Sukses


3 Rekrutan Kunci David Moyes saat Menukangi Manchester United, Nasib Mereka Sekarang Bagaimana?

Bola.com, Jakarta - David Moyes didapuk menjadi manajer Manchester United pada tahun 2013. Ia dipilih langsung oleh sang nakhoda legendaris, Sir Alex Ferguson.

Moyes diikat dengan dengan kontrak berdurasi enam tahun. Sebagai pengganti langsung Ferguson, Moyes jelas memikul beban yang cukup berat.

Namun, Moyes gagal memenuhi ekspekstasi seperti yang diharapkan. Performa Setan Merah selama ditangani Moyes bisa dikatakan tidak stabil.

United harus tersingkir di tiga kompetisi yakni Liga Champions, Piala FA, dan Piala Liga. Setan Merah juga terpuruk di posisi ketujuh di Premier League.

Alhasil, Moyes harus angkat kali dari Old Trafford lebih cepat. Pria asal Skotlandia itu hanya melatih Manchester United selama 10 bulan.

Selama menukangi Setan Merah, Moyes hanya merekrut tiga pemain saja. Lalu, bagaimana nasib ketiga pemain tersebut saat ini?

Video

2 dari 4 halaman

Marouane Fellaini

Marouane Fellaini merupakan rekrutan pertama David Moyes di Manchester United. Ia didatangkan ke Old Trafford dari Everton dengan biaya 27,5 juta pounds.

Fellaini mempunyai karier yang lebih panjang dari Moyes di Manchester United. Pemain asal Belgia itu menghabiskan lima setengah musim di klub.

Selama membela Setan Merah, Fellaini mencatatkan 177 penampilan di semua kompetisi. Dari jumlah itu, ia menyumbang 22 gol dan 12 assist.

Fellaini meninggalkan United pada Januari 2019. Pemain 32 tahun itu saat ini bermain di Liga China bersama Shandong Luneng.

3 dari 4 halaman

Saidy Janko

Seperti Fellaini, Saidy Janko tiba di Manchester United menjelang penutupan bursa transfer musim panas 2013. Dia bergabung dari FC Zurich dan masuk ke dalam skuad Manchester United U-23.

Janko hanya tampil sekali bersama skuad utama Setan Merah. Ia bermain selama 45 menit saat MU kalah 4-0 dari MK Dons di Piala Liga pada Agustus 2014.

Janko bergabung dengan klub Championship Bolton Wanderers dengan status pinjaman pada Februari sebelum pindah ke Celtic secara permanen pada musim panas itu.

Dia selanjutnya bermain di Barnsley, Saint-Etienne, Porto Nottingham Forest dan Young Boys. Janko saat ini bermain di Spanyol bersama Real Valladolid.

4 dari 4 halaman

Juan Mata

Juan Mata bisa dibilang rekrutan paling mahal dan barangkali tersukses dari David Moyes di Manchester United. Setan Merah mengeluarkan 37,1 juta pounds untuk mendapatkan playmaker Spanyol itu dari Chelsea.

Mata saat ini masih bertahan di skuad Setan Merah. Ia telah membuat 261 penampilan untuk klub setelah bergabung pada Januari 2014.

Sampai sejauh ini Mata sudah mencetak 50 gol dan 46 assist untuk klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut. Ia juga berhasil memenangkan FA Cup, Piala Liga, Community Shield dan Liga Europa.

Mata saat ini sudah berusia 32 tahun. Kontrak mantan playmaker Valencia itu di klub berlangsung hingga musim panas 2021.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 18/11/2020)

Video Populer

Foto Populer