Sukses


Ranking 5 Pembelian Pertama Chelsea pada Era Roman Abramovich

Bola.com, Jakarta - Kehadiran Roman Abramovich membawa dampak positif untuk Chelsea. Berkat sokongan dana dari taipan asal Rusia tersebut, The Blues bertransformasi menjadi klub yang disegani di Inggris dan Eropa.

Abramovich membeli saham mayoritas Chelsea dari Ken Bates pada Juli 2003. Dia mengucurkan dana hingga 140 juta poundsterling untuk menguasai secara penuh Tim London Biru.

Bukan hanya itu, Roman Abramovich juga tidak ragu menggelontorkan uang untuk memboyong manajer berkualitas dan pemain bintang ke Stamford Bridge. Beberapa manajer top yang pernah menangani Chelsea adalah Jose Mourinho, Guus Hiddink, Carlo Ancelotti, hingga Antonio Conte.

Sejumlah pemain tenar juga didatangkan The Blues pada bursa transfer, mulai dari Didier Drogba, Arjen Robben, Petr Cech, Fernando Torres, Juan Mata, Romelu Lukaku, hingga Eden Hazard.

Berkat suntikan dana dari Roman Abramovich Chelsea telah mengoleksi 18 gelar juara sejak 2003, beberapa di antaranya adalah lima trofi Premier League, satu titel juara Liga Champions, dan dua gelar Liga Europa.

Dari puluhan pemain yang diboyong, berikut ini adalah lima pembelian pertama Chelsea pada era Roman Abramovich, yakni musim 2003-2004. Pada periode pertamanya sebagai bos The Blues, Abramovich menghabiskan dana hingga 120 juta poundsterling untuk membeli pemain.

Mau ikuti challenge 5 tahun Bola.com dengan hadiah menarik? Klik Tautan ini.

2 dari 7 halaman

Glen Johnson (6 juta poundsterling)

Glen Johnson pernah membela Chelsea dari 2003 sampai 2007. (AFP/BRIAN BAHR / Getty Images North America / Getty Images via AFP)

Bek asal Inggris ini adalah pemain pertama yang dibeli Chelsea pada era Roman Abramovich. Johnson ditebus Chelsea dari West Ham United dengan banderol yang mencapai 6 juta poundsterling pada 15 Juli 2003.

Dengan usia yang baru 18 tahun, Glen Johnson saat itu diharapkan mampu menjadi andalan Chelsea di sisi kanan pertahanan. Akan tetapi, dia kesulitan menembus skuat inti The Blues, apalagi sejak kedatangan Paulo Ferreira pada 2004.

Glen Johnson akhirnya dipinjamkan ke Portsmouth pada Juni 2006, sebelum akhirnya dilepas secara permanen pada 31 Agustus 2007. Selama tiga setengah musim membela Chelsea, Johnson tampil dalam 71 laga dan mencetak empat gol plus empat assist.

Dia juga turut merasakan trofi Premier League dan Piala Liga Inggris yang diraih Chelsea pada musim 2004-2005.

Nilai: 4/10

3 dari 7 halaman

Geremi (7 juta poundsterling)

Sehari setelah kedatangan Glen Johnson, Chelsea yang pada musim 2003-2004 masih diasuh Claudio Ranieri, mendatangkan Geremi dari Real Madrid. Tim London Biru menggaet pria asal Kamerun itu dari Real Madrid dengan nilai transfer 7 juta poundsterling.

Bisa bermain sebagai gelandang kanan dan juga bek kanan, Geremi mendapatkan tempat di tim inti Chelsea. Selama empat musim berseragam The Blues, pria yang kini berusia 41 tahun tersebut tampil dalam 109 laga, dengan mencetak empat gol dan 10 assist.

Bersama Chelsea, Geremi merasakan dua trofi Premier League dan satu Community Shield.

Nilai: 6/10

4 dari 7 halaman

Wayne Bridge (7 juta poundsterling)

Tampil impresif bersama Southampton membuat Wayne Bridge dilirik Chelsea. Setelah mengeluarkan dana 7 juta poundsterling, The Blues sukses meminang Bridge dari Southampton pada 21 Juli 2003.

Musim perdana Wayne Bridge di Chelsea berjalan mulus. Menempati pos di sisi kiri, Bridge tampil dalam 48 laga dan mencetak tiga gol pada musim 2003-2004.

Namun pada musim berikutnya, Wayne Bridge mulai terpinggirkan ke bangku cadangan. Kehadiran Ashley Cole pada 2006 membuatnya semakin sulit mendapatkan tempat di skuat utama Chelsea.

Dia sempat dipinjamkan ke Fulham pada musim 2005-2006, sebelum akhirnya hengkang ke Manchester City pada 2 Januari 2009.

Selama hampir enam musim berseragam Chelsea, Bridge tampil dalam 142 laga dan mencetak empat gol. Pria yang telah pensiun sejak 2014 itu juga merasakan tiga titel juara selama berseragam Chelsea.

Nilai: 5/10

5 dari 7 halaman

Damien Duff (17 juta poundsterling)

Penampilan gemilang Damien Duff bersama Blackburn Rovers membuat Chelsea kepincut. Hingga akhirnya The Blues mengucurkan mahar 17 juta poundsterling untuk meminang Duff dari Blackburn pada musim panas 2003.

Karier pemain asal Irlandia itu di Chelsea terbilang mengilap. Dia tampil dalam 125 pertandingan dan mencetak 19 gol plus 28 assist bersama Tim London Biru.

Duff turut membantu Chelsea menjuarai dua trofi Premier League, satu Piala Liga Inggris, dan satu titel juara Community Shield. Setelah tiga musim membela The Blues, dia hengkang ke Newcastle United pada Juli 2006.

Nilai: 7/10

6 dari 7 halaman

Joe Cole (6,6 juta poundsterling)

Pemain asal Inggris ini merupakan satu di antara sosok penting di lini serang Chelsea. Cole mulai membela The Blues pada 6 Agustus 2003, setelah ditebus dari West Ham United dengan banderol 6,6 juta poundsterling.

Selama tujuh musim membela Chelsea, Joe Cole berhasil mengoleksi 40 gol dan 42 assist dari 281 penampilan di seluruh ajang. Berkat perannya di lini serang, Tim London Biru merengkuh tiga gelar Premier League, dua trofi Piala FA, satu Piala Liga Inggris dan Community Shield.

Setelah kontraknya bersama Chelsea berakhir pada musim panas 2010, Joe Cole memutuskan hengkang ke Liverpool.

Nilai: 7/10

Sumber: Sportskeeda

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Mason Greenwood Tak Bisa Dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo

Video Populer

Foto Populer