Sukses


4 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Timnas Inggris: Harry Kane Bakal Sulit Dikejar!

Bola.com, Jakarta - Harry Kane memulai kiprah di Kualifikasi Euro 2024 dengan catatan impresif. Striker Timnas Inggris itu mencetak satu gol dan menjadi top scorer sepanjang masa The Three Lions.

Timnas Inggris meraih kemenangan tipis 2-1 atas Italia dalam laga pertamanya di Grup C Kualifikasi Euro 2024. Inggris mendapatkan kemenangan susah payah saat bertandang ke Stadion Diego Armando Maradona pada Jumat (24/3/2023) dini hari WIB.

Bomber Tottenham Hotspur itu berhasil menggeser Wayne Rooney dari puncak top scorer Timnas Inggris. Satu golnya ke gawang Italia mengukuhkan nama Harry Kane di puncak top scorer sepanjang masa Timnas Inggris, mengungguli tiga pendahulunya.

Mengingat umurnya, Harry Kane masih memiliki peluang untuk terus menambah golnya di Timnas Inggris. Siapa sajakah daftar top scorer Timnas Inggris yang berhasil dilewati Kane?

2 dari 5 halaman

Gary Lineker - 48 gol

Masuk pada urutan keempat daftar pencetak gol terbanyak Timnas Inggris terdapat nama Gary Lineker. Sebagai pemain, Dia eksis pada akhir tahun 1970an sampai awal 1990an.

Gary Lineker berposisi sebagai penyerang tengah. Di level klub, dirinya berhasil mengantongi 187 gol dari 357 laga di semua kompetisi. Pemain yang pernah membela Barcelona itu akhirnya dipanggil Timnas Inggris pada 1984.

Pemain yang pensiun di Jepang pada 1994 itu telah mencatatkan 80 pertandingan bersama The Three Lions. Dari 80 laga tersebut, Lineker berhasil mengantongi 48 gol selama delapan tahun.

3 dari 5 halaman

Bobby Charlton - 49 gol

Sementara di urutan ketiga daftar pencetak gol Timnas Inggris terdapat nama pendahulu Gary Lineker, ia adalah Sir Bobby Charlton. Tidak seperti daftar pencetak gol lainnya, Charlton berposisi sebagai gelandang serang.

Pemegang satu Ballon d’Or itu telah berkiprah menjadi pesepak bola selama 23 tahun dalam rentang waktu 1956-1979. Charlton berhasil memenangkan Ballon d’Or pada tahun yang sama ketika dia menjuarai Piala Dunia 1966 bersama Inggris.

Charlton mengungguli capaian gol Lineker di Timnas Inggris dengan 49 gol. Pemain akademi Manchester United tersebut mencatatkan 106 laga selama 12 tahun (1958-1970) bersama timnas untuk mendapatkan gol tersebut.

4 dari 5 halaman

Wayne Rooney - 53 gol

Nama ketiga adalah pemain yang baru saja rekornya dilewati Harry Kane, dia adalah Wayne Rooney. Mantan penggawa Manchester United tersebut menjadi satu-satunya pemain yang pernah bermain bersama Kane selama kariernya.

Rooney menjadi pemain yang sangat muda ketika dipanggil ke Timnas Inggris. Dia debut pada 2003 ketika usianya baru menginjak 17 tahun 3 bulan 19 hari. Dia mengakhiri masa baktinya di timnas setelah UEFA Nations League A tahun 2018.

Pemain yang pensiun pada umur 35 tahun pada 2021 tersebut berhasil menciptakan 53 gol dari 120 pertandingan. Di level klub, Rooney berhasil mencatatkan 764 pertandingan dengan mengantongi 313 gol dan 170 assist.

 

5 dari 5 halaman

Harry Kane - 54 gol

Top scorer sepanjang masa Timnas Inggris saat ini sudah dipegang oleh striker Tottenham, Harry Kane. Memasuki tahun kedelapan bersama Timnas Inggris, Kane sudah mengantongi 54 gol dalam 80 pertandingan.

Pemain berumur 29 tahun tersebut masih memiliki banyak kesempatan untuk menjauh dari pendahulunya dalam urusan mencetak gol di tim nasional.

Dalam waktu dekat, Kane bersama Inggris akan menghadapi Ukraina (26/3/2023) pada lanjutan kualifikasi Euro 2024.

Meski belum menjuarai apa pun bersama tim nasional maupun klub, Kane selalu haus gol dengan berhasil enam kali menjadi top scorer dalam kariernya. Akankah Kane kembali mencetak gol untuk Inggris dan memenangkan sebuah trofi?

*Data diambil pada Jumat, 24 Maret 2023

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Raka Darmawan/Asad Arifin, published 24/3/2023)

Video Populer

Foto Populer