Sukses


Saul Niguez dan 13 Pemain Spanyol di Chelsea: Ada yang Istimewa, Ada yang Numpang Lewat

Bola.com, Jakarta - Chelsea mendapatkan Saul Niguez menjelang penutupan bursa transfer musim panas 2021. Sang gelandang digaet Chelsea dari Atletico Madrid.

Saul datang ke Chelsea dengan status pinjaman hingga akhir musim. Namun, The Blues punya opsi untuk mempermanenkan sang pemain.

Kedatangan Saul akan memperkaya opsi lini tengah Chelsea. Dia akan bersaing dengan gelandang The Blues lainnya seperti Mateo Kovacic, Jorginho dan N'Golo Kante.

Kedatangan Saul juga menambah panjang daftar pemain asal Spanyol di Chelsea. Lalu, siapa saja pemain Matador yang juga pernah berkostum The Blues.

Berikut ini 13 pemain Spanyol yang pernah membela Chelsea sebelum Saul Niguez.

2 dari 13 halaman

Albert Ferer

Albert Ferer bergabung dengan Chelsea dari Barcelona pada 1998. Dia menjadi pemain Spanyol pertama yang menghiasi skuad The Blues.

Ferer bermain sebanyak 113 kali selama lima musim di Stamford Bridge. Dia berhasil membantu Chelsea menjadi juara FA Cup, Community Shield dan Piala Super Eropa.

Setelah kontraknya bersama Espanyol berakhir, Quique de Lucas hijrah ke Premier League dengan bergabung Chelsea. Transfer De Lucas ini terjadi pada musim panas 2002.

De Lucas bermain untuk Chelsea selama semusim dengan catatan 31 penampilan di semua kompetisi. Dia kembali ke Spanyol pada musim berikutnya dengan bergabung Alaves.

3 dari 13 halaman

Asier del Horno

Asier del Horno direkrut Chelsea dari Athletic Bilbao pada musim panas 2005. The Blues mengeluarkan juta euro untuk memboyong sang pemain ke Premier League.

Dia tampil sebanyak 34 kali pada satu-satunya musim di Stamford Bridge. Bek kiri asal Spanyol itu berhasil menjuarai Premier League sebelum hengkang ke Valencia.

4 dari 13 halaman

Fernando Torres

Chelsea membuat kejutan pada bursa transfer Januari 2011. Mereka memboyong Fernando Torres dari Liverpool dengan biaya yang mencapai 58,5 juta euro.

Torres tak pernah tampil setajam ketika bermain di Anfield. Namun, dia berhasil membantu The Blues menjuarai Liga Champions 2012 dan Liga Europa setahun kemudian.

  

5 dari 13 halaman

Juan Mata

Ditransfer dari Valencia pada 2011, Juan Mata berhasil meraih kesuksesan bersama Chelsea. Dia berhasil membantu The Blues menjuarai FA Cup dan Liga Champions dan Liga Europa.

Mata mencatatkan 135 penampilan di semua kompetisi untuk Chelsea. Namun, kedatangan Jose Mourinho membuat sang pemain dijual ke Manchester United pada Januari 2014.

  

6 dari 13 halaman

Oriol Romeu

Oriol Romeu direkrut Chelsea dari Barcelona pada tahun 2011. Namun, gelandang asal Spanyol itu kesulitan bersaing sehingga harus menjalani dua masa pinjaman bersama Valencia dan Stuttgart.

Pada 2015, Romeu memutuskan untuk meninggalkan Chelsea dan bergabung dengan Southampton. Secara keseluruhan, Romeu tampil 33 kali dan mencetak satu gol untuk The Blues.

  

7 dari 13 halaman

Cesar Azpilicueta

Cesar Azpilicueta didatangkan Chelsea dari Marseille pada musim panas 201. Pemain asal Spanyol itu kemudian menjadi pemain reguler di Stamford Bridge.

Azpilicueta sudah memainkan 433 pertandingan dan mencetak 14 gol untuk Chelsea. Pemain berusia 32 tahun tersebut juga punya koleksi sembilan gelar bersama The Blues.

  

8 dari 13 halaman

Cesc Fabregas

Cesc Fabregas bergabung dengan Chelsea dari Barcelona pada musim panas 2014. Keputusan tersebut sempat membuat penggemar Arsenal marah besar.

Fabregas memenangi dua gelar Premier League setelah datang ke Chelsea. Dia mengemas 198 penampilan untuk The Blues sebelum bertolak ke AS Monaco.

9 dari 13 halaman

Diego Costa

Diego Costa dipinang Chelsea dari Atletico Madrid pada tahun 2014. Pemain kelahiran Brasil tersebut kemudian tampil moncer bersama The Blues.

Costa sempat bermain 120 kali dan mencetak 58 gol selama tiga setengah musim memperkuat Chelsea. Dia juga sukses meraih dua gelar juara Premier League dan satu trofi Piala Liga.

  

10 dari 13 halaman

Pedro Rodriguez

Setelah meraih kesuksesan besar bersama Barcelona, Pedro memutuskan mencari tantangan baru di Premier League. Pemain sayap asal Spanyol tersebut bergabung Chelsea pada musim panas 2015.

Pedro menghabiskan lima musim di Stamford Bridge. Dia mencetak 43 gol dari 206 penampilan di semua kompetisi sebelum hengkang ke AS Roma pada musim panas ini.

11 dari 13 halaman

Marcos Alonso

Marcos Alonso bergabung dengan Chelsea dari Fiorentina pada 31 Agustus 2016. Sebagai pemain belakang, Alonso ternyata cukup produktif dalam hal mencetak gol.

Selama berada di Stamford Bridge, bek kiri Spanyol ini sudah mencetak 25 gol dari 170 penampilan. Kontraknya di Stamford Bridge akan habis pada tahun 2023.

12 dari 13 halaman

Alvaro Morata

Chelsea mendatangkan Alvaro Morata dari Real Madrid pada musim panas 2017. Ketika itu, penyerang asal Spanyol tersebut direkrut dengan biaya yang mencapai 66 juta euro.

Meski sudah ditebus dengan harga mahal, Morata ternyata cuma bertahan selama di Stamford Bridge. Dia mencetak 24 gol dari 72 pertandingan sebelum kembali ke Spanyol bersama Atletico Madrid.

13 dari 13 halaman

Kepa Arrizabalaga

Kepa Arrizabalaga diboyong Chelsea dari klub La Liga Athletic Bilbao pada musim 2018. Dengan biaya transfer sebesar 80 juta euro, Kepa pun menjadi kiper termahal di dunia.

Selama mengenakan seragam Chelsea, Kepa berhasil memenangkan Liga Chammpions, Liga Europa dan Piala Super Eropa. Dia sudah mencatatkan 110 penampilan bersama The Blues di berbagai ajang.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, 3/9/2021)

 

 

Video Populer

Foto Populer