Sukses


Liga Inggris: Kepa Arrizabalaga dan 9 Rekrutan Termahal Chelsea Era Roman Abramovich

Bola.com, Jakarta - Roman Abramovich sangat royal terhadap Chelsea. Ia bisa sangat kejam karena bisa kapan saja memecat manajer yang dianggapnya gagal. Tapi itu dilakukannya semata-mata kecintaannya terhadap The Blues.

Selama menjadi pemilik Chelsea, Roman Abramovich seringkali menggelontorkan uang dalam jumlah sangat banyak untuk membeli satu pemain.

Kamis (3/2/2022) dini hari WIB, Abramovich merilis pernyataan resmi bahwa dia akan menjual Chelsea. Sepekan terakhir muncul gosip terkait hal itu dan kini pernyataan resmi Abramovich mengonfirmasinya.

"Saya ingin merespons spekulasi di media dalam beberapa hari terakhir terkait hubungan saya sebagai pemilik Chelsea FC. Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya selalu mengambil keputusan dengan mengutamakan kepentingan klub," ujar Abramovich.

"Dalam situasi ini, saya telah mengambil keputusan untuk menjual klub, sebab saya percaya inilah yang terbaik untuk klub, fans, para pekerja, juga untuk sponsor dan partner."

Lantas, siapa saja pembelian termahal Chelsea di era Roman Abramovich? Berikut daftar selengkapnya.

 

2 dari 12 halaman

Mateo Kovacic

Kovacic diboyong Chelsea dari Real Madrid pada 2019 lalu dengan biaya transfer senilai 40 juta poundsterling setelah di musim sebelumnya bergabung dengan status pinjaman.

Sejak musim 2020/21 kemarin, Kovacic menjadi langganan starter di lini tengah Chelsea, dan menjadi salah satu kunci kesuksesan The Blues dua musim terakhir.

 

3 dari 12 halaman

Ben Chilwell

Ben Chilwell baru menembus tim utama Leicester City pada musim 2016/17 lalu. Chilwell pun menunjukkan performa konsisten yang membuat Chelsea kepincut.

Chelsea pun rela menggelontorkan dana senilai 45 juta poundsterling untuk memboyong Chilwell ke Stamford Bridge pada musim panas 2020 lalu.

 

4 dari 12 halaman

Timo Werner

Werner direkrut Chelsea dari RB Leipzig dengan biaya mencapai 47,5 juta poundsterling pada musim panas 2020. Wajar jika ekspektasi tinggi disematkan terhadap penyerang internasional Jerman tersebut.

Werner pun sempat tampil apik di awal kariernya bersama Chelsea. Namun, setelah itu performanya mengalami penurunan signifikan. Dari 76 laga yang ia lakoni di semua kompetisi, Werner menyumbang 19 gol bagi Chelsea.

 

5 dari 12 halaman

Jorginho

Jorginho direkrut Chelsea dari Napoli pada 2018 silam dengan biaya 50 juta poundsterling. Chelsea mengalahkan Manchester City dalam perburuan sang gelandang.

Jorginho pun menjadi salah satu pilar kunci Chelsea ketika menjuarai Liga Champions musim 2020/21 kemarin. Secara keseluruhan, ia tampil dalam 43 laga dengan menyumbang delapan gol di semua kompetisi musim lalu.

 

6 dari 12 halaman

Fernando Torres

Chelsea membuat sepak bola Inggris gempar ketika membajak Fernando Torres dari sang rival, Liverpool pada Januari 2011 silam. Kala itu, Chelsea mengeluarkan uang senilai 50 juta poundsterling untuk memboyong Torres.

Sayang, Torres tak mampu menjawab ekspektasi tinggi yang disematkan padanya di Chelsea. Meski demikian, ia berjasa mempersembahkan trofi Liga Champions bagi The Blues.

 

7 dari 12 halaman

Christian Pulisic

Pulisic masih belum mampu menunjukkan puncak performanya sejak diboyong dari Borussia Dortmund dengan banderol 57 juta poundsterling pada 2019 lalu.

Cedera kambuhan menjadi masalah utama yang mengganggu perkembangan karier Pulisic di Chelsea.

 

8 dari 12 halaman

Alvaro Morata

Chelsea membuat keputusan mengejutkan kala menggaet Alvaro Morata dari Real Madrid dengan biaya 60 juta poundsterling pada 2017 silam. Padahal, di Real Madrid sebelumnya Morata gagal mendapat tempat utama.

Morata pun sejatinya memulai kiprahnya bersama Chelsea dengan cukup impresif. Namun, performanya perlahan menurun sampai ia dipinjamkan ke Atletico Madrid.

 

9 dari 12 halaman

Kepa Arrizabalaga

Chelsea kembali menjadi perbincangan ketika merekrut Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao dengan biaya 71 juta poundsterling pada 2018 silam. Nilai itu pun membuat Kepa menjadi kiper termahal di dunia.

Sayang, Kepa tak mampu menunjukkan performa konsisten di Chelsea. Alhasil, Chelsea pun memutuskan untuk menggaet Edouard Mendy,

 

10 dari 12 halaman

Kai Havertz

Chelsea merekrut Havertz dengan biaya transfer yang tidak murah. The Blues harus merogoh kocek mereka sedalam 72 juta poundsterling untuk menggaet Havertz dari Leverkusen.

Havertz sempat kesulitan untuk nyetel di skuad Chelsea. Pemain internasional Jerman itu pun sempat dihantam kritik tajam dari banyak pihak.

Namun, secara perlahan Havertz mampu menunjukkan performa terbaiknya dan ia menjadi pahlawan kemenangan Chelsea di partai final Liga Champions musim lalu.

 

11 dari 12 halaman

Romelu Lukaku

Untuk memperkuat lini depan mereka, Chelsea memboyong sang mantan striker, Romelu Lukaku dari Inter Milan dengan biaya 97,7 juta poundsterling pada musim panas 2021 kemarin.

Lukaku pun sempat tampil impresif di awal kedatangannya di Chelsea. Namun, perlahan performanya mulai menurun. Lukaku pun kerap dihujani kritik.

Sumber: Football Transfers

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga, published 3/3/2022)

12 dari 12 halaman

Posisi Chelsea Saat Ini

Video Populer

Foto Populer