Sukses


3 Lulusan Akademi MU yang Gagal Penuhi Potensi

Jakarta - Manchester United (MU) merupakan salah satu produsen aktif pemain di Inggris. Pemain akademi mereka bahkan banyak yang kemudian jadi tulang punggung tim utama.

Sebut saja David Beckham, Ryan Giggs, Paul Scholes, Gary Neville hingga Nicky Butt. Sayangnya sejak Class of 92 tidak ada pemain binaan MU yang bertahan lama di tim utama mereka. 

Saat ini pemain binaan MU yang sering dimainkan di tim utama praktis cuma Marcus Rashford. Penyerang Inggris itu pun mulai tergusur dengan kedatangan Alexis Sanchez dari Arsenal Januari lalu

Sebenarnya MU mampu mencetak beberapa wonderkid di era milenium ini. Tapi banyak yang layu sebelum berkembang. Berikut 3 wonderkid MU yang layu sebelum berkembang:

 

2 dari 4 halaman

1. Federico Macheda

Macheda, sempat dianggap akan jadi bomber masa depan Manchester United. Pasalnya pada musim 2008-2009, gol-gol Macheda turut membantu MU menjuarai Liga Inggris. Ketika itu usianya baru 17 tahun.

Setelah namanya mencuat, Macheda sempat dipinjamkan ke Sampdoria, tapi gagal bersinar. Macheda berpindah-pindah klub dengan status pinjaman dari MU, cedera punggung juga sempat mengganggu perkembangannya.

MU akhirnya tak memperpanjang kontraknya yang habis tahun 2014. Kini Macheda bermain untuk klub Serie B Italia Novara.

3 dari 4 halaman

2. Adnan Januzaj

Januzaj sempat digadang-gadang sebagai titisan Ryan Giggs. Permainan pemuda Belgia itu memang mirip Giggs. Sama-sama punya kecepatan dan beroperasi di sektor sayap.

Januzaj sempat bersinar kala MU ditangani David Moyes dengan 27 penampilan dan empat gol di musim debut. Namun semuanya berubah ketika Moyes dipecat dan Louis van Gaal datang. Van Gaal tak mau memberi kepercayaan kepada Januzaj.

Musim panas lalu Manchester United menjual Adnan Januzaj ke Real Sociedad seharga 9,8 juta pounds (Rp 168,3 miliar).

4 dari 4 halaman

3. Danny Welbeck

Welbeck merupakan hasil binaan The Red Devils, dan ketika usianya lebih muda merupakan wonderkid kebanggaan Alex Ferguson.

Tapi faktor cedera membuat karier Welbeck tak berkembang hingga MU akhirnya menjual pemain Inggris ini ke Arsenal di musim panas 2014.

Pindah ke Arsenal, karier Welbeck juga tak begitu cemerlang. Lagi-lagi cedera jadi penghalang.

Sumber: Liputan6.com

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer