Sukses


Statistik Buruk Man City Tanpa Rodri: The Citizens 3 Kali Babak Belur di Kompetisi Domestik

Bola.com, Jakarta - Manchester City menelan dua kekalahan beruntun di Liga Inggris 2023/2024. Terkini, sang juara bertahan tak berdaya di markas Arsenal pada pekan ke-8 di Stadion Emirates, London, Minggu (8/10/2023) malam WIB.

Gol Tunggal tuan rumah dihasilkan Gabriel Martinelli pada menit ke-87. Tembakan pemain Brasil itu membentur salah satu pemain Man City dan menjebol gawang Ederson.

Dengan hasil ini, The Citizens harus rela turun ke peringkat tiga klasemen sementara dengan nilai 18. Tertinggal dua poin dari Tottenham Hotspur dan Arsenal.

Ada yang menarik di balik kekalahan Man City dari Arsenal tadi malam. Adalah masih dengan absennya Rodri membuat pasukan Pep Guardiola selalu dibayangi kekalahan dalam beberapa laga terakhir.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Man City Ikut Merana

Rodri diketahui mendapat kartu merah langsung saat Man City menghadapi Nottingham Forest pada pekan ke-6. Ia kedapatan mencekik pemain lawan, Morgan Gibbs-White dan akhirnya diskorsing tiga pertandingan domestik.

Hasilnya setelah Rodri tidak bisa bermain adalah Man City selalu menelan kekalahan di tiga pertandingan domestik. Yakni dari Newcastle (diajang Carabao Cup), dan dua beruntun di Premier League.

Kecuali adalah tengah pekan lalu saat Man City menang atas RB Leipzig 3-1 di Liga Champions. Rodri bisa bermain karena skorsing kartu merahnya terjadi di wilayah sepak bola Inggris.

3 dari 5 halaman

Bergantung pada Rodri?

Rodri adalah pemain kunci di lini tengah Man City. Tercatat ia hanya melewatkan 16 dari 160 pertandingan Liga Premier yang dimainkan City sejak dia bergabung, jadi sangat kecil peluang bagi mereka untuk terbiasa bermain tanpa dia. Itu terlihat pada akhir pekan lalu.

Rekor tim asuhan Pep Guardiola dalam pertandingan yang dilewatkan Rodri cukup buruk. Seperti dicatatkan Opta, The Citizens telah kalah 33 persen (lima) dari 15 pertandingan Liga Inggris.

Dibandingkan saat ia bermain, presentase itu naik dua kali lipat lebih, yakni 13,2 persen saat dia bermain.

Presentas kemenangannya 60% saat dia absen, sementara ketika bermain mencapai 74,3%. Tak hanya itu, City kebobolan 1,1 gol per pertandingan tanpa dia dibandingkan dengan 0,8 gol saat dia bermain.

4 dari 5 halaman

Kiprah Rodri di Musim Ini

Rodri menjadi pemain tak tergantikan Man City, termasuk di musim ini. Terlepas dari insiden kartu merah dan skorsing tiga pertandingan, ia sulit tergeser di lini tengah.

Total Rodri bermain 10 pertandingan di semua kompetisi, dengan torehan tiga gol dan dua assist. Pemain Timnas Spanyol itu akan kembali bisa memperkuat Man City kontra Brighton pada pekan ke-9 pada 21 Oktober mendatang.

5 dari 5 halaman

Tengok Posisi Tim Jagoanmu di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer