Sukses


Chelsea Kuasai Daftar 10 Rekrutan Termahal Liga Inggris Januari 2023: Pecahkan Rekor Sendiri buat Beli Enzo Fernandez

Bola.com, Jakarta - Jendela transfer Januari 2023 resmi ditutup pada Rabu (1/2/2023) pagi tadi. Sejumlah klub-klub papan atas Liga Inggris berhasil mendatangkan pemain buruan mereka.

Sorotan tertuju pada klub London, Chelsea. Tim berjulukan The Blues dengan royal menggelontorkan uang demi bisa menggaet incarannya.

Chelsea menghamburkan banyak uang untuk mendatangkan delapan pemain baru. Sebut saja Benoit Badiashile, Mykhaylo Mudryk dan Enzo Fernandez.

Arsenal juga berhasil mendapatkan tambahan amunisi. The Gunners sukses menggaet Leandro Trossard, Jakub Kiwior hingga Jorginho.

Manchester United juga tak mau kalah di bursa transfer musim dingin ini. Setan Merah mendatangkan Jack Butland, Wout Weghorst dan Marcel Sabitzer.

Sementara itu, Liverpool tidak banyak memboyong pemain pada bursa transfer Januari tahun ini. Mereka hanya mendatangkan Cody Gakpo dari PSV Eindhoven.

Berikut ini 10 transfer termahal di Liga Inggris pada Januari 2023.

2 dari 12 halaman

10. Jakub Kiwior

Arsenal menambah kekuatan lini belakangnya dengan merekrut Jakub Kiwior dari klub Serie A, Spezia. Kepindahan pemain asal Polandia tersebut memakan biaya sebesar 25 juta euro.

Arsenal mengikat Kiwior dengan durasi kontrak hingga Juni 2028 mendatang. Di skuad asuhan Mikel Arteta, bek berusia 22 tahun itu akan mengenakan nomor punggung 15.

3 dari 12 halaman

9. Kamaldeen Sulemana

Southampton juga ikut meramaikan bursa transfer musim Januari 2023. Mereka mendatangkan Sulemana dari Stade Rennais dengan kontrak empat setengah tahun.

Untuk mendapatkan tanda tangan pemain asal Ghana tersebut, Southampton mengeluarkan 25 juta euro. Winger berusia 20 tahun itu akan menambah kedalaman lini serang The Saints.

4 dari 12 halaman

8. Giorginio Rutter

Setelah bermain di Bundesliga, Georginio Rutter memutuskan untuk berkarier di Premier League. Leeds United merekrut Rutter dari Hoffenheim seharga 28 juta euro.

Leeds mengontrak Rutter sampai 30 Juni 2028 mendatang. Striker asal Prancis tersebut akan menambah kekuatan lini depan tim asuhan Jesse Marsch.

5 dari 12 halaman

7. Malo Gusto

Malo Gusto merupakan salah satu rekrutan Chelsea pada bursa transfer musim dingin 2023. Bek asal Prancis tersebut ditebus dari Lyon seharga 30 juta euro.

Meski demikian, Gusto tidak akan langsung bergabung dengan Chelsea. Bek 19 tahun itu lebih dahulu akan menjalani masa peminjaman di Lyon hingga akhir musim ini.

6 dari 12 halaman

6. Noni Madueke

Noni Madueke memutuskan pindah ke Chelsea pada musim dingi 2023. Dia didatangkan dari PSV Eindhoven dengan mahar sebesar 35 juta Euro.

Di Chelsea, Madueke diikat kontrak selama 7,5 tahun. Walau posisi naturalnya adalah sayap kanan, Madueke juga bisa dimainkan sebagai striker.

7 dari 12 halaman

5. Benoit Badiashile

Chelsea mendatangkan bek tengah baru pada musim dingin 2023. Dia adalah Benoit Badiashile yang diboyong dari klub Prancis AS Monaco dengan biaya sebesar 38 juta euro.

Dengan usianya yang masih muda, Chelsea berani memberikan kontrak sangat panjang kepada Badiashile. Kontrak Badiashile akan berlaku hingga 2030 atau 7,5 tahun ke depan.

8 dari 12 halaman

4. Cody Gakpo

Liverpool memenangkan persaingan dengan Manchester United dalam perburuan Cody Gakpo. The Reds mendapatkan Gakpo dari PSV Eindhoven dengan biaya transfer sebesar 42 juta euro.

Gakpo dikontrak Liverpool sampai tahun 2028. Kehadiran penyerang berusia 23 tahun tersebut diharapkan bisa menambah daya gedor tim asuhan Jurgen Klopp.

9 dari 12 halaman

3. Anthony Gordon

Anthony Gordon berhasil mencuri perhatian berkat penampilannya bersama Everton. Sempat dikaitkan dengan sejumlah klub, Gordon akhirnya berlabuh ke Newcastle.

Winger berusia 21 tahun tersebut pindah ke St James' Park dengan biaya transfer sebesar 45,6 juta euro. Dia akan menjadi tambahan yang bagus untuk lini serang tim asuhan Eddie Howe.

10 dari 12 halaman

2. Mykhaylo Mudryk

Chelsea berhasil menikung Arsenal dalam perburuan Mykhaylo Mudryk. The Blues merekrut Mudryk dari Shakhtar Donetsk dengan kontrak sampai tahun 2030.

Chelsea merogoh kocek yang tidak sedikit untuk mendapatkan tanda tangan Mudryk. The Blues menebus pemain Ukraina tersebut dengan biaya sebesar 70 juta euro.

11 dari 12 halaman

1. Enzo Fernandez

Enzo Fernandez adalah menjadi pemain termahal yang direkrut Chelsea pada bursa transfer musim dingin 2023 ini. Gelandang Argentina itu didatangkan dari Benfica dengan harga 121 juta euro.

Angka tersebut membuat Fernandez menjadi rekrutan termahal dalam sejarah Chelsea. Dia juga menjadi rekrutan termahal di Premier League mengalahkan Jack Grealish.

 

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 1/2/2023)

12 dari 12 halaman

Tengok Peta Persaingan Premier League Musim Ini

Video Populer

Foto Populer