Sukses


Liga Inggris: David De Gea dan 5 Pemain Asal Spanyol yang Berkarier di MU

Bola.com, Jakarta - Tak banyak pemain asal Spanyol yang melegenda bersama Manchester United (MU). Saat ini, ada David De Gea dan Juan Mata, duo Espana yang awet dan telah memenangkan beberapa gelar bersama Setan Merah.

MU membeli David de Gea dari Atletico Madrid pada tahun 2011. Kiper asal Spanyol tersebut ditebus Setan Merah dengan biaya yang mencapai 25 juta euro.

De Gea datang ke Old Trafford pada saat usianya menginjak 21 tahun. Namun, De Gea pada akhirnya berhasil menjelma menjadi salah satu kiper terbaik dunia selama bermain untuk Setan Merah.

Sampai sejauh ini, De Gea sudah mencatatkan 477 penampilan di semua kompetisi untuk MU. De Gea juga berhasil memenangkan tujuh gelar di klub termasuk Premier League.

Berikut ini lima pemain MU asal Spanyol lainnya:

 

2 dari 7 halaman

Ricardo

Ricardo bergabung dengan Manchester United pada tahun 2002. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang tersebut ditebus dari Valladolid dengan nominal transfer senilai 1,5 juta pounds.

Ricardo datang ke Old Trafford untuk menjadi deputi Fabien Barthez yang cedera dan pelapis Roy Carroll. Karena itulah, dia jarang mendapat kesempatan bermain bersama Setan Merah.

Mantan pemain Atletico Madrid tersebut hanya mencatatkan lima penampilan di MU. Setelah sempat dipinjamkan ke Racing Santander, Ricardo akhirnya dilepas ke Osasuna pada 2005.

 

3 dari 7 halaman

Gerard Pique

Manchester United merekrut Gerard Pique yang saat itu berusia 17 tahun dari Barcelona pada 2004. Namun, Pique gagal mendapat kesempatan bermain reguler saat kariernya di Old Trafford.

Selama empat tahun di MU, Pique sempat menjalani masa peminjaman bersama Zaragoza pada musim 2006/2007. Dia tercatat hanya bermain dalam 23 pertandingan di semua kompetisi untuk Setan Merah.

Pique akhirnya memutuskan kembali ke Barcelona pada 2008. Di Camp Nou, Pique berkembang menjadi salah satu bek tengah terbaik di dunia dan sudah memenangkan banyak gelar di sana.

 

4 dari 7 halaman

Juan Mata

Setelah tak dibutuhkan di Chelsea, Juan Mata memutuskan pindah ke Manchester United pada Januari 2014. Setan Merah mengeluarkan 44,73 juta euro untuk memboyong gelandang asal Spanyol tersebut ke Old Trafford.

Pemain yang kini berusia 33 tahun tersebut telah bermain dalam 277 pertandingan di semua kompetisi untuk Setan Merah. Dia berhasil mencetak 51 gol dan 47 assist dari penampilannya tersebut.

Mata belum pernah mencicipi gelar juara Premier League bersama Setan Merah. Namun, dia pernah mengangkat FA Cup, EPL Cup, Community Shield dan Liga Europa.

 

5 dari 7 halaman

Ander Herrera

Ander Herrera bergabung dengan Manchester United di tahun 2014 pada era kepemimpinan Louis van Gaal. Saat itu, MU mengeluarkan 36 juta euro memboyong sang pemain dari Athletic Bilbao.

Herrera cukup populer di kalangan penggemar Setan Merah. Gelandang asal Spanyol tersebut mencatatkan 189 penampilan di semua kompetisi untuk klub dengan torehan 20 gol dan 27 assist.

Namun, Herrera pada akhirnya meninggalkan MU pada musim panas 2019. Dia pindah ke Paris Saint-Germain secara cuma-cuma setelah kontraknya bersama Setan Merah berakhir.

 

6 dari 7 halaman

Victor Valdes

Manchester United merekrut Victor Valdes pada Januari 2015. Kiper asal Spanyol menandatangani kontrak 18 bulan dengan opsi perpanjangan satu tahun di Old Trafford.

Namun, Valdes tidak pernah menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang untuk klub Premier League tersebut. Dia bahkan sempat berseteru dengan manajer Setan Merah kala itu Louis van Gaal.

Valdes hanya mencatatkan dua penampilan bersama Setan Merah. Sempat dipinjamkan ke Standard Liege, Valdes akhirnya dilepas secara permanen pada musim panas 2016.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 15/3/2022)

7 dari 7 halaman

Posisi MU Saat Ini

Video Populer

Foto Populer