Sukses


Filosofi Van Gaal Bikin MU Bagaikan Persneling Rusak

Bola.com, Manchester - Mantan pemain Manchester United, Steve Coppell, menyebut filosofi Louis van Gaal tak cocok dengan Setan Merah. Bahkan, Coppell tak sungkan mendiskripsikan filosofi Van Gaal bagaikan persneling rusak.

MU baru saja dikalahkan klub promosi, AFC Bournemouth 1-2 pada lanjutan pekan ke-16 Premier League di Vitality Stadium, Sabtu (12/12/2015). Ini merupakan kekalahan kedua secara beruntun yang MU dapatkan. Sebelumnya, Setan Merah menyerah 2-3 melawan Vfl Wolfsburg pada pertandingan pamungkas Grup B tengah pekan lalu. Hasil ini membuat MU harus turun kasta ke Liga Europa.

Hasil negatif ini membuat Van Gaal kebanjiran kritik. Para pendukung setia Setan Merah meminta manajemen klub memecat Van Gaal melalui situs jejaring Sosial Twitter. Kritikan juga datang dari tiga mantan penggawa MU, Rio Ferdinand, Paul Scholes, dan Roy Keane.

Menanggapi kondisi ini, Coppell, yang memiliki catatan 207 pertandingan untuk MU, juga tak ketinggalan menyampaikan kritiknya. Dia mengatakan bahwa hasil minor yang dialami MU murni karena kesalahan Van Gaal.

"Sukses dalam sepak bola relatif mudah. Jika Anda menghabiskan banyak uang untuk membeli pemain terbaik, Anda akan memiliki tim terbaik. Namun, jika formula tidak cocok, itu akan merusak persneling dan itu merupakan kesalahan manajer," kata Coppell.

"Filosofi yang sering dikatakan Van Gaal tentang jangka panjang. Kadang, para pemain justru terlihat tidak mengerti kemauan yang diinginkan Van Gaal," ujar Coppell.

Coppell juga mengritik keputusan Van Gaal dalam memilih pemain yang akan bertanding. Menurut dia, Van Gaal terlalu idealis dengan taktik yang dimilikinya.

"Beberapa pergantian seperti puzzle. Pada Sabtu mereka memiliki tiga pemain senior di bangku cadangan. Tetapi beberapa pemain yang belum teruji justru mendapatkan kesempatan. Sangat sulit mengetahui pemain yang akan diturunkan Van Gaal," ujar Coppell.

Manchester United saat ini berada di peringkat keempat klasemen sementara Premier League dengan koleksi 29 poin. Mereka tertinggal empat poin dari Arsenal yang menghuni puncak klasemen.

Sumber: Daily Mail

Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer