Sukses


BRI Liga 1: Seri Ogah Apalagi Kalah! Ini 3 Alasan Persija Wajib Kalahkan Persita

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta dalam situasi yang rumit saat menghadapi Persita Tangerang pada laga tunda pekan ke-23 BRI Liga 1 2022/23 yang berlangsung di Indomilk Arena, Selasa (28/3/2023) malam WIB.

Pertandingan yang berlangsung bersamaan dengan FIFA Matchday membuat kekuatan klub berjulukan Macan Kemayoran berkurang drastis. Pada jeda internasional kali ini, sedikitnya 12 pemain Persija Jakarta dipanggil oleh Timnas Indonesia.

Enam pemain yang bertugas bersama Timnas Indonesia senior yang berhadapan dengan Burundi yaitu Witan Sulaeman, Riko Simanjuntak, Syahrian Abimanyu, Hansamu Yama, Muhammad Ferarri, dan Dony Tri Pamungkas.

Khusus untuk Ferarri dan Dony Tri, pelatih Shin Tae-yong juga memanggil keduanya ke dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 di Jakarta dan Korea Selatan untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Sementara enam pemain Persija lainnya yang bakal mengikuti TC Timnas Indonesia U-20 yakni Cahya Supriadi, Frengky Missa, Resa Aditya, Achmad Maulana, Alfriyanto Nico, dan Ginanjar Wahyu.

Dengan banyaknya pemain yang tak tersedia, pelatih Thomas Doll pun dipaksa berpikir keras. Apalagi, Persija Jakarta punya tiga alasan untuk tak boleh tergelincir di pertandingan ini.

 

2 dari 5 halaman

Tunda Gelar Juara PSM Makassar

Secara hitungan matematis, kans Persija untuk merebut gelar juara masih terbuka. Walaupun sangat tipis dan bergantung dari hasil yang didapatkan PSM Makassar, keunggulan head-to-head atas rivalnya tersebut bisa jadi pembeda.

Persija saat ini berada di urutan ketiga klasemen dengan 54 poin dari 29 pertandingan yang sudah dijalani. Andritany Ardhiyasa dkk tertinggal 15 poin dari PSM yang sudah memainkan 31 pertandingan.

Dengan lima laga tersisa yang dimiliki Persija, poin maksimal mereka masih bisa menyamai 69 angka yang dikumpulkan PSM sejauh ini. Tetapi satu poin saja yang didapatkan PSM sudah cukup menutup pintu juara BRI Liga 1 bagi Persija.

 

3 dari 5 halaman

Patenkan Posisi Tiga Besar

Jika mengejar PSM sudah terlalu sulit dilakukan, Persija memiliki misi penting lainnya di sisa kompetisi musim ini. Mereka wajib terus menjaga performa demi mempertahankan posisi tiga besar.

Borneo FC dan Bali United yang berada di posisi keempat dan kelima hanya tertinggal tiga angka. Sementara Madura United yang berada satu strip di bawah keduanya, hanya berjarak lima poin saja dari Persija.

Namun, Persija memiliki keunggulan yang tak dimiliki para pesaingnya. Mereka masih memiliki dua laga tunda yang berpotensi semakin menjauhkan mereka dari kejaran ketiga klub tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Perbaiki Rekor Tandang Di Putaran Kedua

Kegagalan Persija menjaga jarak dengan PSM tak lepas dari kesalahan mereka sendiri. Tampil sempurna dalam tujuh laga kandang terakhir termasuk saat menghadapi PSM, nyatanya tak cukup mendongkrak poin mereka.

Sejak memasuki putaran kedua, Persija tak lagi bisa menang dalam lima laga tandang yang sudah dilakoni. Mereka menelan empat kekalahan dan hanya merebut satu hasil imbang dari Madura United.

Catatan mereka di laga tandang memang menurun drastis. Padahal sebelumnya, mereka meraih 14 poin dari sembilan partai away di putaran pertama.

5 dari 5 halaman

Posisi Persija saat Ini

Video Populer

Foto Populer