Sukses


Membedah Kekayaan Pemilik Manchester City Sheikh Mansour: Punya 10 Klub Sepak Bola, Koleksi Mobil Mewah, hingga Kapal Pesiar

Bola.com, Jakarta - Nama Sheikh Mansour mencuat di kancah sepak bola dunia berkat manuvernya lebih dari 10 tahun lalu ketika membeli Manchester City. Mansour adalah politikus sekaligus pengusaha kaya raya dari Uni Emirat Arab dan anggota keluarga penguasa Abu Dhabi (UEA).

Sejak dia datang pada 2008, Manchester City telah memenangi empat gelar Premier League, empat Piala Liga Inggris, dan dua trofi Piala FA. Itu menjadi periode tersukses dalam sejarah The Citizen. 

Pemilik Manchester City yang bernaung di bawah The City Footbal Group (CFG) enar-benar tajir melintir. CFG dua bulan lalu membeli klub Liga 2 Prancis, Estac Troyes, Kamis (3/9/2020).  

Dengan tambahan Estac Troyes, pemilik Manchester City total telah memiliki 10 klub. Troyes, yang memenangi Piala Intertoto pada 2001, finis keempat pada Liga 2 Prancis musim lalu. Mereka kehilangan kesempatan promosi ke Ligue 1 karena kompetisi digentikan lebih awal karena pandemi Covid-19. 

Seperti dilansir The Sun, CFG akan menjadi pemegang saham mayoritas baru di klub. Mereka mengakuisisi saham yang dimiliki oleh pemilik sebelumnya, Daniel Masoni.

Pengusaha Prancis Maxime Ray juga telah mengakuisisi saham minoritas. Dia akan duduk di dewan direksi klub.

Troyes bergabung dengan sejumlah klub dari seluruh dunia sebagai bagian dari CFG, yang memiliki City sebagai induk dan kantor pusatnya di Manchester.

Sebagai tambahan mereka saat ini memiliki tim di New York (Amerika Serikat), Melbourne (Australia), Jepang, Cina, Spanyol, Uruguay, India, dan Belgia.

Seberapa besar kekayaan Sheikh Mansour yang merupakan pemilik Manchester City? Berikut perinciannya seperti dilansir dari berbagai sumber.  

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 8 halaman

1. Harta

Dalam urusan uang, kekayaan Sheikh Mansour benar-benar melimpah. Kekayaan pribadi Mansour disebut-sebut mencapai Rp309 triliun. 

 

3 dari 8 halaman

2. Koleksi Mobil Mewah

Bagaimana koleksi mobil mewah mereka? Sepertinya Mansour sangat gemar membeli mobil-mobil mewah. Berikut koleksinya.  

- Lima Bugatti

- Porsche 911 GT1

- Ferrari Enzo

- Lamborghini Reventon

- Mercedes SLR-McLaren

 

4 dari 8 halaman

3. Villa Mewah

Pemilik Manchester City ini punya villa mewah untuk berlibur di Spanyol, tepatnya di Los Quintos de San Martin. Nilainya sekitar 42 juta pounds atau setara Rp765 miliar.  

 

5 dari 8 halaman

4. Kapal Pesiar

Tentu saja penguasa asal UEA tersebut juga punya kapal pesiar, yang diberi nama Topaz. Kapal pesiar miliknya ternyata terbesar kelima di dunia. Nilainya mencapai 316 pounds atau setara Rp5,77 triliun.

 

6 dari 8 halaman

5. Klub Olahraga yang Dimiliki

Dalam urusan koleksi klub, Mansour lebih unggul. Dia memiliki 10 klub yang dimiliki CFG di bawah kepemimpinan Sheikh Mansoir sebagai pemilik saham mayoritas perusahaan. 

1. Manchester City (Inggris)

2. Melbourne City (Australia)

3. New York City (Amerika Serikat)

4. Montevideo City Torque (Uruguay)  

5. Yokohama F Marinos  (Jepang) 

6. Girona (Italia)

7. Sichuan Jiuniu (China)

8. Mumbai City (India)

9. Lomsel SK  (Belgia)

10. ESTAC (Prancis)

 

 

7 dari 8 halaman

6. Bisnis dan Jabatan

Mansour seorang Deputi Perdana Menteri Uni Emirat Arab. Namun, tidak seperti Bin Salman yang fokus pada karier politiknya, Mansour lebih banyak menghabiskan waktu pada bisnis pribadinya. 

Dia merupakan pemimpin International Petroleum Investment Company, yang punya lini bisnis di berbagai belahan dunia.

Dia juga punya 32 persen saham di Virgin Galactic, serta 9,1 persen di Daimler, perusahaan induk Mercedes-Benz dan lainnya. 

 

8 dari 8 halaman

7. Kekayaan Keluarga

Mansour merupakan saudara tiri Presiden UEA saat ini dan anggota keluarga terpandang, Al Nahyan. Keluarga kaya raya yang punya bisnis perminyakan itu kekayaannya diperkirakan mencapai 150 miliar pounds. 

Sumber: berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer