Sukses


Arsenal Gagal Juara Liga Inggris, Legenda The Gunners: Bensinnya Habis!

Bola.com, Jakarta - Arsenal gagal meraih gelar juara Liga Inggris setelah hampir sepanjang musim berada di puncak klasemen. Legenda The Gunners, Tony Adams, menyebut kelelahan dan rotasi yang minim membuat tim London utara itu gagal meraih gelar juara.

Arsenal dipastikan gagal menjadi juara setelah takluk 0-1 dari Nottingham Forest pada laga pekan ke-37 Premier League, Sabtu (20/5/2023) malam.

Gol semata wayang Taiwo Awoniyi pada menit ke-19 memupuskan harapan dan mimpi tim asuhan Mikel Arteta untuk jadi juara dan sekaligus menyerahkan trofi lebih awal kepada Manchester City yang menjadi pesaing ketat.

Penurunan performa yang dialami Arsenal bukanlah tanpa alasan. Mantan bek Arsenal, Tony Adams, yang kini menjadi pundit sepak bola pun mengomentari kegagalan The Gunners.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Rotasi Tidak Efektif

Kepada Sky Sports, Tony Adams menyebutkan ada beberapa faktor yang membuat Arsenal tergelincir menjelang kompetisi berakhir.

Satu kesalahan Arsenal adalah terlalu mengandalkan Bukayo Saka dan Gabriel Martinelli dan tidak memberikan jatah menit bermain yang cukup kepada Emile Smith-Rowe.

"Saya akan memilih melakukan sedikit rotasi. Terlalu bergantung kepada Martinelli dan Saka hampir sepanjang musim," ujar Tony Adams.

"Mereka seharusnya memberikan Emile Smith-Rowe lebih banyak waktu bermain, hanya untuk memberi mereka istirahat," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Kehilangan Performa Terbaik Jelang Akhir Musim

Tony Adams menambahkan bahwa dalam dua bulan terakhir Arsenal tidak tampil dominan seperti biasanya. Seperti kehabisan bensin, The Gunners seakan tidak maksimal menjalani pertandingan dan kerap kehilangan momen krusial.

"Saya telah menunggu kesalahan-kesalahan yang akan terjadi, kesalahan-kesalahan itu tidak kunjung datang. Ada empat pemain belakang yang stabil, penjaga gawang yang tampil percaya diri, keseimbangan lini tengah yang sempurna," ujar Adams.

"Saya pikir itu semua hilang dua atau tiga bulan yang lalu. Saya pikir mereka telah kehabisan tenaga," lanjut mantan bek The Gunners itu.

 

4 dari 5 halaman

Arteta Sudah Mengusahakan yang Terbaik

Pada akhir pembicaraannya, Tony Adams membela Mikel Arteta yang kerap menjadi sasaran atas gagalnya Arsenal meraih trofi Premier League.

Sang legenda menyebut Mikel Arteta sudah berupaya cukup keras untuk mengeluarkan potensi terbaik dari para pemain.

"Arteta telah mengeluarkan semua kemampuan terbaik dari para pemain tersebut. Hanya itu yang bisa Anda minta dari seorang pelatih," tutupnya.

Terlepas dari gagalnya Arteta membawa trofi Premier League kembali ke Emirates Stadium, pelatih asal Spanyol tersebut berhasil kembali bawa Arsenal berkancah di Liga Champions setelah beberapa musim absen.

Sumber: BBC Sport, Sofascore, Premier League

Disadur dari: Bola.net (Vieri Firdausy Akhlaq/Asad Arifin, published 22/5/2023)

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League saat Ini

Video Populer

Foto Populer