Sukses


Liga Inggris: Deretan Bek Chelsea asal Prancis Sebelum Wesley Fofana

Bola.com, Jakarta - Chelsea dilaporkan berhasil mendapatkan Wesley Fofana menjelang ditutupnya bursa transfer musim panas 2022. Leicester City sepakat melepas bek tengah berusia 21 tahun itu ke The Blues.

Chelsea dikabarkan merogoh kocek hingga 75 juta pounds untuk mendatangkan Fofana ke Stamford Bridge. Dia akan menjadi tandem Kalidou Koulibaly di lini belakang The Blues.

Fofana bakal diikat dengan kontrak berdurasi enam tahun atau hingga Juni 2028 di Chelsea. Dia akan menjadi rekrutan termahal The Blues di era kepemilikan Todd Boehly.

Kehadiran Fofana akan menambah kualitas di lini belakang Chelsea. Selain itu, Fofana juga akan menambah daftar bek tengah asal Prancis yang dimiliki The Blues.

Berikut ini enam bek tengah asal Prancis di Chelsea sebelum Wesley Fofana.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 8 halaman

Malang Sarr

Malang Sarr bergabung dengan Chelsea pada 2020 dari Nice. Sayangnya, karier bek asal Prancis tersebut di Stamford Bridge tidak berjalan mulus.

Sarr tidak mendapat kesempatan bermain reguler setelah datang ke Chelsea. Pemain berusia 23 tahun bahkan sebelumnya sempat dipinjamkan ke Porto.

Sarr cuma memainkan 21 pertandingan untuk Chelsea. Kini Sarr tidak masuk dalam rencana Thomas Tuchel pada musim ini dan dipinjamkan ke AS Monaco.

3 dari 8 halaman

Kurt Zouma

Kurt Zouma datang ke Chelsea pada 2014 usai dibeli dari Saint-Etienne. Perjalanan karier Zouma terbilang naik turun di Stamford Bridge.

Zouma memainkan 151 penampilan bersama Chelsea dengan menyumbang 10 gol. Bek asal Prancis tersebut juga sempat dipinjamkan ke Stoke City dan Everton.

Bersama Chelsea, Zouma ikut merasakan gelar Premier League, Liga Champions serta Piala Super Eropa. Dia akhirnya meninggalkan The Blues secara permanen pada 2021 dengan bergabung West Ham.

4 dari 8 halaman

William Gallas

William Gallas datang ke Chelsea dari Marseille pada musim panas 2001. Kedatangan Gallas di Stamford Bridge berdampak positif bagi The Blues.

Gallas membentuk duet yang tangguh dengan Marcel Desailly maupun John Terry. Gallas juga turut membantu The Blues meraih dua gelar Premier League secara beruntun.

Gallas tercatat memainkan 225 pertandingan dengan mencetak 14 gol dan enam assist untuk The Blues. Setelah bermain selama lima musim di Chelsea, Gallas memutuskan hengkang ke Arsenal.

5 dari 8 halaman

Marcel Desailly

Setelah menjuarai Piala Dunia 1998 bersama Prancis, Marcel Desailly bergabung dengan Chelsea. Dia kemudian menjadi pemain andalan di lini belakang The Blues.

Selama enam musim di Stamford Bridge, Desailly membuat 218 penampilan untuk Chelsea dengan mencetak tujuh gol dan dua assist. Dia juga memenangkan satu Piala FA, Piala Super Eropa dan FA Charity Shield.

Desailly kemudian meninggalkan Stamford Bridge setelah kedatangan Jose Mourinho pada 2004. Dia melanjutkan kariernya di Al-Gharafa SC dan Qatar SC selepas membela The Blues.

6 dari 8 halaman

Frank Lebeouf

Chelsea mendatangkan Frank Leboeuf pada 1996 dari Strasbourg. Leboeuf kemudian menjadi sosok yang populer di Stamford Bridge.

Bek asal Prancis tersebut membuat 197 penampilan di semua kompetisi selama lima musim di London Barat. Leboeuf menyumbang 23 gol dan satu assist dari penampilannya tersebut.

Leboeuf membantu Chelsea meraih banyak gelar seperti Piala FA, Piala Winners dan Piala Super Eropa. Setelah membela Chelsea, Leboeuf kembali ke Prancis dengan memperkuat Marseille.

7 dari 8 halaman

Bernard Lambourde

Bernard Lambourde bergabung dengan Chelsea pada 1997 dari Bordeaux. Bek asal Prancis tersebut tercatat membela The Blues selama empat tahun.

Akan tetapi, Lambourde sering berada di bangku cadangan selama terikat kontrak dengan Chelsea. Dia juga sempat dipinjaman ke Portsmouth pada tahun 2000.

Meski jarang main, Lambourde ikut memenangkan Piala Super Eropa dan Charity Shield bersama Chelsea. Dia memainkan 59 pertandingan untuk The Blues sebelum kembali ke Ligue 1 untuk membela Bastia.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 29/8/2022)

8 dari 8 halaman

Yuk Tengok Posisi Chelsea Musim Ini

Video Populer

Foto Populer