Sukses


Flashback Newcastle United Yang Gagal Juara Liga Inggris Meski Sempat Unggul 10 Poin : Gara - Gara Si Tendangan Kungfu Main Lagi

Bola.com, Jakarta - Manchester City unggul 10 poin dari Manchester United dan Leicester City pada klasemen sementara Liga Inggris 2020/2021. Selisih tersebut membuat Manchester City membuka lebar pintu juara.

Namun, para fan The Citizens tak boleh terlalu gembira. Sepanjang sejarah Premier League, ada dua klub yang gagal juara meski sudah punya selisih 10 angka. Satu di antaranya adalah Newcastle United, yang terjadi pada musim 1995/1996.

Saat itu, Newcastle United melakoni awal musim dengan sempurna, serta sanggup tampil dominan. Latarnya tak lain kekuatan tim yang berasal dari dana melimpah Sir John Hall.

Dana dari miliarder tersebut membuat Kevin Keegan sanggup mendapatkan sederet pemain bintang, seperti Les Ferdinand, David Ginola, Warren Barton dan Shaka Hislop.

The Magpies masih memiliki penyerang asal Kolombia, Faustino Asprilla dan gelandang timnas Inggris, David Batty. Dua orang ini datang berkat uang segar 11 juta pounds.

Secara virtual, Newcastle United memimpin klasemen sementara Liga Inggris selama periode Agustus 1995 - pertengahan Maret 1996. Pada Natal, mereka sudah unggul 10 poin dari Manchester United.

 

2 dari 4 halaman

Titik Balik

Meski kalah 0-2 di Old Trafford pada 27 Desember 1995, mereka masih bisa menjaga jarak sampai 12 poin pada 20 Januari 1996. Para analis dan jurnalis menyebut, Newcastle United berada di posisi terdepan meraih juara, karena tersisa 15 laga.

Pada sisi lain, sang pesaing, Manchester United, mendapat angin segar setelah Eric Cantona kembali dari hukuman. Newcastle United merespon dengan kemenangan atas Middlesbrough dengan skor 2-1, termasuk sumbangsih gol dari sang debutan, Faustino Asprilla.

Sayang, setelah itu mereka harus merasakan lima kekalahan dari delapan pertandingan, terutama kala tandang ke markas West Ham United dan Manchester City.

Momen vital terjadi ketika The Magpies kalah 0-1 dari Manchester United di St James Park. Kegagalan menuai poin sekaligus menghentikan catatan 100 persen laga kandang di liga, dan membuat merka hanya unggul satu poin di atas Manchester United.

 

3 dari 4 halaman

Poin Petaka

Malapetaka datang ketika mereka meraih hasil buruk pada tiga laga krusial, yakni kalah dari Arsenal, Liverpool dan Blackburn Rovers. Walhasil, Manchester United berhail mengudeta posisi teratas, dan bertahan hingga akhir kompetisi dengan keunggulan 4 poin dari Newcastle United.

Pengamat sepak bola, Rob Lee menyebut, kegagalan Newcastle United meraih juara terjadi karena beberapa hal. Satu yang utama adalah kejatuhan mental dan penurunan kepercayaan diri. Analis lain, Ian Cusack menganggap, kunci Manchester United adalah kembalinya Eric Cantona, plus kegagalan Kevin Keegan menyelaraskan tim.

So, apakah pengalaman pahit Newcastle United itu akan terjadi di kubu Manchester City ?. Layak kita tunggu.

 

4 dari 4 halaman

Video MU

Video Populer

Foto Populer