Sukses


Terungkap, Cara Manchester City Bujuk Guardiola Gabung ke Etihad

Bola.com, Manchester - Pelatih Bayern Munchen, Pep Guardiola, akan melatih Manchester City pada musim depan. Keberhasilan The Citizens merekrut mantan pelatih Barcelona tersebut tidak terlepas dari peran besar Direktur Olahraga, Txiki Begiristain. 

Hal itu terungkap dalam wawancara Skysports dengan salah satu sumber internal klub. Menurut sumber tersebut, Manuel Pellegrini, saat meneken kontrak di Etihad Stadium, bahkan sudah mengetahui rencana jangka panjang manajemen City untuk merekrut Guardiola.

Berikut ini adalah petikan wawancara tersebut: 

Kapan City pertama kali mencoba merekrut Guardiola?

Negosiasi mulai terjadi pada 2012 antara Manchester City dan Pep Guardiola. Pada saat itu, dia mengaku akan senang bisa cuti sebelum melatih Bayern Munchen. Namun, City dengan jelas memberikan penjelasan mengenai keinginan merekrut Guardiola suatu saat nanti dan menjadikannya sebagai target utama. 

Ketika sadar tidak bisa memboyong Guardiola pada 2012, City beralih ke Manuel Pellegrini. Dia adalah target satu-satunya setelah Guardiola. Tidak ada rencana untuk memboyong pelatih lain seperti kabar-kabar yang muncul tentang Carlo Ancelotti atau Diego Simeone. 

Saat bernegosiasi, Pellegrini sudah diingatkan, Guardiola adalah target utama klub dan ada rencana untuk memboyong pelatih Spanyol itu pada masa depan. City merasa yakin bisa selalu memperlakukan Pellegrini dengan baik dalam situasi itu dan menilai hal itu bagus untuk masa transisi. 

Pellegrini lalu diminta untuk tetap menjaga perkembangan pemain-pemain muda, mengacu terhadap keinginan Guardiola. Pada Januari, dengan berbagai langkah yang dilakukan klub, dia (Pellegrini) kemudian sadar klub kembali mengincar Guardiola untuk menjadi manajer City. 

Jadi, bagaimana mereka meyakinkan Guardiola untuk bergabung dengan City?

Sosok kunci yang sukses dalam upaya kedua memboyong Guardiola ke City adalah Direktur Olahraga, Txiki Begiristain, yang sudah cukup lama bermain dan bekerja bersama Guardiola di Barcelona. Mereka adalah teman dekat dan hingga saat ini masih sering berhubungan satu sama lain. 

Pep Guardiola (kanan) dan Txiki Begiristain saat masih bekerja sama di Barcelona. (Mirror).

Begiristain, bersama CEO City, Ferran Soriano, yang juga berkerja di Barcelona bersama Guardiola, membuka kembali negosiasi pada musim panas 2015. Pembicaraan itu kemudian mencapai satu titik, yaitu pada Januari (2016) semua legalitas kontrak transfer akan disepakati. 

Bagaimana cara memberitahu Pellegrini dan mengapa perekrutan Guardiola diumumkan pada Senin?

Begiristain berbicara kepada Pellegrini pada pertengahan pekan lalu untuk memberitahu, City telah mencapai kesepakatan final dengan Guardiola. Pellegrini kemudian berbicara dengan Ketua City, Khaldoon Al Mubarak untuk membicarakan rencana-rencana klub dan strategi mengenai kabar terbaru. 

Pellegrini diberikan beberapa opsi bagaimana kabar (putus kontrak dengan City) dibuat, tetapi dia (Pellegrini) ingin mengumumkannya sendiri. Terkait waktu pengumuman yang lebih cepat dari rencana awal, dia kemudian memutuskan memberitahu pemain pada Jumat pagi agar informasi tidak bocor dari pihak luar, khususnya ketika istri Guardiola terlihat berada di salah satu sekolah kota Manchester.

Seperti apa dana transfer yang akan diberikan untuk Guardiola?

Saya tahu banyak figur di sekitar Guardiola. Namun, saya di sini bukan untuk memberitahu berapa banyak dana yang akan kami keluarkan nanti. Seluruh target pemain akan mempertimbangkan faktor penting dan pengaruh mereka dalam tim ketimbang banderol harga. 

Saya juga tidak tahu apakah Guardiola memberi masukan ketika kami merekrut Raheem Sterling, Kevin de Bruyne, dan Fabian Delph pada musim panas tahun lalu. Namun, yang pasti, Begiristain sekarang akan tahu tipe pemain yang akan diinginkan Guardiola.

Dua pemain Manchester City, Raheem Sterling (kiri) dan Kevin de Bruyne. (Independent).

Pemain-pemain yang akan diboyong Guardiola akan tergantung dengan hasil medis di Institut Manchester of Health and Performance, yang sudah dibuka di Kampus Etihad, pada Kamis kemarin. 

Apakah City sudah punya rencana bersama Pep?

Rencana dan strategi jangka panjang City sudah jelas. Jadi, ini adalah diskusi antar mereka. New York City FC mengumumkan sesuatu mengenai rencana mewawancara Patrick Vieira dan dia terlihat sangat serius menjadi manajer selanjutnya klub setelah kontrak tiga tahun Guardiola. 

Langkah selanjutnya untuk Pellegrini?

Pellegrini senang dengan spekulasi mengenai masa depannya yang sudah menemui titik terang. Dia sekarang berada di posisi yang tepat untuk mencari pekerjaan baru. Dia akan senang melatih tim nasional Cile suatu saat nanti, tetapi saya yakin dia akan melatih satu klub lagi. 

Skysports juga mengabarkan sudah ada klub Premier League yang tertarik merekrutnya. Menurut saya, dia pun pasti akan senang tetap bertahan di negara ini untuk tantangan selanjutnya. 

Sumber: Skysports

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer