pertandingan bersama Liverpool di Premier League, Sturridge dibekap cedera paha saat menjalani sesi latihan bersama timnas Inggris. Awalnya, Sturridge diprediksi dapat pulih pada akhir Oktober 2014. Akan tetapi, dia mengalami cedera betis menjelang laga kontra Queens Park Rangers, 19 Oktober 2014.

Ia kemudian kembali diharapkan bisa kembali bermain saat menghadapi Crystal Palace pada 23 November. Namun, Sturridge lagi-lagi mengalami masalah pada betisnya. Setelah melalui serangkaian pemulihan, Daniel Sturridge akhirnya kembali membela Liverpool ketika menghadapi West Ham United di Stadion Anfield, 31 Januari 2015.

8 dari 9 halaman

7.

Cedera panggul — April hingga September 2015 (Absen 14 laga)

Sturridge mengalami cedera panggul ketika Liverpool menghadapi Blackburn Rovers pada babak perempat final Piala FA, 8 April 2015. Akibat cedera tersebut, Sturridge harus absen membela Liverpool hingga akhir musim 2014-2015.

Akibat cedera tersebut, Daniel Sturridge melewatkan 14 pertandingan yang dijalani Liverpool, termasuk ketika bersua Aston Villa pada semifinal Piala FA dan Chelsea dalam duel semifinal Piala Liga Inggris.

Cedera lutut dan kaki — Oktober hingga November 2015 (Absen sembilan laga)

Setelah absen panjang akibat cedera panggul, Daniel Sturridge kembali memperkuat Liverpool saat menghadapi Norwich City, 20 September 2015, dalam laga lanjutan Premier League. Akan tetapi, pasca-menjalani tiga pertandingan, Sturridge lagi-lagi dibekap cedera lutut. 

Cedera itu didapat Sturridge menjelang laga melawan Tottenham Hotspur pada 17 Oktober 2015. Dia pun harus absen dalam sembilan pertandingan, sebelum akhirnya dinyatakan pulih dan bisa tampil memperkuat The Reds dalam pertandingan melawan Swansea City, 29 November 2015.

9 dari 9 halaman

8.

Cedera hamstring — Desember 2015 hingga sekarang

Pulihnya Daniel Sturridge dari cedera lutut disambut bahagia fans Liverpool. Apalagi, The Reds butuh tenaga pemain bernomor punggung 15 ini untuk mendongkrak posisi di klasemen sementara Premier League.

Usai tampil dalam laga melawan Swansea, Sturridge menjadi pahlawan kemenangan 6-1 Liverpool atas Southampton dalam laga perempat final Piala Liga Inggris, 2 Desember 2015. Dia sukses mencetak dua gol pada menit ke-25 dan 29.

Ketika melawat ke markas Newcastle United di St James' Park, akhir pekan kemarin, Sturridge memulai pertandingan di bangku cadangan dan baru masuk ke lapangan pada menit ke-62 menggantikan Christian Benteke. 

Sayang, Sturridge kembali dibekap cedera hamstring dalam pertandingan tersebut. Menurut keterangan tim dokter Liverpool, Sturridge diprediksi harus absen selama beberapa pekan, bahkan bisa hingga awal Januari 2016.

Sumber: Sky Sports, Transfermarkt

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer