Sukses


5 Rekor Steven Gerrard Bersama Liverpool

Bola.com, Liverpool - Steven Gerrard resmi mengundurkan diri dari dunia sepak bola pada Kamis (24/11/2016). Para penggemar sepak bola pun kehilangan satu di antara pemain yang tangguh dan mampu menjadi inspirasi dalam sebuah pertandingan.

'Captain Fantastic,' begitu ia kerap dipanggil saat ban kapten melingkar di lengannya. Panggilan tersebut dirasa tidak berlebihan karena Gerrard selalu memberikan yang terbaik setiap tampil bersama Liverpool dan tim nasional Inggris.

Gerrard memulai karier senior pada November 1998 ketika masuk sebagai pengganti Vegard Heggem pada laga Liverpool kontra Blackburn Rovers. Pada musim yang sama, Gerrard menunjukkan kapasitasnya sebagai pengganti Jamie Redknapp yang mengalami cedera.

Gerrard membela The Reds selama 17 musim sebelum akhirnya memutuskan melanjutkan karier di Amerika Serikat bersama Los Angeles Galaxy. Selama berkostum Liverpool, Gerrard selalu memberikan penampilan yang luar biasa. Puncak prestasinya bersama The Reds adalah ketika membawa klub tersebut meraih trofi Liga Champions pada tahun 2005.

Satu penyesalan Steven Gerrard selama membela The Reds adalah kegagalannya mengantarkan klub tersebut ke tangga juara Premier League. Namun hal tersebut terobati karena ia tetap dianggap sebagai satu di antara legenda klub oleh para suporter The Kop di seluruh dunia.

Berikut adalah rekor-rekor yang dibuat Steven Gerrard selama berkostum Liverpool:
1. Penampilan terbanyak urutan ketiga di Liverpool
Steven Gerrard menjadi satu di antara pemain yang paling lama mengabdi untuk Liverpool. Pemain yang melakukan debut pada November 1998 menghabiskan 17 musim sebagai anggota Anfield Gank.

Tidak heran jika ia menjadi satu di antara pemain yang mencatatkan penampilan terbanyak bersama Liverpool. Hingga akhir musim 2014-2015, Gerrard mencatatkan total 710 penampilan. Ia hanya tertinggal dari Ian Callahan (857 penampilan) dan Jamie Carragher (737 penampilan).

2

2. Pencetak gol terbanyak di kompetisi interkontinental
Gerrard berposisi asli sebagai gelandang bertahan, namun hal tersebut tidak menutup kemampuan sang pemain untuk mencetak gol. Insting Gerrard dalam mencetak gol cukup tinggi.

Pemain kelahiran Whiston ini tercatat sebagai top scorer Liverpool untuk kompetisi interkontinenal dengan koleksi 41 gol.

3. Pencetak gol terbanyak Liverpool melalui tendangan penalti
Gerrrard meruapkan eksekutor tendangan penalti yang cukup andal. Jika Gerrard bermain, sudah pasti ia akan menjadi eksekutor apabila The Reds mendapat hadiah penalti. Tendangan keras dan tanpa keraguan menjadi ciri khas Gerrard ketika menjadi eksekutor.

Catatan ini juga memasukkan namanya dalam daftar buku sejarah Liverpool sebagai top scorer klub dari titik putih dengan koleksi 47 gol.

3

4. Pencetak gol terbanyak urutan kelima di Liverpool
Steven Gerrard masuk dalam daftar lima besar top scorer sepanjang sejarah Liverpool. Hal ini terbilang istimewa karena hanya Gerrard yang bukan berposisi sebagai penyerang.

Selama berkostum The Reds, Gerrard membukukan 186 gol dari 710 pertandingan resmi yang ia jalani. Gerrard berada di bawah Ian Rush (346 gol), Roger Hunt (286 gol), Gordon Hodgson (241 gol) dan Billy Liddell (228 gol).

5. Pemain Liverpool dengan penampilan terbanyak di level internasional
Steven Gerrard tidak henti membuat Liverpool merasa bangga pernah memilikinya. Pemain yang identik dengan nomor punggung 8 ini merupakan pemain The Reds yang mencatatkan penampilan terbanyak untuk negara.

Gerrard mencatatkan 114 penampilan bersama tim nasional Inggris selama menjadi pemain The Reds. Selain itu, ia juga tercatat sebagai pemain Liverpool yang mencatatkan penampilan terbanyak di Piala Dunia dengan catatan 12 penampilan.

Sumber: Berbagai Sumber

 

Video Populer

Foto Populer