Sukses


4 Pemain Asia yang Menjalani Karier di Liga Inggris Musim Ini: Son Heung-min Paling Mencolok

Bola.com, Jakarta - Pesepak bola Asia semakin mendapatkan tempat di sepak bola Eropa. Bahkan, beberapa di antaranya menjalani karier di Premier League musim ini.

Pemain asal Asia acap kali dianggap remeh ketika bermain di Eropa. Faktor postur tubuh yang tak begitu kukuh layaknya pemain Eropa, menjadi satu di antara penyebab pesepak bola Asia sulit bersaing.

Stigma itu mulai terkikis berkat talenta-talenta Asia yang mampu memperlihatkan kualitasnya saat membela klub Premier League.

Park Ji-sung, misalnya, menjadi pemain Asia paling sukses di Inggris saat memperkuat Manchester United. Dia berhasil meraih empat gelar Premier League selama kariernya.

Hal itu menjadi motivasi pemain Asia lain untuk terus berkembang dan bersaing di tanah Inggris. Musim 2022/2023 tercatat ada minimal empat pemain Asia yang bermain di Premier League. Berikut ini daftarnya.

 

2 dari 6 halaman

Son Heung-min

Musim lalu, menjadi musim yang begitu gemilang bagi Son Heung-min. Bintang asal Korea Selatan itu telah sukses meraih gelar sebagai top skorer Premier League dengan lesakan 23 gol bersama bintang Liverpool, Mohamed Salah.

Tak pelak, Son menjadi pemain Asia pertama peraih sepatu emas Premier League. Keberhasilan Son Heung-min sedikit banyak mengangkat martabat pemain Asia di Eropa bahwa mereka tak bisa dianggap remeh lagi.

Pada musim ini, pemain berusia 30 tahun itu sudah mengemas dua kali penampilan di Premier League dan mencetak satu assist.

 

3 dari 6 halaman

Takehiro Tomiyasu

Arsenal kembali bernuansa Asia setelah musim lalu membeli Takehiro Tomiyasu. Pemain asal Jepang itu ditransfer sebesar 18 juta euro dari klub Serie A, Bologna.

Tomiyasu berhasil menjawab kepercayaan yang diberikan Mikel Arteta. Setelah kedatangannya, Arsenal yang sebelumnya kesulitan bersaing di papan atas merangkak naik ke peringkat lima di klasemen akhir Premier League.

Meskipun menjelang akhir musim lalu cukup sering masuk ke meja perawatan, pemain berusia 23 tahun tersebut sudah kembali menjadi andalan Arteta. Dia bakal jadi andalan di posisi bek kanan pada musim 2022/2023.

 

4 dari 6 halaman

Kaoru Mitoma

Eks pemain Kawasaki Frontale, Kaoru Mitoma, bakal menjajal ketatnya persaingan Premier League bersama Brighton and Holve Albion.

Winger berusia 25 tahun itu direkrut Brighton dari Kawasaki pada 2021. Pada tahun itu juga dia langsung dipinjamkan ke klub Belgia, Union SG.

Mitoma berhasil mencatat lima gol dalam 21 pertandingan liga musim lalu dan mencetak dua gol lagi pada playoff untuk Union SG. Dia juga turut andil dalam membawa Les Unionistes mengakhiri musim dengan menempati posisi dua di akhir klasemen Liga Belgia.

Mitoma dianggap sebagai satu di antara pemain Jepang yang punya prospek cerah. Dia pernah masuk nominasi Best XI Meiji Yasuda J1 League pada 2020 lalu. Bakatnya yang cukup menonjol membuat Brighton tertarik untuk merekrutnya pada 2021.

Musim ini Mitoma baru mencatat debut dari bangku cadangan saat Brighton bermain imbang melawan Newcastle United pada pekan kedua Premier League.

 

5 dari 6 halaman

Hwang Hee-chan

Pada jendala transfer musim panas 2021, dia bergabung dengan Wolverhampton Wanderers. Pemain Asia yang masih berusia 25 tahun itu didatangkan dengan status pemain pinjaman dari RB Leipzig. Nilai transfernya sekitar 17 juta euro (sekita Rp256 miliar).

Hwang Hee Chan pernah menghadapi Evan Dimas di Piala Asia U-19 pada 2014. Namun, dia mampu berkembang baik di Eropa.

Hwang mencuri perhatian publik saat menghadapi Liverpool pada babak penyisihan Liga Champions 2018/2019. Dia mampu mencetak satu assist dan satu gol setelah memperdaya Van Dijk sampai jatuh bangun.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Radyan/Asad Arifin/Published: 18/08/2022)

6 dari 6 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer