Sukses


Starting XI Chelsea ketika Juara Liga Champions 2011-2012, Musim Ini The Blues Juara Lagi?

Bola.com, Jakarta - Chelsea memastikan diri ke final Liga Champions 2021-2022. Kepastian itu didapat setelah mereka menyingkirkan Real Madrid dengan agregat skor 3-1.

Pada leg kedua semifinal, Kamis (06/05/2021) dini hari WIB, The Blues sukses menaklukkan Real Madrid. Mereka menang 2-0 di Stamford Bridge.

Chelsea membuka skor melalui Timo Werner pada menit ke-32. Sementara Mason Mount memperbesar keunggulan The Blues di menit ke-87.

Dua gol Chelsea dicetak oleh Timo Werner dan Mason Mount. Hasil ini membuat The Blues melaju ke laga puncak dan akan menghadapi Manchester City di partai puncak.

Chelsea terakhir kali tampil di final Liga Champions pada tahun 2012. Ketika itu The Blues berhasil menjadi juara dengan mengalahkan Bayern Munchen.

Chelsea menaklukkan raksasa Bundesliga tersebut melalui adu penalti. Pertandingan tersebut berlangsung di markas Bayern, Allianz Arena.

Berikut adalah starting XI yang diturunkan Chelsea dalam pertandingan final Liga Champions tersebut.

Video

2 dari 6 halaman

Kiper

  • Petr Cech

Petr Cech merupakan kiper utama Chelsea saat itu. Dia bermain untuk The Blues sejak tahun 2004 setelah didatangkan dari Rennes.

Cech masih memperkuat Chelsea setelah pertandingan final Liga Champions. Akan tetapi, dia kemudian meninggalkan The Blues pada 2015 dengan hengkang ke Arsenal.

3 dari 6 halaman

Belakang

  • Bek Kiri: Ashley Cole

Ashley Cole bermain untuk Chelsea selama delapan tahun. Dia memutuskan untuk meninggalkan Arsenal dan datang ke Stamford Bridge karena ingin memenangkan gelar.

Bersama Chelsea, Cole berhasil tampil di final Liga Champions sebanyak dua kali. Namun, dia hanya mampu menjadi juara pada laga final tahun 2012.

  • Bek Tengah: David Luiz

David Luiz bergabung dengan Chelsea di tahun 2011. Pada musim berikutnya, bek tengah asal Brasil tersebut berhasil mengangkat trofi Liga Champions bersama The Blues.

Luiz sempat hengkang ke PSG dan akhirnya kembali ke Stamford Bridge pada 2016. Pemain berusia 34 tahun itu saat ini membela klub rival Arsenal.

  • Bek Tengah: Gary Cahill 

Gary Cahill datang ke Chelsea pada Januari 2012 setelah dibeli dari Bolton Wanderers. Enam bulan kemudian, Cahill berhasil memenangkan trofi Liga Champions bersama klub barunya.

Cahill bermain untuk Chelsea sampai tahun 2019. Pemain belakang asal Inggris itu kemudian melanjutkan kariernya bersama Crystal Palace.

  • Bek Kanan: Jose Bosingwa 

Musim 2011-2012 menjadi musim terakhir Jose Bosingwa bersama Chelsea. Namun, pemain asal Portugal tersebut mengakhiri kebersamaan selama empat tahun bersama The Blues dengan trofi Liga Champions.

QPR menjadi pelabuhan karier Bosingwa berikutnya. Mantan pemain Porto tersebut bermain di sana selama satu musim sebelum pindah ke Turki dengan memperkuat Trabzonspor.

4 dari 6 halaman

Tengah

  • Sayap Kiri: Ryan Bertrand 

Ryan Bertrand merupakan pemain jebolan akademi Chelsea dan promosi ke skuat utama di tahun 2006. Meski kesulitan mendapat kesempatan bermain reguler, dia dipercaya menjadi starter pada final Liga Champions 2012.

Selama membela Chelsea, Bertrand sering dipinjamkan ke sejumlah klub seperti Bournemouth, Norwich City, Aston Villa dan Southampton. Dia akhirnya pindah secara permanen ke St Mary's Stadium pada 2015.

  • Gelandang Bertahan: John Obi Mikel

John Obi Mikel satu pemain yang cukup lama bermain untuk Chelsea. Dia membela The Blues dari 2006 sampai Januari 2017.

Mikel berhasil memenangkan banyak gelar selama memperkuat Chelsea. Setelah tak masuk dalam rencana Antonio Conte, Mikel melanjutkan kariernya di klub China bersama Tianjin TEDA.

  • Gelandang Tengah: Frank Lampard

Frank Lampard adalah legenda Chelsea. Selama 13 musim di klub, dia berhasil mengantarkan The Blues meraih banyak gelar termasuk Liga Champions 2012.

Setelah pensiun dari lapangan hijau, Lampard sempat kembali ke Stamford Bridge sebagai pelatih. Namun, posisinya kemudian digantikan Thomas Tuchel pada awal tahun ini setelah serangkaian hasil buruk yang diraih klub.

  • Gelandang Serang: Juan Mata

Juan Mata punya kariernya yang sangat sukses bersama Chelsea. Setelah menjuarai Liga Champions, pemain asal Spanyol tersebut berhasil merengkuh gelar Liga Europa.

Namun, Mata harus meninggalkan Chelsea pada Januari 2014 dan bergabung ke Manchester United. Jarang bermain di bawah arahan Jose Mourinho membuat Mata mengambil keputusan untuk hijrah ke Old Trafford.

  • Sayap Kanan: Salomon Kalou

Salomon Kalou bergabung dengan Chelsea pada tahun 2006 setelah didatangkan dari klub Belanda Feyenoord. Enam musim berada di Stamford Bridge, Kalou berhasil meraih delapan gelar.

Setelah final Liga Champions 2012, Kalou meninggalkan Chelsea dan melanjutkan kariernya bersama Lille. Kini pemain asal Pantai Gading itu masih aktif bermain dan tengah bermain untuk Botafogo sejak awal musim ini.

  

 

5 dari 6 halaman

Depan

  • Striker: Didier Drogba

Didier Drogba merupakan salah satu penyerang sekaligus pemain terbaik yang pernah dimiliki Chelsea. Sejak datang ke Stamford Bridge di tahun 2004, berhasil membawa The Blues meraih kejayaan.

Selain Liga Champions, Drogba juga berhasil meraih empat gelar Premier League bersama Chelsea. Dalam dua periode membela The Blues, Drogba mencetak 164 gol dari 381 pertandingan.

6 dari 6 halaman

Pelatih

  • Roberto Di Matteo

Chelsea meraih Liga Champions pada tahun 2012 di bawah asuhan Roberto Di Matteo. Dia ditunjuk menjadi pelatih The Blues pada 4 Maret 2012 untuk menggantikan Andres Villas Boas yang dipecat.

Di Matteo masih menangani Chelsea pada musim berikutnya. Namun, pria asal Italia tersebut dipecat pada 21 November 2012 setelah serangkaian hasil buruk yang diraih klub.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 6/5/2021)

Video Populer

Foto Populer