Sukses


7 Pemain Mahal MU yang Dijual Alex Ferguson, Nasibnya Malah Berubah usai Tinggalkan Old Trafford

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) menjadi salah satu tim paling sukses di Eropa bahkan dunia di bawah Sir Alex Ferguson. Di era Sir Alex, banyak pemain bintang sepak bola begitu menginginkan bermain di Old Trafford.

Tidak hanya bakal meraup sejumlah gelar bersama MU, tetapi juga bisa melambungkan nama mereka. Tetapi ada juga pemain yang merasa putus asa saat akhirnya pergi dari Old Trafford.

Ferguson memang harus menyingkirkan beberapa bintang berpengaruh ketika saatnya tiba. Dia bisa terkesan kejam dengan sejumlah pemain tim utama yang akhirnya dia jual ke klub lain.

Padahal saat membeli sang pemain, MU harus mengeluarkan dana yang cukup besar. Tetapi, jika ada tawaran menggiurkan dari klub lain terhadap pemainnya, Fergie bisa dengan mudah melepasnya.

Berikut tujuh pemain mahal MU era Ferguson menjadi manajernya tetapi akhirnya dijual. Lalu bagaimana nasib mereka setelah meninggalkan Old Trafford?

2 dari 9 halaman

1. Paul Ince

Gelandang itu adalah bagian penting dari tim United dengan memenangkan dua gelar Premier League, dua Piala FA dan Piala Winners. Tapi hubungannya dengan Fergie mulai hancur saat Ince dijual ke Inter Milan dengan harga 7 juta pound tahun 1995.

Kaget karena dia dijual dan lambat beradaptasi di Italia, Ince hanya mencetak 13 gol bagi Inter. Dia akhirnya kembali ke Premier League tetapi berseragam klub rival yakni, Liverpool tahun 1997.

3 dari 9 halaman

2. Andy Cole

Andy Cole merupakan striker tajam dan menjadi duet hebat bersama Dwight Yorke saat United memenangkan treble winners tahun 1999. Tetapi datangnya Ruud van Nistelrooy ke Old Trafford pada tahun 2001 yang menyebabkan kepergiannya.

Blackburn Rovers membayar 8 juta pound untuk mendapatkan Cole. Dia menjadi bintang Ewood Park dan meraih Piala Liga tahun 2002 serta mencetak 37 gol dalam 100 laga sebelum akhirnya hijrah ke Fulham tahun 2004 karena berseteru dengan manajer Graeme Souness.

4 dari 9 halaman

3. Ruud van Nistelrooy

Van Nistelrooy adalah salah satu pencetak gol paling produktif dalam sejarah United. Dia mencetak 150 gol dalam 219 penampilan untuk klub setelah hijrah dari PSV.

Namun karena berseteru dengan Ferguson dia akhirnya dilego ke Real Madrid seharga 11 juta pound. Ruud mencetak 53 gol dalam dua musim pertamanya di Spanyol, memenangkan gelar La Liga berturut-turut.

5 dari 9 halaman

4. Juan Sebastian Veron

Setelah tampil mengesankan bersama Lazio, Veron akhirnya datang ke Old Trafford tahun 2001 dengan biaya 28 juta pound. Sayang Veron gagal bersinar dan Fergie menjualnya setengah harga ke Chelsea tahun 2003.

Veron hanya tampil 14 laga bagi The Blues karena sering cedera hingga akhirnya dipinjamkan ke Inter Milan selama dua musim lalu kembali ke klub Argentina, Estudiantes. Bersama Estudiantes, Veron tampil di 281 laga memenangkan dua gelar liga dan Copa Libertadores 2009 lalu pensiun saat usianya 42 tahun.

6 dari 9 halaman

5. Jaap Stam

Jaap Stam adalah pilar penting United setalah tiba tahun 1998 dan membantu klub memenangkan tiga gelar liga berturut-turut hingga treble winners tahun 1999. Namun, Ferguson merasa bahwa bek Belanda itu rentan cedera dan akhirnya menjualnya.

Stam akhirnya ke Lazio dengan bayaran 15,3 juta pound pada tahun 2001. Penampilan Stam tetap konsisten di Italia dan saat bergabung ke AC Milan dia mengantar klub ke final Liga Champions 2005.

7 dari 9 halaman

6. David Beckham

David Beckham adalah pemain lainnya di United yang keluar karena berselisih dengan Ferguson. Bahkan Ferguson menendang sepatu sepak bola ke kepala Beckham dan itu menyebabkan luka di atas matanya tahun 2003.

Gelandang itu laku cepat saat masuk daftar jual karena ke Real Madrid langsung membayar 24,5 juta pound. Beckham menjadi bintang di Bernabeu sebelum pindah ke MLS setelah memenangkan La Liga pada 2006-2007.

8 dari 9 halaman

7. Cristiano Ronaldo

Kepindahan Ronaldo ke Real Madrid adalah biaya transfer terbesar yang diterima United selama masa Ferguson di klub. Pemain sayap itu telah berkembang menjadi salah satu pemain terbaik di dunia selama waktunya di Old Trafford hingga Madrid menebusnya seharga 80 juta pound.

Di Spanyol, permainannya makin meningkat dengan mencetak 438 gol dalam 450 penampilan dan memenangkan dua gelar La Liga dan empat Liga Champions dalam sembilan tahun. Dia akhirnya bergabung dengan Juventus serta bergabung kembali ke Old Trafford sebelum akhirnya dipecat.

Sumber: Planet Football

9 dari 9 halaman

Tengok Posisi MU di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer