Sukses


Liga Inggris: Pidato Terakhir Roman Abramovich untuk Chelsea

Bola.com, London - Roman Abramovich merilis pidato terakhirnya sebagai pemilik Chelsea setelah pengambilalihan klub oleh Todd Boehly disetujui.

Chelsea mengonfirmasi bahwa telah ada kesepakatan tentang penjualan klub kepada tokoh terkemuka Amerika Serikat, Todd Boehly, pemimpin konsorsium Clearlake Capital.

Boehly membeli seluruh aset Chelsea dengan uang sebesar £4,25 miliar. Serah terima jabatan akan dilakukan pada Senin waktu setempat.

Sebuah pernyataan singkat di situs web Chelsea berbunyi, "Chelsea mengkonfirmasi kesepakatan untuk menjual klub ke konsorsium Todd Boehly/Clearlake Capital dengan transaksi diharapkan akan selesai pada hari Senin."

 

2 dari 5 halaman

Pidato Terakhir

Dan hanya beberapa jam kemudian, Abramovich telah merilis pernyataan kepada para fans bahwa waktunya sebagai pemilik Chelsea akan berakhir.

"Sudah hampir tiga bulan sejak saya mengumumkan niat saya untuk menjual Chelsea FC. Selama waktu ini, tim telah bekerja keras untuk menemukan pemilik yang tepat untuk Chelsea FC yang memiliki posisi terbaik untuk memimpin Klub ke babak berikutnya dengan sukses."

"Kepemilikan klub ini datang dengan tanggung jawab yang besar. Sejak saya datang ke Chelsea hampir dua puluh tahun yang lalu, saya telah menyaksikan secara langsung apa yang bisa dicapai klub ini. Tujuan saya adalah untuk memastikan bahwa pemilik berikutnya memiliki pola pikir yang akan memungkinkan kesuksesan, serta keinginan dan dorongan untuk terus mengembangkan aspek-aspek kunci lain dari klub, seperti Akademi dan pekerjaan vital dari Yayasan Chelsea. Saya senang pencarian ini sekarang telah sampai pada kesimpulan yang sukses."

"Saat saya menyerahkan Chelsea kepada pemilik baru, saya ingin mendoakan yang terbaik untuk kesuksesan mereka, baik di dalam maupun di luar lapangan. Merupakan suatu kehormatan seumur hidup untuk menjadi bagian dari klub ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pemain, staf, dan tentu saja para fans Chelsea untuk tahun-tahun yang luar biasa ini."

"Saya bangga bahwa sebagai hasil dari keberhasilan bersama kami, jutaan orang sekarang akan mendapat manfaat dari yayasan amal baru yang sedang didirikan. Ini adalah warisan yang telah kita ciptakan bersama."

"Terima kasih. Roma."

3 dari 5 halaman

Hampir Jatuh ke Tangan Miliarder Inggris

Chelsea menunjuk bank dagang yang berbasis di New York bernama Raine Group untuk mengurus proses pembelian klub. Mereka juga yang telah mengurus segala keuangan The Blues selama bertahun-tahun.

Pengusaha Inggris, Sir Jim Ratcliffe, sebetulnya hampir menjadi pemilik Chelsea seutuhnya. Ia menawarkan dana dengan jumlah yang sama seperti Todd Boehly.

Abramovich akhirnya berhasil menguangkan Chelsea. Untuk memastikan pemerintah Inggris dan Komisi Eropa menandatangani kesepakatan, uang penjualan akan dibayarkan melalui 'rekening bersama', di mana nantinya uang tersebut terdistribusi ke korban perang Rusia-Ukraina.

Todd Boehly dilaporkan bakal menyuntikkan dana sebesar 1,75 miliar pounds langsung ke kas Chelsea, dengan total pengambilalihan mencapai 4,25 miliar pounds.

4 dari 5 halaman

Langkah Selanjutnya?

Jika semua berjalan lancar, segala sanksi yang dijatuhkan kepada Chelsea akan membuat roda finansial bisa kembali lancar, termasuk dalam manuver bursa transfer.

Sebelumnya, Chelsea tidak dapat melakukan negosiasi kontrak dengan anggota skuad yang ada saat beroperasi di bawah lisensi khusus. Akibatnya, beberapa pemain yang habis kontrak per Juni 2022 dipastikan hengkang, termasuk Antonio Rudiger dan Andres Christensen.

Sumber telah mengatakan kepada ESPN bahwa pemilik baru Chelsea diharapkan untuk mendukung pelatih Thomas Tuchel dengan dana yang signifikan untuk meningkatkan skuad sementara negosiasi kontrak dengan pemain, termasuk trio lini tengah N'Golo Kante, Jorginho dan Mason Mount.

Pembatasan lebih lanjut yang mencegah pembukaan megastore klub dan hotel stadion juga sekarang akan dicabut.

Sumber: Chelsea

5 dari 5 halaman

Posisi Chelsea Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer