Sukses


4 Kemenangan Paling Fenomenal Manchester United atas Liverpool di Era Premier League, Bisa Terulang Malam Ini?

Bola.com, Jakarta - Manchester United akan menjamu Liverpool dalam pertarungan klasik di Stadion Old Trafford, Minggu (24/10/2021). Liverpool diminta tak meremehkan meski belakangan performa Setan Merah tak konsisten. 

Harus diakui, meski memiliki pemain-pemain top seperti Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, Paul Pogba, Jadon Sancho, hingga David De Gea, performa racikan Ole Gunnar Solskjaer masih cukup mencemaskan. Hanya dua kemenangan yang mampu Manchester United raih dalam enam pertandingan terakhir di semua ajang (M2 S1 K3).

Sementara itu, Liverpool racikan Jurgen Klopp belum tersentuh kekalahan di semua kompetisi musim ini. The Reds menang sembilan kali dalam 12 pertandingan yang telah mereka lalui (M9 S3 K0). Mereka juga telah mencetak total 36 gol dan baru kebobolan 11 kali. Pilar utamanya adalah Mohamed Salah, yang sudah mengemas 12 gol dan empat assist.

Pekan lalu, Liverpool menggilas tuan rumah Watford 5-0, kemudian menaklukkan tuan rumah Atletico Madrid 3-2 di Liga Champions tengah pekan. Di lain pihak, MU tersungkur 2-4 di markas Leicester City, kemudian meraih comeback win 3-2 atas Atalanta.

Namun, duel Manchester United kontra Liverpool selalu menawarkan atmosfer berbeda. MU selalu punya motivasi berlipat agar tidak dipermalukan rival beratnya itu. 

Berikut ini empat kemenangan fenomenal dan emosional Manchester United atas Liverpool di era Premier League. 

 

2 dari 5 halaman

1. Liverpool 0-1 Manchester United (Premier League 2004/2005)

Meskipun pertandingan itu tak terlalu berpengaruh pada pacuan juara liga, pertandingan ini punya tempat cukup penting dalam persaingan klasik kedua tim. 

Manajer Liverpool saat itu, Rafael Benitez, akan menghadapi Sir Alex Ferguson untuk pertama kalinya di kandang. Hasilnya, tim besutan Benitez kalah.

Wayne Rooney mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan itu. Meskipun MU bermain dengan 10 pemain setelah Wes Brown diusir keluar lapangan, mereka tetap berhasil mendulang kemenangan.

Laga ini menjadi yang pertama kalinya United menang tiga kali berturut-turut melawan Liverpool di Premier League di Anfield.

Laga tersebut juga turut membuat Liverpool gagal finis di empat besar.

 

 

3 dari 5 halaman

2. Liverpool 1-2 Manchester United: Premier League 1992 / 1993

Dalam pertemuan pertama antara dua raksasa sepak bola Inggris itu di era Premier League, Manchester United keluar sebagai pemenang. Liverpool telah menjadi kekuatan yang mendominasi sepak bola Inggris sebelum Premier League datang, dan hanya sedikit yang memprediksi dominasi Liverpool di sepak bola Inggris akan diambil alih Manchester United.

Pertarungan itu berujung kemenangan tandang bagi United. Kendati legenda Liverpool, Welsh, mencetak gol, tapi MU lah yang mendulang tiga poin. 

Pada musim itu Setan Merah meraih titel pertama di era Premier League. 

 

4 dari 5 halaman

3. Liverpool 2-3 Manchester United: Premier League 1999 / 2000

Liverpool kembali menelan kekalahan kandang dari rival besar mereka. Seolah-olah menderita kekalahan kandang dari Manchester United tidak cukup buruk, Liverpool harus menyaksikan MU benar-benar berjaya tahun itu. 

Manchester United, yang baru saja meraih treble, kebobolan dua gol dari Patrick Berger dan Sami Hyypia, tetapi legenda Liverpool Jamie Carragher mengalami salah satu pertandingan liga terberat dalam karier fantastisnya di Liverpool dengan dua kali memasukkan bola ke gawangnya sendiri.

Andy Cole juga mencetak gol ke gawang Liverpool. United memenangkan gelar Premier League lagi sudah cukup buruk, tetapi kekalahan kandang dari rival mereka itu bisa dibilang salah satu alasan mengapa Liverpool gagal mengamankan tempat di Liga Champions, defisit dua poin dari Leeds United.

 

5 dari 5 halaman

4. Liverpool 1-2 Manchester United: Premier League 2002 / 2003

Manchester United hanya meraih kemenangan ganda kedua atas Liverpool di Premier League pada musim 2002/2003.

Ini dimulai dengan perjalanan ke Anfield saat MU menang 2-1. Sudah enam tahun sejak United terakhir menyapu rival Mersyside mereka dan berkat Diego Forlan momen manis itu terjadi lagi.

Kiper Liverpool Jerzy Dudek menjadi salah satu sosok yang paling dibenci di Liverpool setelah mengubah Diego Forlan menjadi pahlawan United.

Setelah dua kesalahan menghebohkan memberi Forlan dua gol di Anfield, karier Dudek di Liverpool menjadi sangat singkat. Sami Hyypia mencetak gol lagi melawan MU, tapi itu sia-sia.

Liverpool sekali lagi kehilangan tempat potensial di Liga Champions, bisa dibilang gara-gara kekalahan kandang mereka dari United.

Sumber: Bleacher Report 

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Premier League

  • SportBites

Video Populer

Foto Populer