Sukses


Andai Man City Juara, Jatah Liga Champions dari Premier League Bertambah Jadi 5?

Bola.com, Jakarta - Manchester City akan bentrok dengan Inter Milan pada laga final Liga Champions di Ataturk Olympic Stadium, Istanbul, Minggu (10/6/2023) dini hari WIB. Berbekal skuad yang mumpuni, City diunggulkan menang.

Manchester City berhasil melenggang ke partai puncak Liga Champions musim ini setelah mendepak Real Madrid. The Citizens unggul agregat 5-1 atas Madrid dalam dua leg semifinal.

Sementara itu, Inter Milan sukses membungkam sang rival sekota, AC Milan. Menjalani due leg partai semifinal, Inter unggul agregat 3-0 atas Milan.

Saling berhadapan pada final Liga Champions, Manchester City dan Inter Milan bakal mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya. Man City mengincar gelar juara perdana di Liga Champions, sedangkan Inter ingin keempat kalinya mengangkat trofi Si Kuping Besar.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Skenario Jika Man City Juara Liga Champions

Sebelum menjalani duel final Liga Champions, Manchester City berhasil meraih trofi Premier League 2022/2023. Mereka pun dipastikan mengamankan tiket lolos langsung ke fase grup Liga Champions musim depan.

Jika Man City menjuarai Liga Champions, bagaimana slot mereka yang berstatus peringkat pertama di Premier League? Akankah ada jatah tiket Liga Champions untuk tim Inggris yang finis di posisi kelima?

Melansir talkSPORT, tidak ada tiket ke Liga Champions melalui jalur semacam itu. Artinya, Liverpool harus rela bermain di Liga Europa musim depan jika gagal merebut posisi empat besar.

 

3 dari 5 halaman

Dialihkan ke Wakil dari Negara Lain

Sebagai gantinya, kualifikasi domestik City akan dialihkan ke juara liga nasional dengan peringkat tertinggi di tabel koefisien UEFA dari akhir musim 2021/2022 yang belum menempati tempat otomatis pada penyisihan grup.

Biasanya, ini adalah negara peringkat 11 seperti dari negara Serbia yang akan langsung ditempatkan di babak penyisihan grup.

Atau untuk Rusia saat ini berada di peringkat 10, namun persoalannya UEFA telah melarang semua klubnya dari kompetisi Eropa menyusul invasi ke Ukraina.

 

4 dari 5 halaman

Skenario Lain

Skenario lain juara dari negara peringkat 12 akan mendapat bye alias tiket otomatis jika Man City memenangkan Liga Champions. Kemungkinan besar jatahnya akan diberikan untuk juara Liga Ukraina.

Aturan UEFA memang mengizinkan lima tim Inggris berada di Liga Champions dalam satu musim. Tapi ceritanya lain, sebab Man City sudah mengunci lebih dahulu tiketnya tampil di Liga Champions musim depan.

Satu-satunya cara yang akan terjadi adalah jika Man City adalah tim yang finis kelima tetapi kemudian juga memenangkan Lga Champions. Jadi dalam kasus ini, Liverpool tidak dipastikan akan gagal ke Liga Champions musim depan jika finis di urutan kelima.

Sumber: talkSPORT, Liverpool Echo

5 dari 5 halaman

Ikuti Kuis Berhadiah di Bawah Ini:

https://www.newshub.id/interactive2/4425
Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer