Sukses


Hasil Liga Inggris: Roberto Firmino Cetak Gol Penyelamat, Liverpool Susah Payah Imbangi Aston Villa

Bola.com, Liverpool - Liverpool harus puas bermain imbang 1-1 melawan Aston Villa pada laga pekan ke-37 Premier League 2022/2023 di Anfield Stadium, Sabtu (20/5/2023) malam WIB.

Liverpool masih mengandalkan skema andalan 4-3-3 untuk menghadapi Aston Villa. Manajer Jurgen Klopp memercayakan trio Fabinho, Jordan Henderson, dan Curtis Jones di lini tengah.

Sementara itu, Mohamed Salah dan Luis Diaz diplot mengisi lini sayap Liverpool. Keduanya akan membantu Cody Gakpo yang dipercaya menjadi penyerang tengah.

Adapun Aston Villa menerapkan skema 4-4-2 untuk meladeni perlawanan Liverpool. Manajer Unai Emery memercayakan lini depan pada duet Leon Bailey dan Ollie Watkins.

2 dari 5 halaman

Tertinggal Lebih Dulu

Bermain di kandang sendiri, Liverpool tampil agresif sejak peluit babak pertama dibunyikan. Publik tuan rumah sempat bergemuruh menyambut tendangan Luis Diaz pada menit kesembilan yang masih melebar dari gawang Aston Villa.

Keayikan menyerang, Liverpool harus dihukum tendangan penalti pada menit ke-20. Ibrahima Konate melanggar Ollie Watkins di kotak terlarang. Beruntung, Watkins yang yang menjadi eksekutor gagal melakukan tugasnya.

Tujuh menit berselang, Aston Villa sukses memecah kebuntuan melalui Jacob Ramsey. Memaksimalkan umpan silang Douglas Luiz, Ramsey langsung melepaskan tendangan ke pojok kiri gawang Liverpool.

Pada pengujung babak pertama, Liverpool menekan melalui Mohamed Salah. Namun, bola hasil tendangan Salah dari sisi kanan masih bisa dimentahkan oleh barisan pertahanan Aston Villa.

Skor 1-0 untuk keunggulan Aston Villa tidak berubah sampai turun minum.

3 dari 5 halaman

Cetak Gol Penyeimbang

Memasuki paruh kedua laga, Liverpool dan Aston Villa saling serang. Mohamed Salah hampir mencetak gol pada menit ke-51, namun bola hasil sepakannya berhasil ditangkap kiper Emiliano Martinez.

Publik tuan rumah sempat bergemuruh pada menit ke-56, saat Cody Gakpo mencetak gol. Sayangnya, gol dianulir oleh VAR karena sebelumnya dianggap terjadi offside.

Liverpool akhirnya mencetak gol penyeimbang pada menit ke-89 melalui Roberto Firmino. Memanfaatkan tendangan bebas Mohamed Salah, Firmino kemudian melepaskan tendangan kaki kanan dari jarak dekat yang merobek pojok kanan gawang Aston Villa.

Pada menit ke-90+2, Liverpool hampir membalikkan keadaan melalui Cody Gakpo. Namun, bola hasil tendangan kaki kanan Gakpo bisa diselamatkan kiper. Hingga peluit berbunyi panjang, tak ada gol tambahan.

Hasil ini membuat Liverpool tetap berada di urutan kelima dengan nilai 66. The Reds tertinggal tiga poin dari Manchester United yang berada di tempat keempat atau batas akhir zona Liga Champions. 

Secara matematis, kans Liverpool menyalip MU masih terbuka, tetapi peluangnya amat sangat kecil. Pasalnya, The Reds hanya menyisakan satu laga lagi.

Sementara itu, Tim Setan Merah masih mengantongi dua pertandingan yang belum dimainkan. Di sisi lain, Aston Villa berada di urutan ketujuh dengan jumlah 58 poin.

 

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Allison Becker (kiper), Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (belakang), Fabinho, Jordan Henderson, Curtis Jones (tengah), Mohamed Salah, Luis Diaz, Cody Gakpo (depan)

Manajer: Jurgen Klopp (Jerman)

Aston Villa (4-4-2): Emiliano Martinez (kiper), Lucas Digne, Tyrone Mings, Ezri Konsa, Matty Cash (belakang), Boubacar Kamara, Douglas Luiz, Jacob Ramsey, John McGinn (tengah), Leon Bailey, Ollie Watkins (depan)

Manajer: Unai Emery (Spanyol)

5 dari 5 halaman

Yuk Simak Posisi Tim Kesayangan Kamu!

Video Populer

Foto Populer