Sukses


5 Sosok yang Bisa Menggantikan Jurgen Klopp di Liverpool: Steven Gerrard Terdepan

Bola.com, Jakarta - Penampilan Liverpool di musim 2022/2023 sejauh ini masih kurang memuaskan. The Reds terpuruk di posisi ke-10 klasemen sementara Premier League 2022/2023.

Terbaru, Liverpool kalah 2-3 dari Arsenal di ajang Premier League. Itu merupakan kekalahan kedua yang diderita The Reds di Premier League musim ini.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp pun mulai disorot. Posisi Klopp sebagai Gaffer Liverpool mulai digoyang.

Apalagi, Klopp punya sejarah menarik. Tim asuhannya selalu kesulitan ketika memasuki musim ketujuh ditangani Klopp. Hal itu juga terjadi di klub yang sebelunnya ia latih.

Kontrak Klopp di Liverpool masih akan berlangsung sampai musim panas 2026. Namun, manajemen The Reds bisa saja melakukan tindakan ekstrem dengan memecat Klopp jika performa Jordan Henderson dkk tak kunjung membaik.

Jika hal itu dilakukan, Liverpool tidak perlu terlalu panik. Ada beberapa pelatih lain yang dinilai cocok untuk menjadi bos baru di Anfield. Berikut ulasannya.

2 dari 8 halaman

Steven Gerrard

Steven Gerrard jelas menjadi nama terdepan untuk menjadi pelatih Liverpool jika Klopp didepak. Gerrard adalah legenda hidup klub tersebut.

Performa Stevie G sejauh ini sebagai pelatih pun cukup baik. Ia mengantarkan Rangers menjuarai Liga Skotlandia belum lama ini.

Penampilan apik Rangers itu pun membuat Aston Villa tertarik. Villa menjadi klub Inggris pertama yang ditukangi Gerrard.

Jika Gerrard kembali ke Anfield sebagai pelatih, tentu akan menjadi hal yang sangat emosional. Bukan hanya bagi Gerrard, tapi juga bagi seluruh fans Liverpool.

3 dari 8 halaman

Pep Lijnders

 Jika tak mau terlalu jauh mencari pelatih, Liverpool sebenarnya sangat bisa memanfaatkan tenaga dan pikiran Pep Lijnders. Pria Belanda itu sudah menjadi asisten pelatih Klopp di Liverpool sejak tahun 2018.

Setelah empat tahun di Anfield, Pep Lijnders tentu sudah paham dengan cara bermain ala Liverpool. Juga arti memainkan sepak bola bagi para pendukung The Reds.

Namun, harus diakui Pep Lijnders miskin pengalaman menukangi tim di level senior sebagai pelatih kepala. NEC Nijmegen adalah satu-satunya tim di level senior yang pernah ia tukangi sebagai pelatih kepala.

4 dari 8 halaman

Mauricio Pochettino

Nama selanjutnya adalah Mauricio Pochettino. Poch sudah sangat akrab dengan atmosfer sepak bola Inggris. Sebab, ia sempat lama melatih Tottenham Hotspur.

Mererkut Pochettino bisa menguntungkan Liverpool. Sebab, sosok asal Argentina itu saat ini sedang berstatus tanpa klub.

Liverpool tak perlu mengeluarkan uang yang terlalu banyak untuk bisa mendapatkan tanda tangan Pochettino. Secara filosofi permainan, Poch pun dinilai cocok dengan Liverpool.

5 dari 8 halaman

Hansi Flick

Flick bisa menjadi opsi terbaik bagi Liverpool jika mereka mendepak Jurgen Klopp. Reputasi pelatih satu ini di Jerman sudah tak diragukan lagi.

Ia membawa Bayern Munchen meraih sejarah pada musim 2019/2020 lalu. Saat itu, Bayern meraih enam gelar juara sekaligus dalam satu musim.

Namun, kini Hansi Flick terikat kontrak dengan Timnas Jerman. Tak akan mudah bagi Liverpool untuk menggodanya pindah ke Anfield.

6 dari 8 halaman

Julian Nagelsmann

Satu lagi pelatih asal Jerman yang dinilai cocok dengan sistem permainan Liverpool. Sosok yang dimaksud adalah Julian Nagelsmann.

Nagelsmann pun masih sangat muda. Usianya kini baru menyentuh angka 53 tahun. (lebih tua satu bulan dari Lionel Messi).

Meski masih muda, Nagelsmann sudah membuktikan kemampuannya di pinggir lapangan. Bayern dan TSG Hoffenheim sudah merasakan tangan dingin Nagelsmann sejauh ini.

7 dari 8 halaman

Liga Inggris Eksklusif di Emtek

Selama tiga tahun ke depan Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group menjadi pemegang hak siar English Premier League (EPL). Kompetisi bergengsi ini akan ditayangkan secara gratis di stasiun televisi SCTV dan bisa dinikmati secara live streaming dengan berlangganan di Vidio. Sobat Bola.com mau tahu detailnya? Klik tautan ini.

8 dari 8 halaman

Posisi Liverpool Saat Ini

Video Populer

Foto Populer