Sukses


Liga Inggris: Kisah Graeme Souness di Newcastle, Ternyata Tidak Menginginkan Transfer Michael Owen

Bola.com, Jakarta - Graeme Souness pernah digadang sebagai salah satu bakat manajer terbaik yang dimiliki Inggris. Tercatat ia pernah menjadi juru taktik Liverpool, Southampton sampai Newcastle United.

Nah baru-baru ini Graeme Souness menceritakan kembali fakta soal transfer Michael Owen ketika dirinya menjabat manajer Newcastle United.

Newcastle memang membuat dunia heboh ketika merekrut Michael Owen dari Real Madrid jelang musim 2005/2006. Heboh karena saat itu, Newcastle mengeluarkan kocek 17 juta paun.

Nilai 17 juta paun membuat Owen jadi pembelian termahal sepanjang sejarah Newcastle kala itu.

2 dari 5 halaman

Tidak Diinginkan Graeme Souness

Namun siapa sangka, Graeme Souness menyebut transfer Michael Owen ke Newcastle tidak diinginkannya.

Menurut Owen adalah pemain yang diinginkan pemilik Newcastle saat itu, Freddie Shepherd. Sementara Souness sendiri lebih menyukai pemain lain.

Souness menceritakan dirinya lebih suka merekrut Nicolas Anelka ketimbang Owen.

3 dari 5 halaman

Komentar Souness

"Kisah Michael Owen, siapa yang tidak menginginkan Michael Owen? Dia adalah pemain yang sedikit berperan di Real Madrid," cerita Souness saat diwawancara talkSPORT.

"Saya menginginkan Nicolas Anelka yang berada di Fenerbahce saat itu. Saya telah bertemu dengan perwakilannya dan dia siap untuk datang."

"Tapi dia tidak dapat diterima Freddy Shepherd, dia tidak menginginkannya," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Rejam Jejak Buruk Owen

Performa Michael Owen di Newcastle sendiri tidak sesuai ekpektasi. Dia lebih banyak bergelut dengan cedera selama empat musim memperkuat tim.

Owen justru mulai bersinar ketika Souness sudah tidak di tim. Pada musim 2007/2008, jadi tahun terbaik Owen bersama Newcastle.

Pada musim tersebut, ia membukukan sebelas gol di Liga Inggris. Musim berikutnya, ia mencetak delapan gol dan pindah ke Manchester United musim 2009/2010.

Sumber: talkSPORT

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan Liga Inggris 2022/2023

Video Populer

Foto Populer