Sukses


Cerita Inspiratif Perjuangan Kiper Oman Menembus Skuat Manchester United

Jakarta - Kiper legendaris John Burridge, belum lama ini, membeberkan kisah tentang mantan anak didiknya yang nyaris bergabung dengan Manchester United. Namun, rencana Manchester United ingin mengontrak kiper Oman saat itu, Ali Al-Habsi, gagal, karena tidak bisa mendapatkan izin kerja.

Burridge menemukan Al-Habsi muda selama masa kepelatihannya di Oman. Ia membimbingnya sebelum mencoba membuatnya pindah ke Liga Inggris, termasuk ke Manchester United, pada awal 2000-an.

Burridge sempat menjelaskan lika-likunya menawarkan Al-Habsi kepada United. Mantan kiper Manchester City itu, mengungkapkan bahwa ia langsung menghubungi mantan manajer Man United, Sir Alex Ferguson dan merekomendasikan Al-Habsi kepada pria Skotlandia itu.

"Saya katakan pada dia, Anda akan pergi untuk uji coba di Inggris, Nak! Anda mungkin akan langsung ke klub atas," katanya.

Burridge harus sabar menunggu agar bisa menghubungi Ferguson. Ia mencoba menghubungi manajer Manchester United saat itu lewat telepon dan memberi tahu tentang prospek penjaga gawang yang telah dia didik.

2 dari 3 halaman

Diterima Seorang Wanita

“Aneh ketika aku menelepon Carrington. Saya diterima oleh seorang wanita. "Namaku John Burridge, saya bermain sepak bola di tahun 1970-an, 1980-an dan 1990-an." Tapi, dia tidakmengenali saya dan berkata: "Beri aku waktu sebentar."

"Wanita lain datang, dia juga tidak tahu siapa aku. Please..saya perlu berbicara dengan Alex. Katakan saja padanya itu Budgie, ini nomor saya," katanya. Dia menjawab:"Itu nomoryang aneh. Di mana Oman? "

"Beberapa jam kemudian Alex menelepon. "Apa yang kamu inginkan, Budgie? "Aku punya kiper untukmu, Alex," balas Burridge.

"Seberapa besar dia?"

"Dia enam kaki, lima".

"Apakah dia gila seperti kamu?"

"Dia lebih gila dariku, Alex."

"Kirim dia," kata Ale Ferguson.

3 dari 3 halaman

Terganjal Izin Kerja

Burridge kemudian menutupi ongkos penerbangan Al-Habsi ke Inggris. Sementara MU membayar biaya hotelnya.

“Saya membayar tiket pesawat dan semua tagihan hotelnya diselesaikan oleh ManchesterUnited. Mereka ingin mengontraknya tetapi dia tidak bisa mendapatkan izin kerja. "

Selain MU, Manchester City juga tidak bisa menyelesaikan masalah izin kerja meskipun ingin merekrutnya. Akhirnya bos Bolton Sam Allardyce menyarankan Burridge untuk membawa Al-Habsi ke Norwegia dengan masa pinjaman sebelum berhasil mendapatkan izin kerja.

Al-Habsi kemudian bermain untuk Bolton, Wigan, Brighton dan Reading di Inggris dan saat ini di West Brom. Ia telah membuat 225 penampilan gabungan di Liga Premier dan berbagaikompetisi sejak tiba di Inggris.

Legenda Oman ini juga dikenal sebagai seorang Muslim yang taat, dengan keluarga bersahaja yang terdiri dari istri dan tiga anak perempuan.

 

Sumber asli: Liputan6.com

Disadur dari: Liputan6.com (Achmad Yani/Defri Saefullah, Published 15/10/2029)

Video Populer

Foto Populer