Sukses


12 Pemain yang Diganjar Kartu Merah pada Duel Manchester United Vs Liverpool, Nemanja Vidic Dapat 4 Kali

Bola.com, Jakarta - Duel Manchester United kontra Liverpool tak pernah beratmosfer biasa-biasa saja. Rumus itu juga berlaku saat MU akan menjamu Liverpool pada babak keempat Piala FA 2020/2021 di Stadion Old Trafford, Senin (25/1/2021) dini hari WIB. 

Manchester United dan Liverpool dianggap sebagai dua tim tersukses dalam sejarah sepak bola Inggris. Tak heran, rivalitas kedua tim sangat panjang dan begitu pekat  . 

Duel Setan Merah dan The Reds selalu sarat gengsi dan menjadi pertaruhan harga diri. Menurut The Football Fans Census, The Northwest Derby yang mempertemukan Setan Merah dan The Reds merupakan yang paling sengit di Liga Inggris.

Jamaknya laga sarat rivalitas, pertemuan antara kedua tim ini juga kerap diwarnai permainan keras. Tak jarang tekel-tekel brutal juga hadir dalam pertemuan antara kedua tim yang lekat dengan warna merah tersebut.

Sebagai buntutnya, kartu kuning, bahkan juga kartu merah, kerap mewarnai laga antara Manchester United dan Liverpool. Dalam catatan sejumlah laman Manchester Evening News, sepanjang era Premier League, sudah 16 kartu merah yang keluar dari kantong wasit pada pertemuan antara Manchester United dan Liverpool. Liverpool mengantongi tujuh kartu merah. Sementara, United mengoleksi sembilan kartu merah.

Namun, untuk pemain yang menerima kartu merah, catatan kedua tim tersebut seimbang. Manchester United dan Liverpool sama-sama memiliki enam pemain yang mendapat kartu merah.

Siapa saja pemain yang harus masuk kamar ganti terlebih dulu pada laga sarat rivalitas tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

 

2 dari 13 halaman

1. Michael Owen (Liverpool)

Michael Owen merupakan pemain pertama yang mendapat kartu merah pada laga Northwest Derby era Premier League. Penyerang Liverpool ini mendapat kartu merah kala timnya menghadapi Manchester United dalam laga pekan ke-33 Premier League 1997/1998 pada 10 April 1998.

Dalam pertandingan ini, Owen mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Ronnie Johnsen. Owen dan Johnsen sendiri sebelumnya sama-sama mencetak gol, yang membuat laga ini berakhir 1-1.

Akibat pelanggaran Owen, Johnsen harus ditandu keluar dan pada menit 43 digantikan bek senior David May.

 

3 dari 13 halaman

2. Denis Irwin (Manchester United) 

Penggawa Manchester United pertama yang mendapat kartu merah kala menghadapi Liverpool pada era Premier League adalah Denis Irwin. Fullback asal Irlandia ini mendapat kartu merah pada laga pekan ke-28 Premier League 1998/1999, yang dihelat 5 Mei 1999.

Dalam pertandingan ini, Irwin harus meninggalkan lapangan lebih cepat usai mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-75.

Sebelum diusir, dalam pertandingan ini, Irwin sukses mencetak satu gol dan membawa timnya bermain imbang 2-2 kontra Liverpool.

 

4 dari 13 halaman

3. Andy Cole (Manchester United)

Berselang lima bulan dari kartu merah Irwin, United kembali harus mengakhiri laga dengan sepuluh orang kala menghadapi Liverpool. Pada laga pekan ketujuh Premier League 1999/2000 ini giliran Andy Cole yang harus mendapat kartu merah.

Cole harus meninggalkan lapangan pada menit ke-71 usai mendapat kartu kuning keduanya pada laga ini. Kartu kuning tersebut didapatnya usai melanggar Rigobert Song.

Dalam pertandingan ini, Cole sempat mencetak satu gol dan membawa Setan Merah menang 3-2.

 

5 dari 13 halaman

4. Luke Chadwick (Manchester United) 

Luke Chadwick menjadi pemain Manchester United ketiga yang mendapat kartu merah kala menghadapi Liverpool pada era Premier League. Namun, berbeda dengan Irwin dan Cole, ia menjadi pemain pertama yang mendapat kartu merah langsung.

Kartu merah ini didapat Chadwick pada laga pekan 18 Premier League musim 2020/2021. Dalam laga yang dihelat di Old Trafford, 17 Desember 2000 ini, Chadwick harus meninggalkan lapangan pada menit ke-89 usai melanggar Vladimir Smicer. Ironisnya, ia baru masuk ke lapangan sembilan menit sebelumnya, usai menggantikan Denis Irwin.

Dalam pertandingan ini, United harus menelan kekalahan 0-1. Gol semata wayang pada laga ini dicetak Danny Murphy menit ke-43.

 

6 dari 13 halaman

5. Danny Murphy (Liverpool)

Danny Murphy menjadi pemain kedua Liverpool yang mendapat kartu merah kala menghadapi Manchester United pada era Premier League. Gelandang Liverpool ini mendapat kartu merah pada laga pekan 31 Premier League musim 2000/2001.

Dalam pertandingan yang dihelat di Anfield, 31 Maret 2001 ini, Murphy harus meninggalkan lapangan pada menit 69 usai mendapat kartu kuning keduanya.

Beruntung bagi Liverpool, kendati harus mengakhiri laga dengan sepuluh orang, mereka tetap bisa meraih hasil positif. The Reds memenangi laga tersebut dengan kemenangan dua gol tanpa balas. Dua gol mereka dicetak Steven Gerrard dan Robbie Fowler.

 

7 dari 13 halaman

6. Sami Hyypia (Liverpool)

Pemain Liverpool berikutnya yang sempat mendapat kartu merah pada laga kontra United adalah Sami Hyypia. Ia mendapat kartu merah langsung pada laga pekan ke-32 Premier League 2002/2003 usai melanggar Ruud van Nistelrooy di kotak penalti Liverpool pada menit kelima.

Bermain dengan sepuluh orang sejak awal pertandingan membuat Liverpool tak kuasa mengadang serangan Setan Merah pada laga yang dihelat di Old Trafford, 5 April 2003 ini. Mereka kalah empat gol tanpa balas melalui gol-gol van Nistelrooy (dua gol), Ryan Giggs, dan Ole Gunnar Solskjaer.

 

8 dari 13 halaman

7. Wes Brown (Manchester United)

Wes Brown menjadi pemain keempat Manchester United yang mendapat kartu merah kala menghadapi Liverpool pada era Premier League. Brown mendapat kartu merah pada laga pekan ke-23 Premier League musim 2004/2005.

Dalam pertandingan ini yang dihelat di Anfield, 15 Januari 2005 tersebut, Brown harus meninggalkan lapangan pada menit ke-65 usai mendapat kartu kuning keduanya.

Beruntung bagi Manchester United, kendati harus mengakhiri laga dengan sepuluh orang pemain, mereka tetap bisa meraih kemenangan 1-0 pada laga tersebut. Gol tunggal yang terjadi pada laga tersebut dicetak Wayne Rooney pada menit 21.

 

9 dari 13 halaman

8. Paul Scholes (Manchester United)

Scholes menjadi pemain ketiga yang mendapat kartu merah langsung dalam laga antara Manchester United dan Liverpool. Gelandang United ini mendapat kartu merahnya tersebut pada laga pekan ke-29 Premier League 2006/2007.

Dalam laga yang dihelat di Anfield, 3 Maret 2007 tersebut, Scholes harus meninggalkan lapangan pada menit 86 usai mendapat kartu merah dari wasit Martin Atkinson. Ia dinilai berniat memukul Xabi Alonso dalam sebuah perebutan bola.

Manchester United sendiri sukses meraih kemenangan pada laga tersebut. Mereka menang 1-0 melalui gol yang dicetak John O'Shea ketika laga hampir berakhir.

 

10 dari 13 halaman

9. Javier Mascherano (Liverpool)

Mascherano merupakan pemain yang sempat dua kali diusir dari lapangan dalam laga antara Manchester United dan Liverpool. Gelandang Liverpool ini pertama kali diusir pada laga pekan ke-31 Premier League musim 2007/2008.

Mascherano harus keluar dari lapangan pada menit ke-44 usai mendapat kartu kuning keduanya pada laga ini. Kartu kuning tersebut didapatnya usai melancarkan protes keras kepada wasit Steve Bennett, yang memimpin laga tersebut.

Dalam pertandingan ini, Liverpool harus menelan kekalahan 0-3 dari United.

Sementara, kali kedua pemain asal Argentina tersebut diusir adalah pada laga pekan ke-10 musim 2009/2010, yang dihelat pada 25 Oktober 2009.

Dalam pertandingan yang digelar di Anfield ini, Mascherano harus meninggalkan lapangan usai menerima kartu kuning keduanya pada menit 90. Dalam pertandingan ini, ia diusir berbarengan dengan bek Manchester United, Nemanja Vidic.

 

11 dari 13 halaman

10. Nemanja Vidic (Manchester United)

Vidic menjadi pemain yang paling banyak mendapat kartu merah dalam sejarah pertemuan antara Manchester United dan Liverpool pada era Premier League. Selama memperkuat United, bek asal Serbia ini empat kali diusir dari lapangan kala menghadapi Liverpool!.

Vidic pertama kali diusir pada laga kontra Liverpool dalam laga pekan keempat Premier League musim 2008/2009. Ia mendapat kartu kuning keduanya pada menit 90 dalam laga yang dimenangi Liverpool dengan skor 2-1 tersebut.

Kemudian, Vidic kembali diusir dari laga kontra Liverpool pada laga pekan 29 musim 2008/2009, Sabtu 14 Maret 2009. Waktu itu ia diusir pada menit 76 usai menerima kartu merah langsung akibat melanggar Steven Gerrard. Pada laga yang dihelat di Old Trafford ini, United kalah dengan skor 1-4.

Vidic kembali harus meninggalkan lapangan lebih cepat dalam laga kontra Liverpool pada pekan ke-10 Premier League 2009/2010. Dalam laga yang dihelat di Anfield, 25 Oktober 2009 ini, ia menerima kartu kuning keduanya pada menit 89. Pada laga ini, Vidic diusir berbarengan dengan gelandang Liverpool, Javier Mascherano, yang sama-sama mendapat kartu kuning kedua.

Kali keempat Vidic diusir kala menghadapi Liverpool terjadi pada laga pekan ke-30 Premier League musim 2013/2014. Pada pertandingan yang dihelat di Old Trafford, 16 Maret 2014 ini, Vidic mendapat kartu kuning keduanya pada menit 77.

United hanya harus menelan kekalahan tiga gol tanpa balas pada pertandingan ini. Tiga gol yang bersarang ke gawang David de Gea dicetak Steven Gerrard (dua gol) dan Luis Suarez.

 

12 dari 13 halaman

11. Jonjo Shelvey (Liverpool)

Pemain kelima Liverpool yang menerima kartu merah kala menghadapi Manchester United pada era Premier League adalah Jonjo Shelvey. Gelandang The Reds tersebut harus merasakan diusir dari lapangan pada laga pekan kelima Premier League musim 2012/2013.

Dalam pertandingan yang dihelat di Anfield, 23 September 2012, Shelvey mendapat kartu merah langsung pada menit 39.

Pada laga ini, Liverpool harus menelan kekalahan 1-2. Unggul lebih dulu melalui Steven Gerrard, gawang The Reds bobol dua kali melalui Rafael dan Robin van Persie.

 

13 dari 13 halaman

12. Steven Gerrard (Liverpool)

Pemain terakhir yang mendapat kartu merah dalam laga antara Manchester United dan Liverpool pada era Premier League adalah Steven Gerrard. Gelandang Liverpool ini mendapat kartu merah pada laga pekan 30 Premier League musim 2014/2015.

Dalam laga yang digelar di Anfield, 22 Maret 2015, tersebut, Gerrard mendapat kartu merah pada menit 46. Ia mendapat kartu merah usai melanggar Ander Herrera.

Kartu merah ini pun mencatatkan rekor bagi Gerrard. Kartu ini diterimanya hanya delapan detik setelah ia turun ke lapangan. Gerrard baru masuk pada menit 46 menggantikan Adam Lallana.

Dalam laga tersebut, Liverpool sendiri harus menelan kekalahan 1-2 dari United. Dua gol United diborong Juan Mata, sedangkan satu gol balasan Liverpool dicetak Daniel Sturridge.

Sumber: berbagai sumber

Disadur dariL Bola.net (Penulis Dendy Gandakusumah/Editor Asad Arifin, published 23/1/2021)

5 Pemain dengan Gaji Terbanyak di Liga Inggris Saat Ini, Ada Gareth Bale

Video Populer

Foto Populer