Sukses


MU Punya Catatan Istimewa pada Boxing Day Premier League

Bola.com, Manchester - Manchester United (MU) memiliki catatan istimewa dalam sejarah panjang Boxing Day yang sudah menjadi tradisi sepak bola Inggris sejak 126 tahun silam. The Red Devils menjadi klub tersukses lantaran mampu mengoleksi akumulasi total 137 poin dalam perhelatan tersebut.

Boxing Day pertama kali digelar pada musim perdana Football League pada 1889. Bolton Wanderers dan Preston North End tercatat sebagai klub pertama yang meraih kemenangan saat berhasil mengalahkan Derby Country dan West Bromwich Albion.

Sementara itu, berdasar catatan Football League, MU berada di peringkat teratas klub yang paling banyak meraih poin. Skuat Setan Merah mengumpulkan total 137 poin dengan presentase kemenangan sebesar 54,95 persen (91 kali menang, 50 kali imbang, dan 15 kali kalah).

Peringkat kedua diisi Preston North End (118 poin), diikuti West Bromwich Albion (117), dan Sheffield United (111). Adapun klub besar Premier League lain, Mancheser City menempati peringkat kesembilan dengan poin 110, Chelsea (10-107), Arsenal (12-103), dan Liverpool (51-79).

Pertandingan Boxing Day Northern Premier League 1978 antara Altrincham melawan Macclesfield. Altrincham menang 5-1 pada laga tersebut. (Daily Mail)

Boxing Day 2015 akan menggelar total 35 pertandingan dari seluruh level kompetisi di Inggris. Menurut catatan Football League, kini hanya dibutuhkan 69 gol lagi untuk meraih pencapaian gol ke-10.000 dalam perhelatan Boxing Day yang sudah menggelar total 3,349 pertandingan.

Ada beberapa versi mengenai asal usul nama Boxing Day. Versi pertama menyebutkan, Boxing Day merupakan hari ketika masyarakat sebuah negara saling memberi hadiah atau bingkisan yang dibungkus dalam sebuah kotak pada 26 Desember, atau satu hari usai perayaan Natal.

Penjelasan lain mengatakan, tradisi itu muncul pada awal era Kristen ketika terdapat kegiatan mengumpulkan sumbangan lewat kotak besi yang ditaruh di depan gereja. Namun, di Inggris, tradisi ini muncul saat para baron dan bangsawan memberi hari libur dan kotak berisi hadiah kepada para budak dan pembantunya pada 26 Desember.

Meski begitu, penafsiran Boxing Day bisa berbeda-beda di setiap negara. Namun, di Inggris, Boxing Day dianggap amatlah istimewa, hingga sepak bola pun harus tetap berlaga.

Jadwal Boxing Day Premier League 2015-16

26 Desember 2015
Stoke City vs Manchester United
AFC Bournemouth vs Crystal Palace
Aston Villa vs West Ham United
Chelsea vs Watford
Liverpool vs Leicester City
Manchester City vs Sunderland
Swansea City vs West Bromwich Albion
Tottenham Hostpur vs Norwich City

27 Desember 2015
Newcastle United vs Everton
Southampton vs Arsenal

Sumber: Berbagai Sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

                                                      This video is presented by ballball
Persaingan Juara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer