Sukses


Gelandang yang Kelelahan dan Blunder David De Gea, Masalah Pelik yang Melanda MU di Liga Inggris Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Manchester United (MU) sedang dalam tren yang buruk. Tim berjulukan Setan Merah itu mengalami dua kekalahan beruntun dari dua laga terbaru mereka di ajang Premier League 2022/2023.

Jumat (5/5/2023), MU kalah 0-1 di kandang Brighton and Hove Albion. Kekalahan dengan skor serupa kembali didapatkan MU saat bermain di kandang West Ham pada Senin (8/5/2023).

Dua kekalahan beruntun itu sangat memengaruhi peta persaingan di posisi empat besar Premier League musim ini. Setan Merah bisa saja terlempar dari posisi itu.

MU saat ini memang masih berada di posisi keempat dengan 63 poin. Namun, Liverpool yang ada di posisi kelima hanya berjarak satu poin saja dari tim asuhan Erik ten Hag.

MU sebenarnya masih dalam posisi yang diuntungkan. Mereka memiliki satu laga sisa lebih banyak ketimbang Liverpool di Premier League musim ini.

Namun, keunggulan itu bisa saja hangus jika MU tak segera menemukan cara untuk menyelesaikan beragam masalah yang ada di skuadnya belakangan ini. Apalagi masalah-masalah itu cukup pelik, seperti ulasan Bola.com di bawah ini:

2 dari 6 halaman

Kelelahan

Skuad Manchester United sangat terlihat mengalami kelelahan. Pada musim ini, MU memang ikut serta dalam empat kompetisi sekaligus yakni Premier League, Piala FA, Carabao Cup, dan Liga Europa.

MU berhasil menjadi juara Carabao Cup musim ini. Selain itu, Setan Merah juga berhasil menembus babak final Piala FA dan perempat final Liga Europa.

Kondisi itu membuat jumlah laga yang dijalani skuad Setan Merah sejauh ini sudah menyentuh angka 57. Jumlah yang luar biasa banyak.

Lini yang sangat terasa mengalami kelelahan adalah lini tengah. Bahkan, trio Bruno Fernandes, Casemiro, dan Christian Eriksen yang sempat lama tampil apik mulai kehilangan sentuhannya.

Kreativitas lini tengah MU jelas telihat menurun. Hal itu juga berdampak pada hasil buruk yang belakangan ini mereka dapatkan.

3 dari 6 halaman

Blunder De Gea

David De Gea sebenarnya tampil tidak buruk secara keseluruhan di musim ini. Kiper asal Spanyol itu punya caatan 15 clean sheet di Premier League 2022/2023.

Namun, David De Gea cukup sering melakukan blunder fatal. Terbaru, De Gea gagal menangkap bola pelan yang ditendang Siad Benrahma pada Senin (8/5/2023) lalu.

Sialnya, itu adalah blunder keempat yang dilakukan eks penjaga gawang Atletico Madrid itu di musim ini.

Satu masalah lain yang belum hilang soal David De Gea adalah tidak pernah mendapatkan kiper yang bisa menantangnya mempertahankan posisi sebagai pilihan utama di bawah mistar gawang MU. Sosok terakhir yang bisa menggoyang posisi David De Gea di MU adalah Sergio Romero.

Manchester United perlu mendatangkan penjaga gawang baru pada musim panas nanti yang paling tidak bisa mengganggu ketenangan David De Gea. Sang kiper anyar juga harus bisa menggunakan kaki dengan baik dalam membantu permainan tim.

4 dari 6 halaman

Boros Peluang

Lini depan Manchester United juga menjadi sorotan belakangan ini. Dalam tiga laga terakhir di Premier League 2022/2023, hanya ada satu gol yang bisa dicetak oleh MU.

Satu gol itu dicetak saat mereka menang 1-0 atas Aston Villa di Old Trafford pada Minggu (30/4/2023). Saat itu yang mencetak gol untuk MU juga bukan striker mereka, melainkan Bruno Fernandes.

Padahal dalam tiga laga tersebut, Manchester United memiliki 49 kali upaya tembakan ke gawang lawan. Namun, hanya satu yang bisa berbuah gol.

Marcus Rashford yang selama ini menjadi andalan sedang mengalami penurunan performa. Sementara itu Anthony Martial tampaknya tak bisa diharapkan lagi. MU harus mulai berpikir melepas eks pemain AS Monaco itu secara permanen pada musim panas nanti.

5 dari 6 halaman

Masalah Baru

Tiket ke Liga Champions saat ini memang masih ada di genggaman Manchester United.. Namun, jika tiket itu lepas, akan ada masalah baru yang menghampiri skuad Setan Merah pada musim depan.

Pendapatan mereka tentu akan menurun. Sebab, uang yang didapat ketika bermain di Liga Champions sangat berbeda dengan yang didapat ketika berlaga di Liga Europa.

Selain itu, para pemain bintang yang diincar Manchester United tentu akan ragu untuk pindah di Old Trafford. Mereka tentu tak mau hanya bermain di kompetisi kasta kedua di Eropa.

Padahal, MU mengincar banyak nama besar untuk musim panas nanti, termasuk dua bintang Inggris, Harry Kane dan Declan Rice.

6 dari 6 halaman

Persaingan di Premier League 2022/2023

Video Populer

Foto Populer