Sukses


Liga Inggris: Pelatih Arsenal Bongkar Alasan Kenapa Sering Cadangkan Emile Smith-Rowe

Bola.com, Jakarta - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta mendapat kritikan pedas lantaran tak memaksimalkan potensi pemain mudanya dalam beberapa pertandingan terakhir di Liga Inggris 2021/2022. Adalah Emile Smith-Rowe yang menjadi gelandang andalan The Gunners.

Emile Smith-Rowe merupakan satu di antara pemain penting Arsenal musim ini untuk sektor tengah. Namun sang pelatih, Mikel Arteta, cukup sering memainkannya dari bangku cadangan belakangan ini.

Pemain berumur 21 tahun tersebut telah memainkan 21 laga di semua kompetisi. Ia menyumbangkan total sembilan gol dan dua asis. Beberapa golnya terbilang krusial dan membantu the Gunners bertengger di posisi empat klasemen Premier League.

Pada awal bulan Desember 2021 kemarin, Smith-Rowe sempat mengalami cedera. Meskipun tidak begitu parah, namun the Gunners tidak punya pilihan selain mengistirahatkannya di laga kontra Everton dan Southampton.

Smith-Rowe baru merumput lagi kala Arsenal menghadapi West Ham sebagai pemain pengganti dan berhasil mencetak satu gol. Dan sejak saat itu, Arteta jarang memainkan Smith Rowe sebagai starter.

 

 

2 dari 4 halaman

Kurang Bugar

Kendati kerap dimainkan sebagai pengganti, Smith Rowe tetap mampu memproduksi enampilan apik. Selain mencetak gol ke gawang West Ham, ia juga sukses mencetak gol kala melawan Leeds United dan Norwich City.

Namun itu belum mengubah isi pikiran Arteta. Smith Rowe bermain sebagai starter satu kali, yakni kala menghadapi Sunderland di Carabao Cup. Itu pun tidak selama 90 menit penuh.

Bahkan ketika menghadapi Manchester City sekalipun, sang gelandang cuma diberi kesempatan bermain selama 19 menit. Tentu saja Mikel Arteta harus menghadapi pertanyaan seputar ini dalam konferensi pers jelang laga melawan Nottingham Forest.

"Alasan utama di balik Emile Smith-Rowe jarang bermain sebagai starter adalah karena dia belum benar-benar bugar untuk bermain," kata Arteta, dikutip dari Metro.co.uk.

3 dari 4 halaman

Sering Dipaksa Tampil

Ternyata Smith Rowe belum benar-benar pulih. Bukan cuma tidak bisa bermain secara reguler, ia bahkan tak mampu untuk mengikuti sesi latihan penuh. Namun Arteta tak punya banyak pilihan selain memaksakan Smith-Rowe buat ikut serta.

"Dia sedang mengalami masalah, dan itu membuatnya tidak bisa berlatih secara reguler, bermain secara reguler, dan itu masalah utamanya," lanjut Mikel Arteta.

"Karena performanya, dan apa yang dia lakukan sebelum jeda internasional - tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa dia salah satu pemain penting dan terkonsisten kami."

"Itulah mengapa kami membutuhkan itu, kami menaikkan level. Setiap pemain menaikkan level pemain yang ada di dekatnya, dan inilah cara anda membuat sebuah tim jadi berevolusi," pungkasnya.

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 8/1/2022)

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Arsenal di Premier League

Video Populer

Foto Populer