Sukses


Liga Inggris: Andrew Robertson Disebut Sebagai Bek Kiri Terbaik di Dunia, Begini Jawaban Jurgen Klopp

Bola.com, Jakarta - Bek kiri Liverpool, Andrew Robertson kembali menjadi buah bibir dengan tampil apik kala menghadapi Arsenal di ajang Carabao Cup 2021/2022. The Reds menang 2-0 atas Arsenal dalam leg kedua semifinal di Emirates Stadium, Jumat (21/1/2022) dini hari WIB.

Kedua gol kemenangan Liverpool diborong oleh Diogo Jota dan membuat timnya melenggang ke partai final. Meski demikian, kredit plus juga layak diberikan untuk Andrew Robertson yang tampil menawan.

Liverpool beruntung memiliki Andrew Robertson di sisi kiri pertahanannya. Kemampuan bertahan dan menyerang yang sama baiknya membuat pria berumur 27 tahun tersebut kerap mendapatkan pujian setinggi langit.

Pemain asal Skotlandia itu merupakan bek sayap yang rajin membantu serangan dan mengirimkan umpan silang terukur dari sisi lapangan. Sama baiknya ketika dirinya harus menghentikan pergerakan winger-winger berbahaya dunia.

Andrew Robertson berhasil menetralisir pergerakan Bukayo Saka yang kerap merepotkan pertahanan. Hasilnya, gawang Liverpool sama sekali tidak bergetar karena bola yang menghujam jala. Mereka mencatatkan clean sheet dan yang terpenting, menang dengan skor 2-0. Hasil tersebut membuat the Reds berhak lolos ke partai puncak.

 

 

2 dari 4 halaman

Komentar Pelatih

Banyak yang melabeli Andrew Robertson sebagai bek kiri terbaik di dunia saat ini, dan itu memang sudah sepantasnya. Jurgen Klopp selaku pelatih Liverpool setuju dengan itu, tapi tidak menganggapnya sebagai hal penting.

"Buat saya iya, tapi saya tidak begitu yakin kalau itu penting, jujur saja. Buat saya, sudah pasti. Pemain luar biasa dan punya perpaduan kemampuan dan mentalitas yang membuatnya jadi sangat spesial," kata Klopp dikutip dari situs resmi klub.

"Anda lihat situasi ketika dia mengendalikan bola bahwa dia adalah pesepakbola yang bagus, tapi hasrat dalam setiap laga ketika dia sangat ingin mempertahankan areanya, saya pikir itulah perkembangan terbesarnya sejak dia datang," ucap pelatih asal Jerman.

3 dari 4 halaman

Kemampuan Lengkap

Klopp melanjutkan opininya soal kualitas Robertson. Ketika pertama kali datang di Anfield, pelatih asal Jerman tersebut mengatakan bahwa Robertson masih punya beberapa aspek yang harus diperbaiki meski sudah memiliki potensi besar.

Robertson memperbaiki kelemahannya dan kini menjadi pemain yang lengkap. Liverpool memiliki beberapa pemain seperti ini di area-area lain, dan itulah yang dirasa Klopp sebagai alasan mengapa the Reds bisa sukses.

"Itu menjadi sedikit masalah pada awalnya, ketika dia datang ke kami dari Hull; dia sudah menjadi talenta yang luar biasa, tapi dari segi pertahanan tidak begitu baik. Namun dia berkembang pesat dan sekarang sudah lengkap," kata Klopp.

"Kedua bek sayap kami sudah jelas cukup baik. Bahwa kami punya pemain seperti ini di beberapa posisi yang berbeda adalahalasan mengapa kami cukup sukses di masa lalu - tidak sesukses yang dinginkan banyak orang, tapi kami tampil apil dan alasannya karena anak-anak adalah sekelompok orang yang luar biasa," tegasnya.

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 21/1/2022)

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Posisi Liverpool di Premier League

Video Populer

Foto Populer