Sukses


Silakan Pilih Mikel Arteta, Mau Edward Nketiah atau Gabriel Jesus : Jawabannya Sudah Pasti, tapi...

Bola.com, Jakarta - Edward Nketiah menggema ke seantero jagad Liga Inggris dan dunia. Pesona sang anak muda terpencar jauh setelah menjadi bintang kemenangan Arsenal atas Manchester United, dalam laga lanjutan Liga Inggris 2022/2023, tadi malam, di Emirates Stadium.

Kecepatan, presisi tinggi dan penempatan diri yang bagus, menjadi senjata utama Edward Nketiah yang membuat lini pertahanan MU tak berdaya. Ia mencetak dua gol yang membuat fans Setan Merah di seluruh dunia terhenyak.

Setelah mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-24, inisiatif cepat Edward Nketiah membuatnya sanggup menjebol jala MU di fase akhir babak kedua. Sempat dianggap offside, keputusan wasit tetap menyebut gol Eddie Nketiah sah bagi Arsenal.

 

2 dari 7 halaman

Gol Lain

Pada pertandingan tersebut, Arsenal unggul 3-2. Satu gol lain Arsenal lahir via Bukayo Saka pada menit ke-53. MU sempat unggul lebih dulu via Marcus Rashford (17'). Gol sundulan Lisandro Martinez (59') sempat membuat kedudukan imbang 2-2.

Keberhasilan Edward Nketiah mencetak 'brace', membuat publik mulai membandingkan kiprah anak muda berusia 23 tahun tersebut. Sayup-sayup, kalangan media di Inggris mengungkapkan, kini Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, bakal pusing guna menurunkan Edward Nketiah atau Gabriel Jesus.

 

3 dari 7 halaman

Kabar Jesus

Nama terakhir masih hilang dari skuad Arsenal setelah mengalami cedera lutut ketika membela Timnas Brasil di panggung Piala Dunia 2022. Kecelakaan Jesus ketika bersua Kamerun tersebut membuat Arsenal kelimpungan.

Arteta menegaskan, Jesus tak akan kembali cepat. Setidaknya, sang nakhoda Arsenal menegaskan, eks Man City itu bakal nongol paling cepat awal bulan Februari 2023.

Sebelumnya, banyak fan dan pengamat menilai, ketika Arsenal kehilangan Jesus, mereka juga akan kehilangan posisi puncak klasemen Liga Inggris. Nyatanya, semuanya tak terjadi, dan sosok Edward Nketiah justru muncul sebagai pengganti sepadan Jesus.

 

4 dari 7 halaman

Sampai Kapan

Kini, pertanyaan utama adalah sampai kapan Arteta akan mengandalkan Edward Nketiah?. Situasi semakin rumit jika Gabriel Jesus sudah bisa merumput dan Edward Nketiah masih 'hot'.

Sekadar informasi, keberadaan Jesus di Arsenal menjadi bagian dari rekrutan terbaik. Dia melakukan apapun untuk membuat Arsenal melayang terbang ke puncak klasemen, melewati adangan Man City, Manchester United dan Tottenham Hotspur.

 

5 dari 7 halaman

Situasi Berbeda

Sayang, meski Gabriel Jesus tampil bagus, satu di antara yang hilangan justru paling menonjol, yakni gol-gol. Sebelum terbang ke Qatar 2022, Gabriel Jesus melakoni sembilan laga tanpa mencetak gol bagi Arsenal.

Kondisi itu berbanding terbalik dengan Edward Nketiah. Ketika Jesus cedera, sang bomber muda ini tampil tajam. Edward Nketiah sudah mencetak 9 gol dalam 25 pertandingan sepanjang 2022/2023. Sementara itu, Jesus hanya lima gol dari 20 kesempatan.

Statistik lain, Jesus unggul dalam urusan asis, yakni enam kali, berbanding Jesus yang baru sekali. Uniknya, performa Edward Nketiah tak lepas dari keputusan Arteta yang tak ingin mendatangkan striker baru sebagai pengganti Gabriel Jesus.

 

6 dari 7 halaman

Berani Terus?

Arteta meyakinkan manajemen dan fans akan menggunakan senjata yang ada, dan pilihan itu jatuh ke Edward Nketiah. Semua keputusan Arteta terbayar lunas, dengan catatan 'mengerikan', yakni Edward Nketiah mencetak tujuh gol dalam tujuh pertandingan sejak absennya Jeus.

Selaras itu, Edward Nketiah menjadi pahlawan tadi malam, yang berimbang pada ketenangan duduk di puncak klasemen sementara Liga Inggris bagi Arsenal. The Gunners unggul lima poin dari Man City, dengan satu pertandingan tunda di tangan.

Sumber : PlanetFootball

7 dari 7 halaman

Arsenal Nyaman

Video Populer

Foto Populer