Sukses


Perubahan Formasi Membuat Manchester City Kebobolan 4 Gol

Bola.com, Manchester - Manajer Manchester City, Josep Guardiola mengakui kesalahan teknis yang membuat timnya kebobolan empat gol. Pep Guardiola menyebut perubahan formasi lini pertahanan memberi ruang bagi Leicester City, yang ironisnya gagal dihalau Manchester City.

Menurut Pep Guardiola, satu yang paling krusial terjadi pada lima menit terakhir. Pada awal pertandingan, Manchester City bermain dengan pola tiga bek. Hal itu menjadi awal hadirnya malapetaka dua gol Leicester City.

Jamie Vardy mencetak gol pertama pada menit ke-3. Dua menit berselang, tendangan Andy King dari luar kotak penalti membuat Claudio Bravo tak berdaya.

Tak ingin terus menderita, Pep Guardiola mengembalikan formasi menjadi empat bek. Hasilnya sempat membaik, meski harus kebobolan lagi pada menit ke-20 melalui Jamie Vardy.

Sedangkan gol Vardy pada menit ke-78 murni kesalahan komunikasi John Stones dan kiper Claudio Bravo. "Saya sengaja mengubah itu, tapi sistem tak salah. Kami pernah mencoba formasi itu di awal musim, dan berhasil. Kini, kami harus menganalisa apa yang sebenarnya terjadi, terutama meningkatkan mental para pemain," tegas Guardiola, di BBC.

Guardiola membantah adanya krisis kepercayaan diri para penggawa Manchester City, terutama setelah dibekap Chelsea, pekan lalu. Kekalahan dari Leicester City membuat Manchester City hanya menuai empat kemenangan dari 15 partai terakhir di semua kompetisi.

"Saya ingin bermain sepak bola dengan sesuatu yang saya rasakan. Saya tak bisa mengatakan permainan kami buruk atau bermain tak kreatif. Kami bisa mengontrol pertandingan, tapi hasil akhir memang tak selalu sejalan dengan dominasi pertandingan," tukas Pep Guardiola.

Kekalahan tersebut membuat Manchester City berada di peringkat ke-4 klasemen sementara Premier League 2016-2017. Mereka tertinggal empat poin dari pemimpin klasemen sementara, Arsenal.

Sumber: BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer