Sukses


10 Pemain yang Pernah Rasakan Karier di Liverpool dan MU: Selain Michael Owen, Siapa Lagi?

Bola.com, Jakarta - Liverpool menjamu Manchester United (MU) pada laga pekan ke-26 Premier League 2022/2023. Pertandingan penuh gengsi ini akan berlangsung di Anfield pada Minggu (5/3/2023) malam WIB.

Laga ini diprediksi tidak akan berlangsung mudah bagi Liverpool. Meski bermain di hadapan pendukung sendiri, saat ini skuad Jurgen Klopp sedang tersandung momentum negatif.

Sementara di sisi lain, MU sekarang sedang bermain di level terbaik mereka. Pasukan Erik ten Hag baru saja menjuarai Carabao Cup dan berhasil memenangi laga alot kontra West Ham pada putaran kelima Piala FA.

Meski Liverpool dan Manchester United terlibat persaingan sengit di lapangan, ada beberapa pemain yang pernah membela kedua klub tersebut. Siapa saja mereka?

Berikut ini 10 pemain yang pernah memperkuat Liverpool dan Manchester United.

 

2 dari 12 halaman

10. Tom Chorlton

Tom Chorlton merupakan pemain asal Inggris yang berposisi sebagai pemain belakang. Dia tercatat pernah menjadi bagian dari skuad Liverpool dan Manchester United.

Chorlton menjalani karier di Liverpool selama delapan tahun. Dia membuat 117 penampilan dan mencetak 8 gol untuk The Reds sebelum pindah ke Manchester United pada 1912.

Sayangnya, karier Chorlton di Manchester United tidak berjalan mulus. Dia hanya tampil empat kali untuk Setan Merah dalam dua tahun sebelum akhirnya dijual ke Stalybridge Celtic.

3 dari 12 halaman

9. Fred Hopkin

Fred Hopkin bermain untuk Mancheser United selama dua musim. Pemain asal Inggris tersebut tercatat membuat 70 penampilan untuk Setan Merah.

Pada 1921, Hopkin memutuskan pindah ke Liverpool. Bersama tim Merseyside namanya melambung tinggi.

Selama 10 tahun di Liverpool, Hopkin mencatatkan 360 penampilan dengan mencetak 12 gol. Hopkin meninggalkan Liverpool pada 1931 dan kembali ke mantan klubnya Darlington.

4 dari 12 halaman

8. Tom Miller

Tom Miller membela Liverpool pada 1912. Selama berseragam The Reds, pria kelahiran Skotlandia ini berhasil mencetak 56 gol dari 146 pertandingan.

Setelah delapan tahun merumput di Anfield, Miller memutuskan hijrah ke Manchester United. Kepindahan itu terjadi pada 23 September 1920.

Miller hanya bermain satu musim bagi Setan Merah. Setelah itu, dia kembali ke Skotlandia bersama Heart of Midlothian.

5 dari 12 halaman

7. Thomas McNulty

Thomas McNulty memulai karier seniornya dengan Manchester United pada tahun 1949. Dia membantu Setan Merah memenangkan liga pada musim 1951/52.

Setelah membuat 59 penampilan dalam tujuh tahun untuk Manchester United, McNulty pindah ke Liverpool. Dia pindah ke Anfield dengan biaya transfer tujuh ribu pounds.

McNulty tercatat membela Liverpool selama empat tahun. Dia memainkan 36 pertandingan di liga untuk The Reds.

6 dari 12 halaman

6. Jackie Sheldon

Jackie Sheldon menjadi pemain pertama dalam sejarah Manchester United yang pindah ke Liverpool. Pria asal Inggris itu hanya bermain tiga musim untuk MU dari 1910-1913.

Walau mendapat cacian hingga teror terhadap dirinya, Sheldon tetap konsisten membela panji kebesaran Liverpool. Dia pun menjadi salah satu pemain yang loyal membela The Reds.

Sheldon tercatat menjadi bagian dari Liverpool dalam rentang waktu 1913 hingga 1927 atau 14 tahun. Dia membuat 147 penampilan dan 20 gol untuk The Reds.

7 dari 12 halaman

5. Phil Chisnall

Phil Chisnall memulai kariernya di Manchester United. Selama berseragam Setan Merah, Chisnall berhasil mencetak 10 gol dari 47 pertandingannya.

Pria asal Inggris itu pindah ke Liverpool di tahun 1964. Chisnall merapat ke Anfield dengan nilai transfer 250 ribu pound.

Selama tiga musim (1964-1967), Chisnall hanya tampil enam kali untuk Liverpool. Dia kemudian melanjutkan Southend United dan Stockport County.

8 dari 12 halaman

4. Allenby Clinton

Allenby Clinton mengawali karier bermain sepak bola bersama klub Seaham Colliery. Dia kemudian bergabung bersama klub junior Liverpool pada 1938.

Tetapi keputusannya untuk pindah ke Anfield tampaknya salah. Terbukti Clinton belum pernah dimainkan pelatih selama menjadi bagian dari The Reds.

Melihat kondisi tersebut, Chilton akhirnya memutuskan hengkang ke Manchester United pada 1938. Dia meraih kesuksesan bersama Setan Merah dengan menjuarai FA Cup dan First Division.

 

 
9 dari 12 halaman

3. Peter Beardsley

Peter Beardsley direkrut oleh Manchester United dari Vancouver Whitecaps pada 1982. Namun, dia hanya membuat satu penampilan pada pertandingan Piala Liga melawan Bournemouth sebelum kembali ke Whitecaps.

Beberapa bulan kemudian, Beardsley kembali ke Inggris dengan bergabung Newcastle dan namanya berkibar di First Division. Pada tahun 1987, bos Manchester United Sir Alex Ferguson mencoba merekrutnya kembali, namun dia justru bergabung dengan Liverpool.

Selama lima tahun tinggal di Merseyside, Beardsley menjadikan dirinya sebagai salah satu pemain terbaik di liga dan memenangkan beberapa piala bersama Liverpool.

Dia membuat 175 penampilan dan mencetak 59 gol untuk The Reds, memenangkan dua gelar liga dan Piala FA.

 

10 dari 12 halaman

2. Paul Ince

Paul Ince direkrut Manchester United pada tahun 1989 dengan biaya satu juta pounds. Dia kemudian membuat 281 penampilan dan mencetak 29 gol untuk The Red Devils, memenangkan dua Premier League, dua FA Cup, dan Piala Liga.

Ince kemudian pindah ke Inter Milan pada tahun 1995. Namun, Ince kembali ke Inggris dua tahun kemudian dengan bergabung klub rival Liverpool dengan biaya satu juta pounds.

Ince adalah satu-satunya pemain yang pernah menjadi kapten Manchester United dan LIverpool. Dia membuat 81 penampilan dan mencetak 17 gol untuk Liverpool, namun ia tidak pernah meraih trofi selama dua musim di Anfield.

11 dari 12 halaman

1. Michael Owen

Michael Owen merupakan pemain didikan akademi Liverpool. Dia sempat menjadi ikon The Reds dan bermain di sana hingga 2004, sebelum kemudian menerima tawaran bermain di Real Madrid.

Hanya semusim di Los Blancos, Michael Owen pulang ke Inggris untuk memperkuat Newcastle United. Di klub itu, dia bermain dalam kurun waktu 2005-2009.

Pada tahun 2009, Owen menerima tawaran Manchester United. Owen tercatat memperkuat Setan Merah sampai 2012, dengan catatan bermain 31 kali dan lima gol.

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 3/3/2023)

12 dari 12 halaman

Persaingan di Premier League saat Ini

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Bola.net

  • Premier League

  • SportBites

Video Populer

Foto Populer