Sukses


5 Pembelian Termahal Manchester United

Bola.com, Manchester - Manchester United berpeluang untuk memecahkan rekor transfer dunia untuk kali pertama sepanjang berdirinya klub tersebut dengan rencana kedatangan Paul Pogba yang dibanderol dengan harga 100 juta poundsterling (Rp 1,74 triliun). Sejak berdiri tahun 1878 dengan nama Newton Heath, United hanya pernah mencatatkan namanya sebagai klub penjual pemain termahal dunia.

Pemain pertama United yang menjadi pemain termahal di dunia adalah Johnny Morris yang dijual ke Derby County pada tahun 1949 dengan harga 24.000 poundsterling, yang jika disesuaikan dengan inflasi saat ini akan bernilai 13,27 miliar rupiah.

Pemain kedua United yang menjadi pemain termahal kedua adalah Cristiano Ronaldo yang dijual ke Real Madrid dengan harga 80 juta poundsterling (Rp 1,39 triliun) pada tahun 2009.

Tidak adanya nama United dalam daftar klub pemecah rekor transfer dunia, bukan berarti klub tersebut mempunyai daya beli yang kecil. Manchester United saat ini menjadi pemegang rekor transfer termahal di Inggris ketika mendatangkan Angel Di Maria dari Real Madrid pada tahun 2014.

Berikut 5 pembelian termahal Manchester United:

2 dari 6 halaman

5

Eric Bailly
Eric Bailly menjadi pembelian pertama yang dilakukan oleh manajer Jose Mourinho. Bailly yang berposisi sebagai pemain bertahan didatangkan dari Villarreal dengan harga 30 juta poundsterling (Rp 523,47 miliar). Harga ini menjadikannya masuk ke dalam jajaran pemain termahal United.

Banyak yang berpendapat bahwa harga Bailly terlalu mahal karena ia baru menembus skuat senior Espanyol pada tahun 2014. Pada 2015, Villarreal menebusnya dengan harga 5,7 juta euro (Rp 83,92 miliar). Setahun berselang harganya sudah menembus 30 juta poundsterling. Pemain yang baru berusia 22 tahun ini masih mempunyai banyak ruang untuk berkembang. Ia bisa menjadi penerus Rio Ferdinand sebagai tembok pertahanan United.

3 dari 6 halaman

4

Dimitar Berbatov
Dimitar Berbatov dibeli United dari Tottenham Hotspur dengan harga 30,75 juta poundsterling (Rp 536,56 miliar) pada tahun 2008. Striker asal Bulgaria ini telah membuktikan ketajamannya selama berkostum The Lilywhites. Dua musim berada di White Hart Lane, Berba menyumbang 46 gol dari 102 penampilan.

Empat musim berada di Old Trafford, Berba turut membawa The Red Devils menyabet dua gelar Premier League. Striker yang disebut mirip dengan karakter Vincent Mancini dalam film The Godfather Part III ini mencatatkan 56 gol dari 149 penampilan bersama The Red Devils.

4 dari 6 halaman

3

Anthony Martial
Manchester United membuat langkah mengejutkan ketika mencari striker baru pada awal musim 2015-16. United yang dikaitkan dengan Pedro Rodriguez, mengubah haluannya dan memboyong Anthony Martial, striker Prancis berusia 19 tahun yang membela klub AS Monaco. Kapten United, Wayne Rooney, sampai bertanya-tanya dan memutuskan mencari tahu mengenai rekan barunya tersebut lewat dunia maya.

Keheranan para suporter tidak berhenti di situ, karena United membeli Martial dengan harga 36 juta poundsterling (Rp 628,17 miliar), harga yang terbilang mahal untuk seorang pemain muda yang belum terbukti kualitasnya. Pedro Rodriguez pada akhirnya bergabung ke Chelsea dengan nilai transfer 19 juta poundsterling (Rp 331,53 miliar). Pada musim perdananya bersama United, Martial tampil sebanyak 49 kali dan menyumbang 17 gol.

5 dari 6 halaman

2

Juan Mata
Juan Mata disebut sebagai pembelian panik United ketika ditangani David Moyes. Playmaker asal Spanyol tersebut datang pada bursa transfer tengah musim 2014-15. Uang sebesar 37,1 juta poundsterling (Rp 647,36 miliar) dibayarkan United kepada Chelsea untuk memboyong Mata.

Selama berkostum The Red Devils, pemain berusia 28 tahun ini selalu menunjukkan penampilan yang konsisten. Mata yang berperan sebagai winger rajin mengirimkan umpan-umpan ke daerah pertahanan lawan. Kedatangan Mourinho ke United sempat membuatnya khawatir, karena Mourinho lah yang membuangnya dari Chelsea. Namun, performa bagusnya di pramusim membuat Mourinho menjanjikan sebuah tempat bagi Mata di skuat utama.

6 dari 6 halaman

1

Angel Di Maria
Angel Di Maria saat ini berstatus sebagai pemain termahal yang pernah dibeli oleh The Red Devils. Pemain asal Argentina ini diboyong dari Real Madrid dengan harga 59,7 juta poundsterling (Rp 1,04 triliun) pada awal musim 2014-15. Ekspektasi yang diberikan kepada Di Maria cukup tinggi karena ia diminta untuk mengembalikan kejayaan tim di bawah asuhan Louis van Gaal.

Hanya semusim berada di Old Trafford, hubungan Di Maria dan Van Gaal memburuk. Ia pun memutuskan untuk meninggalkan klub pada awal musim 2015-16 dan bergabung dengan klub kaya Prancis, Paris Saint-Germain. Selama berkostum United, Di Maria hanya tampil sebanyak 32 kali dan menyumbang 4 gol.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer