Sukses


MU Kedua, Inilah 4 Tim Liga Inggris Paling Boros pada Bursa Transfer Musim Panas 2022

Bola.com, Jakarta - Berakhir sudah bursa transfer musim panas 2022. Premier League jadi kompetisi paling boros di antara liga-liga top Eropa lainnya, di mana Chelsea dan Manchester United (MU) paling banyak membelanjakan pemain.

Dilansir dari Deloitte, klub-klub Liga Inggris telah melakukan aktivitas jual-beli pemain dengan nilai begitu fantastis. Tim mapan seperti Chelsea, Manchester United hingga Liverpool telah memecahkan rekor transfer.

Bila ditotal, klub peserta Premier League menghabiskan biaya belanja pemain sebesar lebih dari 1,5 miliar pounds atau sekitar Rp 26 triliun pada bursa transfer musim panas ini. Angka yang cukup mencengangkan.

Berikut beberapa kesebelasan Premier League yang paling boros di bursa transfer musim panas 2022/2023.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Tottenham

Tottenham menjadi salah satu tim yang begitu aktif di bursa transfer musim panas ini. Pelatih Antonio Conte mendapat dukungan dari direksi Tottenham.

The Lilywhites mengeluarkan hampir 100 juta pound untuk dua pemain, Richarlison dari Everton dan mempermanenkan bek Cristian Romero dari Atalanta.

Conte juga menambal lapangan tengah dengan mendatangkan Yves Bissouma dari Brighton (26,2 juta pound) dan bek kanan dengan kedatangan Djed Spence dari Middlesbrough (13,2 juta). Total tim yang bermarkas di Tottenham Hotspur Stadium menghabiskan dana 152 juta pound (sekitar 2,6 triliun).

3 dari 6 halaman

West Ham

Tak disangka, West Ham masuk daftar klub Premier League terboros dalam bursa transfer musim ini. Tim yang diarsiteki David Moyes menghabiskan dana sekitar 163 juta pound (sekitar Rp 2,8 triliun).

Setengah lebih pengeluaran West Ham adalah untuk merekrut tiga pemain, Lucas Paqueta dari Lyon (38 juta pound), Gianluca Scamacca dari Sassuolo (32,4 juta pound), dan Naif Anguerd dari Stade Rennais (31,5 juta pound).

Kubu Hammers juga membeli Maxwell Cornet (18 juta pound) dari Burnley, Emerson (13,86 juta pound) dari Chelsea, dan Thilo Keherer (10,8 juta pound) dari PSG.

4 dari 6 halaman

Manchester United

Kedatangan Erik Ten Hag sebagai nakhoda baru Manchester United dibarengi dengan aktivitas membangun kembali tim alias membeli pemain baru.

Beberapa pemain didatangkan untuk mendukung skema permainan yang diusung oleh Meener Belanda. Pemain itu antara lain, Tyrell Malacia (13,5 juta pound), Lisandro Martinez (51,6 juta pound), dan Casemiro (64,5 juta pound) didatangkan untuk membenahi lini belakang.

Kendati gagal mendatangkan Frenkie de Jong, Ten Hag berhasil merekrut target penyerang utamanya, Antony (85 juta pound). Total manajemen MU menggelontorkan dana 214 juta pound (sekitar Rp 3,6 triliun) pada bursa transfer musim ini.

5 dari 6 halaman

Chelsea

Chelsea era Todd Boehly keluar sebagai klub dengan belanja paling boros pada bursa transfer musim panas 2022. Total mereka mendatangkan sembilan pemain di bursa transfer musim ini.

Mereka adalah Wesley Fofana (72,3 juta pound), Marc Cucurella (58,7 juta pound), Raheem Sterling (50,5 juta pound), Kalidou Koulibaly (34 juta pound). Setelah itu ada nama Carney Chukwuemeka (16 juta pound), Cesare Casadei (13 juta pound), Gabriel Slonina (8 juta pound), disusul oleh Pierre-Emerick Aubameyang (10 juta pound) yang kedatangannya persis sebelum jeda berakhir.

Wesley Fofana menjadi rekrutan termahal The Blues pada musim panas 2022. Bek tengah asal Perancis itu ditebus kubu London Barat dengan mahar 70 juta pound (sekitar Rp 1,2 triliun). Secara total, Chelsea telah mengeluarkan biaya sebesar 240 juta pound (sekitar Rp 4,4 triliun) pada musim panas 2022.

Disadur dari: Bola.net (Yoga Radyan, published 2/9/2022)

6 dari 6 halaman

Persaingan di Liga Inggris 2022/2023

Video Populer

Foto Populer