Sukses


5 Kiper Termahal Milik Manchester United, Mulai Edwin Van der Sar hingga David De Gea

Bola.com, Jakarta - Manchester United merupakan salah klub besar dengan seabrek trofi di level domestik dan Eropa. Sebagai klub elite, Setan Merah tentunya punya banyak kiper berkualitas yang mengawal gawang mereka.

Peter Schmeichel adalah salah satu kiper terbaik yang dimiliki Red Devils. Pasalnya, dia menyumbang banyak trofi untuk tim yang bermarkas Old Trafford tersebut.

Setelah era Schmeichel berakhir, Setan Merah tercatat banyak membeli kiper. Bahkan, mereka tak segan mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan kiper yang berkualitas.

Berikut ini lima kiper termahal yang pernah didatangkan Manchester United. Bagaimana kontribusi mereka buat tim?

Video

2 dari 6 halaman

Edwin Van der Sar

Edwin Van der Sar didatangkan Manchester United pada 2005 dari Fulham seharga 4 juta euro. Kiper asal Belanda itu bergabung saat usianya tak lagi muda yakni 34 tahun.

Namun, Van der Sar menjawab keraguan tersebut dengan prestasi. Dia mampu mempersembahkan banyak trofi untuk Setan Merah.

Koleksi gelar Van der Sar meliputi empat gelar Premier League, trofi Liga Champions hingga Piala Dunia Antar Klub. Dia mencatatkan 266 penampilan selama enam tahun di klub.

3 dari 6 halaman

Tomasz Kuszczak

Tomasz Kuszczak bergabung dengan Manchester United dari West Bromwich pada 2006. Setan Merah mengeluarkan 4,3 juta euro untuk memboyong kiper asal Polandia tersebut ke Old Trafford.

Namun, Kuszczak tak pernah menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang MU. Dia menjadi penghangat bangku cadangan hingga akhirnya dilepas pada akhir musim 2012 ke Brigthton & Hove Albion.

Selama berkostum Setan Merah, Kuszczak total mencatatkan 61 penampilan. Adapun trofi yang pernah diraih Kuszczak bersama Manchester United sebanyak 10, termasuk Liga Champions pada 2007-2008.

4 dari 6 halaman

Anders Lindegaard

Manchester United merekrut Anders Lindegaard dari klub Norwegia Aalesund. Dia ditebus dengan biaya yang mencapai lima juta euro.

Lindegaard tak pernah menjadi pilhan utama selama berada di Old Trafford. Total kiper asal Denmark itu hanya bermain dalam 29 laga di semua kompetisi.

Lindegaard ikut menjuarai Premier League 2012-2013 dan meninggalkan Setan Merah pada tahun 2015. MU memutuskan untuk melepasnya ke West Brom secara gratis.

5 dari 6 halaman

Fabian Barthez

Fabian Barthez direkrut Manchester United untuk menggantikan Peter Schmeichel. Ditebus dengan mahar 11,7 juta euro, kiper asal Prancis tersebut menjadi andalan MU sejak tahun 2000 hingga 2003.

Barthez memang tidak sehebat Peter Schmeichel, namun dia mampu mempersembahkan dua trofi Premier League untuk Manchester United yakni pada musim 2000/01 dan 2002/03.

Barthez hanya bertahan empat musim di Old Trafford sebelum akhirnya dilepas ke Marseille. Dia mencatatkan 139 penampilan di semua kompetisi untuk Setan Merah.

6 dari 6 halaman

David De Gea

David De Gea datang ke Manchester United pada tahun 2011. Kiper asal Spanyol itu itu direkrut dari Atletico Madrid dengan biaya 25 juta euro.

Pemain berusia 30 tahun itu kemudian berhasil menjadi kiper utama Setan Merah. De Gea sejauh ini sudah mencatatkan 438 penampilan di semua kompetisi.

De Gea telah berada di Manchester United selama hampir satu dekade. Dia sudah memenangkan tujuh gelar di Old Trafford termasuk Premier League, FA Cup dan Liga Europa.

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 7/5/2021)

Video Populer

Foto Populer