Sukses


Liga Inggris: Wanita Ini Kunci Sukses Chelsea dalam Bursa Transfer Pemain, Erling Haaland Berikutnya?

Bola.com, London - Chelsea dilaporkan menjadi klub terdepan dalam perburuan Erling Haaland. Sukses atau tidaknya negosiasi transfer bergantung pada kelihaian Marina Granovskaia, sang negosiator ulung.

Marina Granovskaia menjabat sebagai direktur transfer Chelsea. Artinya, wanita ini adalah sosok terdepan saat manajemen The Blues berhadapan dengan klub, agen, dan pemain incaran.

Chelsea telah melepas sejumlah pemain musim panas ini dan mendapatkan tambahan pundi-pundi uang. Fikayo Tomori, Victor Moses, hingga yang terbaru, Olivier Giroud telah 'diuangkan'.

Langkah ini bukanlah tanpa alasan. Chelsea, membutuhkan banyak tambahan dana guna mendapatkan tanda tangan Erling Haaland. Striker Borussia Dortmund berusia 21 tahun itu dicap sebagai solusi tepat di lini serang dalam bursa transfer pemain musim panas ini.

Awal Juni, Chelsea disebut-sebut siap membayar 170juta pounds kepada Dortmund demi tanda tangan Haaland. Tentu saja, meski The Blues berstatus tim sultan, jumlah tersebut sangatlah banyak.

Oleh karenanya, Marina Granovskaia langsung bergerak cepat dengan menjual pemain-pemain Chelsea yang dirasa kurang berkontribusi namun bergaji mahal. Alhasil, sejumlah pemain dilego ke klub lain.

 

Video

2 dari 3 halaman

Manuver Marina Granovskaia

Wanita cantik ini mungkin terlihat gemulai dari luar. Namun ketika sudah berada di depan meja kerjanya, ibarat kutipan film The Godfather, "I will make them an offer they can't refuse", menunjukkan betapa ia sangat dominan saat bernegosiasi.

Marina Granovskaia juga diketahui 'tangan kanan' atau Consigliare Roman Abramovich. Ialah orang yang selalu dipercaya menangani jual-beli pemain agar Chelsea minimal tidak buntung.

Tengok saja pemain-pemain yang sukses didatangkannya, mulai dari Eden Hazard, N'Golo Kante, Timo Werner, hingga Alvaro Morata. Marina Granovskaia juga piawai saat menjual pemain.

David Luiz, Oscar, Diego Costa, Morata, dan Hazard semuanya telah dijual dengan harga gabungan 340 juta pounds. Artinya, nyaris tidak ada penjualan yang sia-sia saat ia mengambil alih negosiasi transfer.

Kini Marina Granovskaia mendapatkan tantangan baru: Mendapatkan tanda tangan Erling Haaland tanpa merusak neraca keuangan Chelsea. Sanggupkan ia melakukannya?

 

3 dari 3 halaman

Tawarkan Paket

Sadar bahwa tak akan mudah merayu Dortmund, sejumlah cara dilakukan Marina Granovskaia dan kolega. Proposalnya kepada Chelsea untuk menawarkan paket transfer disetujui petinggi The Blues.

Adapun paket transfer tersebut adalah uang sebesar 150juta pounds plus satu pemain. Berdasarkan klaim Daily Mail, pemain-pemain yang dimasukkan ke dalam proposal itu adalah Hakim Ziyech, Callum Husdon-Odoi, dan Tammy Abraham.

Kubu Dortmund, di sisi lain, seperti terpecah. Direktur Olahraga, Sebastian Kehl, menegaskan bahwa, "Erling akan kembali pekan ini dalam kondisi lapar. Dia ingin berkumpul dan mencetak lebih banyak gol lagi."

Sebaliknya, Michael Zorc, juga pejabat Dortmund, justru dengan santai menanggapi isu Haaland dengan mengatakan, "Dia sudah di Inggris".

Video Populer

Foto Populer