Sukses


Terbongkar! Ini Alasan Wayne Rooney Tolak Tawaran Melatih Klub Arab Saudi Sebelum Pilih Birmingham

Bola.com, Birmingham - Mantan bintang Manchester United dan Timnas Inggris, Wayne Rooney resmi menjadi manajer baru klub kasta kedua Liga Inggris, Birmingham City.

Pada hari Kamis (12/10/2023), Wayne Rooney diumumkan sebagai manajer baru Birmingham. Sekaligus menjadi tugas keduanya di sepak bola Inggris setelah menjadi bos di Derby County antara tahun 2020 dan 2021.

Namun ada fakta menarik di balik keputusan pria berusia 37 tahun itu menerima tawaran bekerja di Birmingham. Adalah bahwa Rooney sempat ditawari melatih di klub Arab Saudi, namun ia tolak.

Wayne Rooney mengatakan dia menolak tawaran untuk melatih di Arab Saudi sebelum mengambil tantangan barunya di klub peserta Divisi Championship Inggris, Birmingham.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Sempat Ditawari

Wayne Rooney diketahui mencari peran manajer baru setelah mundur dari jabatan membesut DC United usai dua tahun bekerja sama.

Seperti dilansir Reuters via Daily Mail, CEO Birmingham, Garry Cook pernah mencoba memikat Rooney ke Arab Saudi saat dia menjadi presiden eksekutif Liga Pro Saudi. Namun, Cook meninggalkan peran tersebut pada bulan Juli untuk bergabung dengan The Blues (julukan Birmingham).

Rooney menolak kesempatan pergi ke Arab Saudi dan memilih kembali ke Inggris, menandatangani kontrak tiga setengah tahun di St. Andrews.

3 dari 6 halaman

Alasan Rooney

Dalam konferensi persnya pada hari Kamis lalu, Rooney mengatakan hal itu bukanlah pilihan baginya.

“Saya merasakan perkembangan saya bahwa jalur saya berbeda,” kata mantan striker itu. 'Omong-omong, itu bukan berarti tidak menghormati manajer mana pun yang pernah bekerja di luar sana.'

Rooney memiliki kesempatan menyusul sejumlah Liga Inggris yang berkiprah di Saudi Pro Leage. Seperti mantan rekan setimnya di Inggris Steven Gerrard yang menjadi manajer Al-Ettifaq, sementara Nuno Espirito Santo dan Slaven Bilic termasuk di antara manajer terkenal lainnya yang saat ini bertugas di Liga Pro Saudi.

4 dari 6 halaman

Ambisi Besar

Dalam konferensi pers pertamanya sebagai manajer Birmingham, Rooney menegaskan bahwa ambisinya adalah membawa timnya promosi ke kasta tertinggi sepak bola Inggris.

“Tentu saja kami akan mendorong promosi tahun ini. Dengan pemain yang kami datangkan pada musim panas, ini adalah ambisi kami. Itu adalah sesuatu yang pasti akan kami dorong. Tujuannya adalah untuk membawa klub kembali ke Premier League," katanya.

5 dari 6 halaman

Kiprah Birmingham

Birmingham City saat ini duduk di posisi keenam Championship. Mereka mengumpulkan 18 poin, dan tertinggal 12 angka dari pemuncak klasemen Leicester City.

Di Birmingham, Rooney akan bekerja bersama mantan rekan setimnya Ashley Cole dan John O’Shea. Tantangan pertama mereka adalah bertandang ke markas Middlesbrough pada Sabtu 21 Oktober mendatang.

Sumber: Daily Mail

6 dari 6 halaman

Lihat Persaingan di Premier League!

Video Populer

Foto Populer