Sukses


Adu Kekayaan Pangeran Arab Saudi yang Ingin Beli Newcastle United Vs Pemilik Manchester City

Bola.com, Jakarta - Dalam sembilan bulan terakhir, Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed Bin Salman menjadi perbincangan hangat. Setelah pada Oktober 2019 dikabarkan ingin membeli Manchester United, ia malah kembali jadi sorotan karena belakangan jadi calon pembeli klub Premier League lainnya, Newcastle United.  

Mohammed Bin Salman awalnya sangat ngebet membeli Manchester United karena merupakan penggemar klub berjuluk Setan Merah itu. Dia dikabarkan resah melihat keterpurukan Setan Merah belakangan ini dan ingin datang menjadi penyelamat dengan mengambil alih klub. 

Tapi, hasrat membeli Manchester United kandas. Bin Salman kemudian ingin mengakuisisi Newcastle United. Rencana pembelian Newcastle tersebut awalnya tampak akan berjalan mulus. 

Namun, belakangan Bin Salman kesulitan meresmikan pembelian itu. Satu di antara masalah yang mengadang adalah kasus pelanggaran hukum yang dilakukan Arab Saudi. 

Seperti melansir dari The Sun, Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menuding Arab Saudi terlibat dalam kasus pembajakan hak siar. Arab Saudi diklaim berada di belakang saluran TV satelit bajakan bernama beoutQ, yang menayangkan acara-acara olahraga secara ilegal. Jalan Mohammed Bin Salman membeli Newcastle United masih berliku. 

Jika berhasil membeli MU, Mohamed Salman tak akan menjadi pengusaha minyak kelas kakap pertama asal Timur Tengah yang mengambil alih klub di Manchester.  

Sheikh Mansour telah melakukannya lebih dari 10 tahun lalu ketika membeli Manchester City. Mansour adalah politikus sekaligus pengusaha kaya raya dari Uni Emirat Arab dan anggota keluarga penguasa Abu Dhabi (UEA).

Sejak dia datang pada 2008, Manchester City telah memenangi empat gelar Premier League, empat Piala Liga Inggris, dan dua trofi Piala FA. Itu menjadi periode tersukses dalam sejarah The Citizen. 

Menurut berbagai laporan di Inggris, Bin Salman termitivasi membeli klub Premier League karena ingin bersaing dengan Mansour. 

Bagaimana perbandingan kekayaan, gaya hidup, dan kontroversi peminat Newcastle United Vs pemilik Manchester City itu? Berikut perbandingannya seperti dilansir The Sun, Selasa (22/10/2019). 

 

2 dari 8 halaman

1. Harta

Mohammed Bin Salman 

Keduanya sama-sama tak kesulitan dalam urusan uang. Kekayaan pribadi Bin Salman diperkirakan mencapai Rp18,28 triliun hingga Rp127,5 triliun. Tapi, bisa dibilang dia memiliki hampir seluruh kekayaan Arab Saudi di ujung jarinya. 

Skeih Mansour

Di sisi lain, kekayaan pribadi Mansour disebut-sebut mencapai Rp309 triliun. 

 

3 dari 8 halaman

2. Mobil Mewah

Bagaimana koleksi mobil mewah mereka? Sepertinya Mansour lebih gemar terhadap mobil-mobil mewah daripada Bin Salman.  

Mohammed Bin Salman

- Ferrari

- Lamborghini

- Buggati

Sheikh Mansour

- Lima Bugatti

- Porsche 911 GT1

- Ferrari Enzo

- Lamborghini Reventon

- Mercedes SLR-McLaren

 

 

4 dari 8 halaman

3. Villa Mewah

Mohammed Bin Salman

Dia memiliki rumah mewah atau villa di Prancis yang dikenal dengan nama "Chateau Louis XIV". Rumah mewah tersebut harganya berkisar 230 juta pounds atau setara Rp4,2 triliun. 

Sheikh Mansour

Pemilik Manchester City ini punya villa mewah untuk berlibur di Spanyol, tepatnya di Los Quintos de San Martin. Nilainya sekitar 42 juta pounds atau Rp765 miliar.  

 

5 dari 8 halaman

4. Kapal Pesiar

Mohammed Bin Salman

Pengusaha kaya raya di Timur Tengah biasanya punya kapal pesiar mewah sendiri. Bin Salman punya yatch bernama Serena. Nilainya sekitar 380 juta pounds atau setara Rp6,94 triliun. 

Sheikh Mansour

Tentu saja penguasa asal UEA tersebut juga punya kapal pesiar, yang diberi nama Topaz. Kapal pesiar miliknya ternyata terbesar kelima di dunia. Nilainya mencapai 316 pounds atau setara Rp5,77 triliun.

 

6 dari 8 halaman

5. Klub Olahraga yang Dimiliki

Mohammed Bin Salman

Pangeran Arab Saudi ini dikenal menyukai sepak bola, dan fan Manchester United. Saat ini dia memiliki sebuah klub Divisi 2 di Arab Saudi. Klub tersebut dilabeli sesuai namanya.

Skeikh Mansour

Dalam urusan koleksi klub, Mansour lebih unggul. Dia adalah pemilik Manchester City, New York City FC, Melbourne City, dan Al-Jazira. 

7 dari 8 halaman

6. Bisnis dan Jabatan

Mohammed Bin Salman 

Bin Salman adalah Putra Mahkota Arab Saudi, putra dari pemimpin de facto Raja Salman, yang tak bisa memerintah penuh karena dementia.  Bin Salman juga Deputi Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan. Dia kerap menyebut dirinya sebagai seorang pemimpin yang moderat.  

Skeikh Mansour 

Mansour seorang Deputi Perdana Menteri Uni Emirat Arab. Namun, tidak seperti Bin Salman yang fokus pada karier politiknya, Mansour lebih banyak menghabiskan waktu pada bisnis pribadinya. 

Dia merupakan pemimpin International Petroleum Investment Company, yang punya lini bisnis di berbagai belahan dunia.

Dia juga punya 32 persen saham di Virgin Galactic, serta 9,1 persen di Daimler, perusahaan induk Mercedes-Benz dan lainnya. 

 

8 dari 8 halaman

7. Kekayaan Keluarga

Mohammed Bin Salman 

Kekayaan keluarga kerajaan Arab Saudi dilaporkan mencapai 1,5 triliun pounds. Namun, banyak pengamat menyebut kekayaan keluarga kerajaan itu lebih daripada itu.

Skeikh Mansour 

Mansour merupakan saudara tiri Presiden UEA saat ini dan anggota keluarga terpandang, Al Nahyan.

Keluarga kaya raya yang punya bisnis perminyakan itu kekayaannya diperkirakan mencapai 150 miliar pounds. 

 

Video Populer

Foto Populer