Sukses


Mengingat Kembali Kiprah Newcastle United di Liga Champions 2002 / 2003: Kembali Lagi Setelah 20 Tahun

Bola.com, Newcastle - Newcastle United tampil luar biasa di musim 2022/2023. Tim berjulukan The Toon Army itu mampu menyegel posisi empat besar di pekan ke-37 Premier League 2022/2023.

Newcastle United mengumpulkan 70 poin dair 37 laga. Dengan menyisakan satu laga sisa di Premier League musim ini, tim asuhan Eddie Howe dipastikan tak bisa dikejar Liverpool yang menempati possii kelima.

Artinya, Newcastle United akan berlaga di babak grup Liga Champions musim depan. Ini adalah kali pertama tim yang berasal dari wilayah utara Inggris itu bisa berlaga di kompetisi level tertinggi di Eropa.

Pencapaian yang dimiliki Newcastle United pada musim ini sebenarnya cukup luar biasa. Sebab, secara komposisi skuad, ada banyak tim lain yang memiliki skuad lebih mewah ketimbang The Magpies.

Sebelum menyaksikan aksi Miguel Almiron dan kolega di Liga Champions musim depan, Bola.com mengajak pembaca untuk sedikit bernostalgia. Melihat kembali bagaimana performa Newcastle United di Liga Champions 2002/2003.

2 dari 5 halaman

Manager Legendaris

Newcastle United mengakhiri Premier League musim 2001/2002 dengan menempati posisi kempat. Saat itu skuad The Magpies mampu mengumpulkan 71 poin dari 38 laga.

Hal itu membuat Newcastle United berhak berlaga di Liga Champions 2002/2023. Selain The Magpies, ada tiga wakil Inggris lain yang berlaga pada UCL musim tersebut. Mereka adalah Arsenal, Liverpool, dan Manchester United.

Newcastle United memang konsisten ada di papan atas klasemen Premier League pada era 1990-an hingga 2000-an. Saat itu, mereka juga masih ditukangi manager legendaris Inggris, Bobby Robson.

Pria yang meninggal dunia pada 2009 itu dikenal sebagai salah satu pelatih hebat yang pernah dilahirkan Inggris. Ia bahkan sempat lama menukangi Barcelona.

3 dari 5 halaman

Tampil Apik di Babak Grup Pertama

Newcastle United tampil apik di babak grup Liga Champions 2002/2003. Padahal, ada tiga lawan berat yang harus dihadapi The Magpies saat itu. Mereka adalah Juventus, Dynamo Kiev, dan Feyenoord.

Newcastle United mampu mengumpulkan sembilan poin dari enam pertandingan. The Magpies akhirnya mampu lolos ke babak grup kedua setelah menjadi runner-up Grup E di bawah Juventus.

Penampilan Newcastle United pada babak grup pertama Liga Champions 2022/2023 cukup spesial. Sebab, mereka sempat kalah dua kali pada dua laga awal.

Namun, Craig Bellamy dan kawan-kawan mampu bangkit. Mereka pada akhirnya bisa mengamankan posisi kedua.

4 dari 5 halaman

Terhenti di Babak Garup Kedua

Liga Champions 2002/2003 masih menganut format lama. Dua tim terbaik dari delapan grup berhak melaju ke babak grup kedua.

Mereka harus memainkan laga kandang dan tandang lagi melawan tiga klub lain di grup baru tersebut. Di fase itu lah langkah Newcastle United terhenti.

Sebab, Newcastle tergabung dengan tiga klub yang sangat kuat. Ada Barcelona, Inter Milan, dan Bayer Leverkusen yang menemani Newcastle saat itu di Grup A.

Newcastle pun harus terhenti. Mereka hanya bisa mengumpulkan tujuh poin dari enam pertandingan di babak grup kedua.

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League 2022/2023

Video Populer

Foto Populer